Komplain ke Airlines

Dari beberapa hari yang lalu mencoba mengedit dan merapikan blog, kelamaan depan komputer jadi rada nge-blank, akhirnya memutuskan untuk main hape saja. Lagi-lagi bosen, eh iseng aja baca twitter, gak tahu kenapa tiba-tiba bisa kepikiran untuk ngecek airlines di twitter, dan ternyata menemukan banyak hal menarik mengenai airlines di bumi belahan timur   ( baca: South Pacific )

Isi twitter para airlines tuh kebanyakan berupa komplain-an dari para penumpang nya. Busyet, banyak yang bahasa nya kasar-kasar, tapi ada juga yang memang operator / customer service nya juga nyolot banget.. hehehe.. Kocak banget sebenarnya tapi gak pengen ngetawain, takut kualat ketimpa gitu-an juga.

Gua kira tadi nya hanya beberapa airlines yang memang ntah service nya mengecewakan atau memang penumpang nya terlalu berekspektasi tinggi, tapi ternyata airlines sekelas negara tetangga ” kucing besar ” pun ternyata bisa bermasalah. Paling banyak ternyata adalah koper yang hilang / bagasi yang telat nyampe nya. Kalau soal makanan nya enak atau gak enak , itu sih relatif yah, kan lidah orang beda-beda.

Beberapa airlines nya benua Kangguru juga serem-serem isi komplain para penumpang nya. Ada yang memang pesawatnya sering banget delay macam pesawat ” singa ” nya Indo. Ada yang memang pesawat nya delay tapi gak dikasih penjelasan, giliran penumpang nya tanya ke ground desk, petugasnya malah bisa ketus balik, terus penumpang keuekeh mau bikin komplain-an, tanya customer service via twitter, tetap aja susah komplain, ntah karena memang nomornya tidak bisa dihubungi, atau bisa dihubungi  tapi disuruh nunggu 10-20 menit.. Lumayan dah yah kalau telepon dari luar negeri.

Ada yang delay sampai berkali-kali tapi tidak dapat kompensasi apa-apa, bahkan segelas air pun tidak. Ada yang delay – naik pesawat – nunggu – turun pesawat – nunggu – cancel. Waduh, gua sih bakalan gondok banget. Pernah ngalamin kayak gini, tapi masih pesawat Indonesia. Naik pesawat Singa dari Jogja ke Jakarta, 1 jam perjalanan. Setelah boarding – push back – lampu dimatiin – penumpang mulai tidur termasuk gua ( flight malam ) – gua kebangun 1 jam kemudian dan masih di bandara Adi Sucipto alias belum jalan juga. Ckckckck.. Kali kedua, dari Jakarta ke Jambi, naik pesawat Sr*w*j*y*, sudah di runway tinggal take off – antri di runway – balik ke parkiran – ada mesin yang error – AC di matiin – pintu dibuka – penumpang kepanasan – bete. Terus pernah ngalamin juga penerbangan terakhir nya Adam Air, sudah di boarding room – delay 1 jam dengan alasan roda pesawat bla bla bla, well at the end, delay 8 jam di boarding room, cuma dapat makan 1x, itu pun gara-gara di amukin massa. Alhasil habis deh waktu sehari cuma nongkrong di boarding room, kali itu balik Jakarta nya pake Air A***. Minta refund saat itu, memang dikembalikan setelah 1 minggu. Rekor semuanya masih dipegang sama pesawat dari Indonesia. Amit-amit deh jangan sampai kena pas lagi pakai pesawat luar negeri. Soalnya gua sering banget beli tiket yang per lokasi, biar irit, hehehe..

By the way, kalau komplain itu, apakah selalu harus dibalas dengan penjelasan atau bisa hanya berupa unek-unek yang perlu didengar? Mungkin kalau di luar negeri yang sudah maju, komplain bisa digubris, bisa tidak, tapi kok rasanya gua kurang yakin sama airlines Indonesia, yang kalau komplain, lebih sering gak di gubrisnya. Bisa jadiiii….

Ciao, Inly

Advertisements

5 thoughts on “Komplain ke Airlines

    • setujuuu banget.. kalao ngga refund, boleh lah next trip nya dapat upgrade class, atau bole refund nya kalau ga bentuknya doku, maunya bentuk nya miles.. hahaha… * tetep gak mau rugi *

      • Hahaha. Iya jangan sampai rugi yah kalau bisa. Sekarang kalau flight batal sudah dapat kompensasi. Aku baru baca beritanya kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s