Tempat Daur Ulang

rsz_img_2277

Gua pertama kali ke tempat ini, AMAZED pake banget. Kalau dilihat dari namanya, kira-kira nebaknya apa? Gua cuma tahu ini tempat Re-cycle. Jadi ini tempat pembuangan sampah yang non dapur. Di New Zealand ( Australia juga ) tempat buang sampah tuh ada 2 macam, yang khusus sampah dapur dan yang bisa di re-cycle. Jadi si truk sampah tuh seminggu datang nya sekali, yang khusus non-recycle dan recycle. Sebenarnya gak usah datang kesini kalau males, toh uang sampah yang dibayarkan tiap bulan sudah mencakup pengangkutan sampah ke rumah-rumah.

Tempat yang gua bahas ini adanya di kota Blenheim ( South Island, New Zealand, 4 jam dari Christchurch ke arah utara ), masuk dalam Marlborough district. Setiap kali denger Marlborough selalu keinget sama merek rokok, mirip. Tapi tempat daur ulang ini ada di seluruh New Zealand kok.

Kalau lihat foto diatas, yang bentuknya lubang kotak itu adalah tempat pembuangan masing-masing sampah daur ulang nya. Ada Karton/Dus, Koran, Majalah, Kotak Susu, Plastik yang bisa di daur ulang.

rsz_img_2267

Foto diatas ini, adalah tempat pembuangan kaca ( lihatnya di kanan atas, lupakan yang dibawahnya hahaha, ga kefoto dengan jelas soalnya ) Ada pembagian nya lagi masing-masing, kaca yang warnanya coklat, warna hijau dan yang bening. Tinggal dilempar aja, gak pa pa..

rsz_img_2266

Ini botol dan gelas kaca yang mau dibuang, jadi setiap rumah itu dikasih tempat sampah warna merah ini yang nantinya berisi sampah daur ulang. Tempat sampah ini kudu dinamain sesuai dengan alamat rumah, maksudnya biar tidak diambil sama orang lain, kalau hilang, mesti beli lagi. Juga dikarenakan kalau rumahnya di dalam gang, si tempat sampahnya mesti ditaruh dipinggir jalan depan gang, jadi karena satu gang tuh rumahnya ada beberapa, yah biar ga ketuker sama punya tetangga aja.

rsz_img_2265

rsz_img_2268

rsz_img_2271

Hanya barang yang tertulis digambar ini yang ada harganya

Gua gak foto yang bagian perabotan, jadi disamping tempat pembuangan ini ( masih dalam satu kompleks ) ada toko barang bekas. Barang bekas yang dijual adalah barang-barang setengah rusak yang sudah diperbaiki, dijual kembali dan hasil penjualan nya dipakai untuk mengelola recycle center nya. Kreatif banget, walaupun pastinya tetap ada dana dari pemerintah daerah. Gua sempat beli majalah tentang wedding di New Zealand, 5 majalah cuma 1NZD, puas dibaca, gak tahu mau dikemanain, gampangnya yang balikin lagi ke sini, hahaha..

Kapan Indonesia bisa gini? Entahlah..

Ciao, Inly

PS: Gimana caranya beda-in sampah daur ulang dan bukan? Diluar majalah, koran, kaca, kardus, semua barang yang ada gambar ” Recycle ” nya, selain itu adalah sampah dapur, sejauh pengetahuan gua yah..Ā  Di Jakarta sendiri, gua dah sempat melihat banyak area yang ada tempat sampah nya dengan 3 tong berbeda, tapi memang orang indonesia belum teredukasi dengan baik dan belum bisa memilah sampah dengan benar, yang ada malah semua sampah masih di 1 tong yang sama.

Advertisements

5 thoughts on “Tempat Daur Ulang

  1. Di tempat gw kerja di bidang manufaktur, jadi tempat sampah di dalam workshop udah dipisah jadi 3 tempat, hazardous waste, limbah rumah tangga non re-cylce dan limbah re-cyle. Nah kita dah pake outsourcing pengelola limbah yang terbesar di Jakarta & Jawa Barat untuk mengangkut limbah2 manufaktur tersebut. Sayangnya pengelola limbah dari perusahaan besar itu mencampurkan kembali semua limbah yang telah kami pilah dan servis yang diberikan hanya landfill (dikubur dalam tanah sampe mereka punya bukit di daerah pinggir Bogor). Sayang banget padahal info dari Bos yang orang Jerman klo di negaranya limbah industri seperti karet ban bisa dijadikan bahan pencampur aspal yang kualitas aspalnya lebih bagus dari disini. Mungkin klo wakil rakyat kita studi banding ke LN supaya bisa beneran study dan mengaplikasikan di Indonesia..Ya cuma bisa berdoa šŸ™‚

  2. Pingback: Blenheim, South Island Part 2 | Life is a Rollercoaster

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s