Ribetnya ngurus Paspor Rusak

Saran gua : Jagalah paspor dengan segenap hati, jangan sampai rusak atau hilang.

Kenapa? Soalnya ribet banget urusan nya. Baru-baru ini gua ngalamin kejadian paspor rusak gara-gara kebanjiran. Yah bukan kebanjiran yang sampe rumah loe kelelep sihhhh… cuman tetep aja nyesek. Jadi awal Februari lalu, Jakarta kebanjiran sampai ada #banjirjakarta , daerah gua ( Kelapa Gading ) dah langganan banjir banget. And tahun ini, masuk dong airnya kerumah setinggi 20 cm di dalam rumah. Terus mati lampu dan gak bisa masak.. terus.. ya sudah lah, yang mau dibahas kan si paspor nya. Singkat cerita, laci yang ada paspornya itu letaknya dibawah – ntah kenapa juga bisa disitu. Airnya sih ga masuk, tapi yah lembab kan, banjirnya aja 2 hari di dalam rumah. Singkat cerita lagi, baru sadar tuh paspor kelelep hari ke-3 kelar banjir, pas di cek, paspor gua and nyokap bokap yang kena. Tapi punya bokap aman, gara-gara ada cover nya. Basah juga tapi gak gitu kelihatan.

Sedih banget pas liat kondisi paspor gua, hikss… bukan apa-apa, paspor gua masih berlaku dan masih ada visa nya. Sedangkan punya ortu gua sudah pada expired, sebenarnya sudah gak mau diperpanjang, tapi karena ngelihat ribetnya urusan, yah udah sekalian aja dikerjain.

Sebulan kemudian dari kerjain banjir itu, gua ke imigrasi Jakarta Utara, niatnya sih pengen tanya-tanya, apa daya, pas gua datang ditolak karena quota antrian hari itu sudah habis. Padahal pagi itu (jumat pagi ) masih jam 06.15, quota antrian sudah nyampe 50 org perhari. Alhasil gua tanya ke petugas nya, tanpa basa basi, gua gak diladenin, cuma disuruh ke kantor polisi buat lapor. Gua bilang, paspor gua gak hilang pak, cuman rusak kena air. Dia keukeh suruh gau ke kantor polisi. Yah sudah deh, gua balik hari itu ke kantor polisi juga, dan dalam hati gua, pasti gua diketawain deh ama pak polisi nya. And yah kejadian, diketawain karena gua gak perlu ke kantor polisi, wong paspor gua gak hilang.

Senin depannya, gua antri lagi di imigrasi, kali ini dah pinteran dikit, datangnya jam 6 kurang, dan syukurnya dapat nomor 33. Yeayy.. Kantor nya sendiri bukan jam 8 pagi, tapi jam 7 pagi kurang semua orang yang sudah antri, dipersilahkan duduk didalam. Mayan deh duduk dan adem. Jam 8 teng, satu persatu dipanggil, sampai juga giliran gua, setelah surat – surat nya diperiksa, disuruh naik ke lantai 3, ketemu sama petugas BAP. Si bapak itu cuma sendiri aja kerjanya, jadi semua yang mau BAP, pastinya ketemu dia. And dilantai 3 itu tidak ada nomor antrian, alhasil mesti pinter-pinter nyela. Pas giliran gua, berkas gua diambil, terus disuruh minta surat keterangan dari kelurahan. Lupa nama surat nya. Udah gitu doang, Antri dari jam 6 pagi kurang, cuman ketemu si Bapak nya gak nyampe 5 menit, ckckck..

Balik dari imigrasi, gua langsung ke kelurahan, ternyata mesti ada surat pengantar dari RT dan RW. Ok dehh… Langsung balik rumah, siapin fotokopi KTP dan KK terus ke rumah pak RT, suratnya ditinggal karena orangnya dah berangkat kerja. Disuruh balik lagi sore-an buat ngambil suratnya. Sore itu, gua balik, dan suratnya sudah jadi… tapi belum ditanda tangan ama pak RT T____T disuruh balik lagi besok pagi, karena pak RT belum pulang main bulutangkis.. haizzz… Besoknya setelah dari pak RT, gua mesti serahin suratnya ke pak RW, and sama donggggg, pak RW dah berangkat kerja, disuruh balik lagi besoknya.. besoknya lagi setelah dapat suratnya, gua buru-buru ke Kelurahan, minta dibikin surat pengantar, jadi surat yang gua bawa ada surat dari RT/RW gua sama surat keterangan gua sendiri yang sudah ada materai nya. Sampai disana, disuruh ditinggal aja, ambilnya nanti sore jam 3. Makkkkkk… Sore itu juga gua datang jam 3 sore, and.. suratnya dah kelar tapi belum tanda tangan pak Lurah.. DOHHHH… mau marah gak sihhhh??? Pas tuh surat nongol, tidak ada tanda tangan pak Camat, menurut orang admin nya, gak apa, gak mesti ttd pak Camat, bisa dipakai juga, kecuali nanti diminta. Ohh gitu, dengan senang, gua pulang dengan riang gembira setelah dapat itu surat.

