Free WIFI di New Zealand

Emang paling enak tuh tinggal di Asia, rasanya wifi tuh gampang banget. Gak kayak di New Zealand, beberapa kali traveling kesana, urusan eksis di sosmed itu kepentok gak dapat wifi terus.. hahahaha.. ( padahal eksis itu kan penting yahhhh… 😛 )

Untungnya semua airport di New Zealand sekarang dah bisa free wifi , walaupun tulisan nya hanya free 1 jam, gua dah ngalamin ternyata bisa lebih dari 1 jam. Cuman memang kalau untuk browsing yang berat, kayak Youtube dan video gitu memang rada lamban. Tapi buat update Path, Twitter, Foursquare ok lahhhh, gak ada rintangan hahaha.. Selama roadtrip , gua selalunya nginep di Hostel atau Hotel, jadi kadang ni sebenarnya juga tetap kepentok wifi karena tidak semua hotel ada wifi atau Free wifi. Bahkan wifi nya Starbucks aja mesti beli minum dulu, dan berlakunya cuma 30 menit pertama ( sistem nya pakai kertas kecil ada tulisan username dan password ) tapi waktu itu untungnya karena gua beli minum, makanan dan tumbler, jadi pas minta password wifi nya lagi dikasih sama mereka.. hehehe..

Selama roadtrip , wifi memang berguna banget buat kasih laporan ke orang rumah, sudah ada dimana ( walaupun kadang gak pake laporan juga, orang rumah bakal tahu gua ada dimana gara-gara sosial media 😛 )

Ada hotel yang memberlakukan free wifi tapi pakai kuota, misalnya 500MB buat 1 hari, atau bayar 10NZD buat 24 jam, bisa browsing apa saja, tapi hanya untuk 1 device, maksudnya kalau dah dipake di handphone, tidak bisa dipakai di Laptop, bisa asal connection wifi nya yang di handphone di logout. Kuota 500MB itu masih ok banget deh, asal gak semua sosial media di handphone nyala semua. Contohnya, kalau facebook, path, instagram kan bisa dilogout, jadi pas nyalain wifi tidak nguras kuota. Yang pati kalau wifi di hotel itu, kalau malam hari, lumayan lelet karena dipakai beramai-ramai.

Ada juga restoran yang memang tidak menyediakan wifi, dengan alasan, restoran itu tempat makan dan ngobrol, bukan tempat orang-orang sibuk dengan handphone atau laptopnya masing-masing, hehehe.. alasan yang bagus. Sempat ngunjungin 1 bar , namanya O’Flynn Bar di kota Hanmer Springs, ada tulisan kayak dibawah ini :

 

IMG_8088

Tenang aja, handphone nya gak bakal disita kok

Yang free wifi lagi adanya di Perpustakaan dan Museum seluruh New Zealand. Tapi pengalaman paling nyesek, waktu naik kapal Interislander nyebrang dari South Island ke North Island , pede jaya mau beli wifi, murahh banget 4NZD, pas terima kertasnya, 4NZD buat 40 MB hahahaha.. itu sih buat update di Path, langsung habis kuota nya.. wkwkwkwk.. ( tapi kalau naik kapal Bluebridge, free wifi cuma gak bisa buat buka Youtube )

Diluar masalah wifi, kayaknya sekarang paling gampang adalah beli nomor lokal New Zealand , untuk internet 1 GB, telepon 300 menit ke nomor lokal, dan sms unlimited ke nomor Australia dan New Zealand, pakai Vodafone, 39,99 NZD, walaupun kelihatan nya mahal, tapi coba dibayangin kalau lagi roadtrip dan beli wifi di tiap hotel, beda-beda tipis kan harganya. Belum lagi kalau kuota nya terbatas, at least pas lagi di jalan bisa eksis, foto dan langsung upload ( penting banget infonya )

PS: New Zealand lagi dalam percobaan pemakaian internet dengan kabel optik, kedepan nya di perkirakan semuanya akan memakai kabel optik di tahun 2019, tentunya dengan kecepatan internet yang lebih wuzzzz…

Ciao, Inly

 

Advertisements

2 thoughts on “Free WIFI di New Zealand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s