Jalan2 pakai buku panduan atau nggak?

Kalau dulu sering nya jalan-jalan selalu pakai panduan buku traveling, lama kelamaan udah jarang banget, jadinya selalu pakai browsing, lebih akurat rasanya karena ini kan berdasarkan pengalaman orang nya langsung. Alhasil buku panduan traveling lumayan menumpuk di kamar dan akhirnyaΒ  jadi males baca juga. Beli buku nya sih tetap, sampai mungkin 2 tahun lalu, setelah itu pakai browsing aja sudah cukup.

Dulu koleksi buku traveling itu rencana nya memang biar suatu saat kalau mau traveling gak usah ribet nyari info lagi, gak tahu nya malah gak kepake sama sekali. Nah kepikiran tadinya mau di jadi in giveaway, tapi yah beberapa info mungkin sudah gak up to date. Eh tapi beberapa buku malah di cetak ulang, tapi gua gak tahu apakah infonya update juga..

Koleksi gua cukup banyak, tapi banyak juga yang gak kepake, seperti dulu ke Vietnam, gak kepake lah tuh buku panduan nya secara sudah ada yang guide-in disana. Hehe.. Dari sekian banyak buku, Korea yang mendominasi, tapi gua nya gak kepengen ke Korea, terus kenapa juga dikoleksi, hahahaha.. *kepengen aja*

Tapi gua salut sama orang yang nulis buku panduan traveling itu, secara yah dia sambil jalan2, terus mesti nulis juga.. Double banget kan yah pikiran nya. Enjoy atau gak enjoy nya sih mungkin tergantung masing2 pribadi deh ya..

Ciao, INLY

Advertisements

11 thoughts on “Jalan2 pakai buku panduan atau nggak?

  1. Beli buku panduan biasanya di lokasi, tetapi lebih banyak yg ada cerita sejarahnya..(itu termasuk buku panduan bukan, ya ^^), buat kenang2an…

  2. Sejak emagazine dan ebook merajai inetrnet, aku ndak pernah beli buku padua traveling, krn bisa punya lonely planet edisi ebook, lebih praktis bawanya. Dan tentu sebelum pergi, browsing dulu. Tapi aku tetep suka beli bulu traveling, tapi bukan yang paduan, aku suka beli buku traveling, yg isinya pengalaman penulis, aku doyan bukunya trinity, juga buku buku kocak tentang traveling yang lain…

    • iya ya, banyak yang koleksi buku traveling yang bukan panduan. aku juga sering nya browsing sekarang, tapi kadang dah nyampe baru browsing, hahaha.. pemalesan banget yah anaknya..

  3. Baru nyadar, aku selama ini kok ga pernah punya buku panduan ya haha. Pas awal2 jalan2 dulu jaman2 kuliah, mengandalkan info2 dari teman2 dan nanya2 aja ditempat tujuan. Trus pas era internet sudah marak, mengandalkan info dari internet sebelum berangkat jadi searching2 dulu, dicatat tempat2 yang mau dituju. Selebihnya ya mengandalkan nanya2 ditempat tujuan (haha nanya2 mulu amdalannya) tapi seringnya cari brosur2 sih ditempat tujuan.

  4. Hi Inly,

    First timer here. Aku sebelum jalan-jalan cari info online dan ebook. Sesampainya ditempat biasanya info yang didapat digabung dengan rute spontan yang ngga direncanakan sebelumnya.

    • Hi mba Yo πŸ™‚ iya, kadang seru banget benarnya ke rute spontan. Tapi kalau ke negara yang belum pernah pergi dan jauh, biasanya aku juga browsing, minimal tahu situasi negara tersebut..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s