Hari baru pun datang, karena sudah punya nomor antrian sebelumnya, gua tidak usah antri lagi, dan bisa datang jam 8 pagi langsung ke lantai 3. Tapi gua mesti antri-in buat ortu gua. Besok nya karena takut lama, gua nyampe di imigrasi jam 5.30 pagi, dan gua orang ke – 4, yesssssss… ortu nanti nyusul aja kalo dah jam 7.30 pagi. Alhasil pagi itu, urusan cepat, dan ternyata punya bokap tidak bermasalah, punya nyokap yang bermasalah, berarti sama ni kayak punya gua. Karena nomor-nomor awal, urusan bokap kelarnya cepat banget, gak nyampe 1/2 jam dah kelar. Yaudah deh, doi pulang duluan. Tinggal gua ma nyokap ketemu si bapak BAP. Gua masuk duluan, singkat kata, gua di semi interview ma si bapak nya. Sampai akhirnya, dia lihat surat gua. Dan dia bilang, surat gua salah. OH MY GODNESSS… Menurut dia, surat nya gak sah karena tidak ada tanda tangan pak Camat dan isi pernyataan nya salah. Surat tersebut bisa tetap dipakai, cuma sanksi nya adalah paspor gua bisa di suspend antara 6 bulan sampai dengan 2 tahun. Lemes gua kalo kena suspend. Alhasil gua balik lagi ke kelurahan buat perbaiki tuh surat. Dan tetep dong, gak langsung jadi, karena satu dan sesuatu hal. #sigh. Karena mbak – mbak admin nya bingung kenapa suratnya salah, gua yang tulis buat dia, apa yang harus diketik untuk surat tersebut. Kesalahan pertama, tidak ada ttd Camat, kesalahan kedua, isi suratnya salah. Padahal surat keterangan dari gua itu jelas banget isinya tentang kejadian banjir, kapan dan dimana. Setelah melewati tahap pak Lurah nya tidak ada, akhirnya setelah itu surat kelar, gua mesti bawa sendiri ke pak Camat buat di ttd. Dan hari itu, jatuh di hari Jumat, yang mana pas gua nyampe, tetep disuruh balik lagi sorenya, karena pak Camat, pagi itu lagi ada acara senam bersama di kantor Walikota. Cape saya, CAPE.

Senin berikutnya dengan surat yang sudah benar, gua nyampe kantor Imigrasi jam 8 pagi, dan sudah ada dong orang yang ngantri ke bapak BAP. Dengan berbekal surat yang sudah dibenerin itu, gua masuk, dan yeayyy.. akhirnya BAP.. Tapi emang dasar bapak nya doyan ngobrol, malah jadi keterusan ngobrol. urusan suratnya si 1/2 jam, ngobrol nya juga 1/2 jam.. Hahaha.. padahal si nyokap didepan dah gelisah, kok lamaaaa banget gua nya.. Dia jadi takut sendiri. Giliran nyokap gak nyampe 20 menit. Pertanyaan nya sama kayak gua juga, disuruh sebutin SD-SMP-SMA-Kuliah, Kerja dimana, kalau paspor nya jadi mau kemana, terus bla bla bla.. Setelah BAP jadi, gua disuruh tanda tangan dikertas hasil semi interview tadi. Eh ditulis banjirnya semeter.. hahaha.. terus ditulis, gua habis dapat paspor, mau ke New Zealand ngunjungin teman lama. hahaha.. Setelah nyokap dan gua kelar urusan nya, si bapak bilang, paling lama 2 hari, tapi nanti tunggu saya telepon. Yahhh pesimis gua soal si bapak bakal telepon. Secara kerjaan doi banyak buanget.. Yang BAP tuh macam-macam, tapi paling banyak soal paspor Hilang. Gua bisa aja ngaku paspor gua hilang, tapi gua mesti bayar denda, which is bayar 355.000 x 2, dan semua visa di paspor lama gua hangus.. Kaga mauuu lahh guaaa… Biar ribet yang penting, paspor gua normal. Toh semuanya gak bayar ( masalah ursan surat-surat ) cuma emang ribet aja. Kesana kesini nya.

