Sisa duit koin dari negara lain

Setiap balik traveling, biasanya banyak bersisa koin2 receh gitu, yang gak tahu mau diapain, kalau iya balik lagi ke negara yang bersangkutan sih gak papa, tapi kalo ngga, selalu bingung untuk naruh koin nya dimana. Biasanya dikumpulin, tapi lama2 berat yahh di kotak koin nya, hahaha.. Tadi habis browsing kalau mau tukar koin di money changer di Jakarta, yahhh sesuai dugaan, TIDAK ADA.. huhuhu.. EH, ada infonya tapi dah lama banget kayak 3 tahun yang lalu, nah menurut info tersebut, koin yang bisa ditukar paling kecil adalah 1 dolar, dan harganya dah 1/8 dari harga awal.. Ughh.. nyesek juga ya..

Paling benar mungkin adalah menawarkan ke teman2 yang mungkin mau bepergian ke negara yang bersangkutan dan dijual lebih murah sedikit dari harga pasaran, at least si koin nya yang gak numpuk. Ada yang punya solusi lain nya?

Dari sekian banyak negara, menurut gua Singapore mungkin adalah salah satu negara yang paling fair, hahaha.. kenapa? Karena setiap kali nukar duit di money changer di Changi Airport, gak pernah merasa dirugikan, dan mereka terima semua duitnya, termasuk si receh2 ini, cuma yah kan gak setiap kali traveling pasti lewatin Singapore kan ya.. jadi pasti masih tetap ada lah lebihan koin2 ini. Walaupun jumlah nya gak banyak, tapi kalau dikumpulin semua, lumayan bisa buat beli tiket pp ke Singapore naik budget airlines, haha..

Pernah dengar cerita soal coin machine di airport, namanya Coindrum, adanya di Irlandia. Jadi sistem nya mereka itu, koin sisa yang kita punya bisa dicemplungin ke mesin nya dan nanti kalau sudah mencapai nilai tertentu, keluar nya jadi voucher belanja di airport, pinter yakkk.. Tapi rasanya mungkin tidak semua koin juga, maksudnya tidak termasuk koin dari semua negara, atau mungkin kalo sudah hitungan nya cent, sudah gak valid kali ya? Have no idea juga.

Untuk sementara ini, terpaksa disimpen dulu aja, dengan harapan, suatu saat gua akan balik ke negara tersebut.. *gakmaurugi* AMIN.

Ciao, INLY

Advertisements

19 thoughts on “Sisa duit koin dari negara lain

  1. Ini juga pengalamanku, punya coin manca negara. Tapi aku selalu usahakan ndak bawa banyak coin pada saat pulang traveling, biasanya 1 atau 2 hari sebelum balik, uang uang coin, segera aku habiskan untuk beli pernak pernik, kadang di bandara aku beli sepotong coklat, atau kartu pos, dan sisa yang ndak banyak, sengaja buat koleksi, pengen nya sih, dibuat gantungan dinding, ditempel dikarton, dipigura, tapi sampe hari ini, masih angan angan, si coin, masih meringkuk cantik di lemari😊😊😊

    • Repotnya aku kalo nyampe bandara selalu mepet banget waktu nya dari check in sampe ke boarding room, kaga sempat liat2, plus ternyata gak bisa pake duit koin NZ buat belanja di airport aussie, minimal pake duit 10 NZD, huhuhu.. Tapi rugi juga sih yah, belanja di airport pake duit yang tidak sama itu rasanya nyesek.. kurs nya itu lhooo, bikin nangis..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s