Tunggu punya tunggu, yapp betul aja si bapak gak telepon, Hari kamis ( hari ketiga ) gua kesitu lagi sendiri, sembari tanya surat gua gimana, kalo emang hari itu juga foto, baru deh, gua telepon nyokap suruh nyusul. Dan ternyata hari itu emang dah bisa foto.. Alhamdulilah, langsung sembah sujud ( lebaiiiiiiii.. wkwkwkwkwk… ) Nyokap datang gak berapa lama, isi-isi formulir, tanda tangan, serahin ke mbak-mbak petugas imigrasi, diaksih nomor antrian baru, duduk manis nunggu deh.. 3 nomor sebelum nyokap, break makan siang. WHAT??? Langsung pengen garuk-garuk aspal.

Ya udah, maksi dulu deh jadinya. Balik maksi, dah rame banget, karena dah jam ambil paspor. Masuk keruangan interview and foto tuh di announce nomornya, baru masuk, tapi ternyata masih tetap ada dong, semi-semi calo yang nyela-nyelain orang buat didahulukan.. Yaelaa.. kirain sudah bersih dari calo.. Yah pokoknya hari itu foto dan interview, terus dikasih surat pengambilan 3 hari kedepan berserta kertas untuk bayar ke BNI. Untung BNI nya deket, Habis bayar, ya udah deh kelarrrrrrr.. pulangggg… Diambil lagi 3 hari kemudian. Dan sekarang dah jadi dong paspornya.

Total waktu yang diperlukan dari awal sampai paspor jadi 3 minggu , padahal kalau surat dll nya benar dan jelas, gak nyampe seminggu juga jadi.

Syarat buat apply paspor baru/perpanjang paspor sama aja :

1. Fotokopi KTP ( ini sebaiknya di kertas A4, maksudnya KTP tuh kan kecil, tapi habis fotokopi jangan digunting sesuai ukuran nya, gak bakal diterima )

2. Fotokopi Kartu Keluarga

3. Fotokopi Akte lahir

4. Fotokopi Akte Nikah ( buat yang sudah married )

5. Paspor Lama ( diperlukan kalau mau perpanjang paspor )

6. Materai 6.000 ( 1 buah ) diperlukan untuk yang perpanjang paspor, ditempel dikertas yang berwarna kuning, isinya menyatakan untuk meminta kembali paspor lama.

7. Harga 355.000 untuk paspor biasa ( 48 halaman ), kebetulan e-paspor lagi kosong ( katanya )

Paspor gua yang rusak itu masih berlaku sampai tahun 2018, karena dah diganti, jadi paspor baru ini berlaku sampai 2020, sudah desain baru dan dikasih cover paspor dari imigrasi. Paspor nyokap sudah habis masa berlaku nya Januari 2013, tapi tetap gak bole rusak juga ternyata.

Inti dari kejadian ini, Jagalah paspor dengan baik dan benar, itu nyawa kita kalau keluar negri. Dan karena itu dokumen negara, jadi mesti dijaga juga. Btw, gua cuma share apa yang terjadi sama gua, bukan berarti semua orang akan kayak gitu juga yaaaaa… Apalagi yang sehubungan dengan birokrasi, emang ribet, tapi itu emang pelajaran berharga banget.. Lain kali mesti hati – hati.. Not only me, everyone also have to!!

Ciao, INLY

Advertisements

27 thoughts on “Ribetnya ngurus Paspor Rusak

    • sekarang semua passport lama mau yang expired atau rusak, tetap dikembalikan.. kalau visa amerika setahu aku walaupun passportnya expired, visanya masih berlaku, tapi kalau passportnya rusak, belum tentu visanya berlaku. Alias musti dipindahkan kepassport baru dan utk pemindahan, ada beberapa visa yang kena biaya. Karena aku juga dulu pas rusak kena air, pas pindahin visa ke passport baru, kudu bayar lagi..

    • Mungkin bisa dicek ke embassy masing2 negara yang visanya masih valid itu, harus dipindahkah visanya atau ngga? karena ujung2nya nanti kan visa itu ada nomor visanya, nah di imigrasi yang tertera adalah nomor visa dan nomor passport, jadi kalau passport ganti, nomor passport otomatis berubah juga..

    • Maksudnya format surat ke imigrasinya? aku gak ada fotonya, bisa tanya ke kelurahan kamu kok, mereka yang akan siapin surat tersebut, tapi kudu ada surat pengantar dari RT/RW. Tinggal kamu bawa fotokopi ktp dan kk ke RT kamu, bilang mau minta surat keterangan untuk pengurusan paspor rusak.

  1. Pingback: Soal Imigrasi dan Sekuriti di Australia | Life is a Rollercoaster

  2. saya bacanya aja stress, ternyata saya bolak baliknya masih tak ada apa apanya di banding pengalaman mbak.. salam kenal dari Makassar yang juga suka doyan urusan sama birokrasi.

    • punya saya, halaman kedua setelah identitas, itu tulisannya luntur kena air.. itu 100% dipastikan kalau kena air dan keriting tidak bisa dipakai untuk bepergian ( ini sih info dr bapak imigrasi yaa )

  3. Itu beneran mba klo ngurus paspor yg rusak bisa kurang dari seminggu seandainya surat2nya lengkap dan jelas ??
    Hari ini ke kantor imigrasi utk ngurus surat2. Disuruh balik lagi besok. Mau nangis aja tadi.
    Gara2 minggu depan paspornya mau dipake. Huhuu
    Informasi mba nolong saya banget ini. Apalagi klo denger berita bisa diurus kurang dari seminggu

    • Saya sih kemarin itu kalau surat2nya lengkap, hari pertama datang, lsg urus, hari ke-3 sudah datang buat foto, tapi tetep butuh waktu untuk bayar ( misalnya hari ini bayar, hari ke-3 baru bisa diambil )

      semangatttt.. semoga lancar ya…

      • Mba nanya lagi. Hehee maap ya nanya mulu.
        Perihal surat pengantar dari kelurahan. Itu isinya mengenai apa aja ya ? Biar gak salah dan gak harus balik lagi ke kelurahan nantinya.

      • Isinya kenapa paspornya sampe rusak? Waktu itu saya rusaknya karena banjir, jadi isi surat kelurahan, menyatakan kalau paspor saya rusak karen banjir yang terjadi di daerah ……….. pada tanggal …….

        maap baru balas..

  4. Kak, mau tanya. Aku rencana 2017 mau lanjut studi ke UK. Nah passpor ku rusak kena air dan paspor ku yang ini 24 hal. Nanti kalau diganti yang baru bisa sekalian jadi pindah ke 48 halaman ga ya? Atau beda prosedur?

    • Paspornya sudah expired atau belum? setahu saya sekarang jarang banget di tawarin paspor 24 hal, rata2 48 halaman kok.. prosedurnya sama aja.. Alias kalau rusak, kudu BAP dulu.. Ditanyakan saja pas mau urus.. butuh beberapa kali balik ke kantor imigrasi.. jadi sediain waktu buat bolak baliknya.. 🙂

      • Iya kak, kemarin abis BAP. Petugasnya malah kebanyakan nanya kenapa aku pake 24 hal. :’D bukan ngebahas kenapa bisa basah. Hehe. Terus sebaiknya aku nunggu sms ya jika BAP selesai? Soalnya kan aku urus Jumat kemarin (11 Nov) terus disuruh balik Selasa (15 Nov) Jadi mending aku tunggu sms atau langsung dateng aja ya kak? Makasih ya infonya 🙂

      • Datang aja.. soalnya dulu aku juga dijanjiin sms, ternyata memang gak pernah disms hehe, aku datang lebih dari sehari, misalnya disuruh datang 15, 16nya aku baru datang…

    • saya, mbak lho.. 🙂
      format surat minta ke kelurahan, nanti kita tinggal mengisi saja, tambahannya adalah surat keterangan dari RT dan RW yang menyatakan memang pada saat itu ( kejadian paspor saya rusak kena air karena memang banjir )
      jadi saya minta surat pengantar ke RT dan RW saya, menginformasikan bahwa saya ingin membuat paspor baru, menggantikan paspor lama saya yang rusak kena air.

  5. saya paspor kena air (kecipratan air) dan foto saya di paspor emang rusak, kena air tahun 2015 … saya pikir gpp masih bisa di bawa-bawa karena kemaren-kemaren pergi ke Singapore, Malaysia dan Bangkok masih lolos imigrasi. Apply visa Australi juga lolos, walopun sempat ada masalah di imigrasi Australi ketahan krn paspor saya rusak tp gak ada masalah. Terus apply visa UK juga masih lolos .. visa dapat, ehh pas mau apply visa China baru deh kena masalah dimana paspor saya di tolak dan HARUS ganti paspor baru krn foto di paspor saya udah “rusak” … duh nyoba ngeles kalau kemaren-kemaren gak kenapa2 kok … akhirnya saya “terpaksa” mengganti paspor saya yang rusak ini, karena make jasa “agent” Imigrasi saya dikenakan 1jt utk proses masuk senin jadi Jumat … selasa saya di hubungi bahwa saya harus bikin BAP yg mana prosesnya BAP itu sendiri makan waktu 5 hari, dan kena biaya 600rb … saya tanya bisa lebih cepet lagi kah? baru saya di tawarin proses selasa masuk – jumat jadi (tanpa BAP) saya di kenakan biaya 2,5jt (gak boleh di nego) untuk paspor 48halaman (kalau E-ktp kena 3,5jt) ….

    berharap emang bener cepet jadinya krn mau ngurus visa China. Jadi sebetulnya kalo gak buru2 mendingan ngurus sendiri sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s