Perayaan Imlek di rumah

Selamat hari raya Imlek 2567 bagi yang merayakan.

Imlek itu identik dengan merah, identik dengan angpao, identik dengan baju baru, identik dengan makan2.. At least itu kejadian di rumah gua. Perasaan baru banjir awal tahun lalu, terus Imlek, terus tahu2 sudah masuk tahun 2016 dan hari ini dah Imlek aja.. Banjirnya sih udah kaga lah yau..

Berhubung bokap adalah yang paling senior di Jakarta, maksudnya yang dituakan, jadi biasanya sodara2 pada silahturahmi ke rumah. Enaknya, kita gak usah kemana-mana, dirumah aja nunggu tamu datang dan anak2nya bokap tentunya nunggu angpao, hahaha.. Rutinitas di pagi Imlek itu, bangun pagi, ucapin ” gong xi ” ke ortu, bantuin nyokap masak makanan vegetarian, mandi, sarapan dan nunggu sodara2 yang bakal ke rumah. Sebagai anak paling gede (baca : tua) , dari tahun lalu, gua cuma dapat angpao dari ortu aja, sodara2 yang lain, rata2 gak ngasih lagi karena gua nya dah terlalu dewasa (baca:tua) sedih deh yaaa… padahal kan lumayan banget tuh dapat angpao, at least bisa buat nambah2 duit buat jajan.. Hehe.. Eh tapi, walaupun gua dah dewasa (baca : tua), gua tetap masih berhak dapat angpao, hanya karena gua belum menikah, hehehe..

Jadi inget pas masih kecil, sekitaran umur dibawah 10 tahun, karena masih tinggal di daerah dan notabene perayaan Imlek nya masih kental. Imlek itu dimulai dari H-1 Imlek  dan berakhir di H+15 Imlek sesuai tanggalan Cina. Jadi dulu ( dulu banget ) gua punya 15 baju baru tiap tahun nya. Iyes, sehari 1 baju.. Hahaha.. nyokap gua lebay banget yah kayaknya. Gak hanya gua, adek2 gua juga, dan gua 5 bersaudara. Jadi dana nya mesti gede kan buat biaya beli baju itu. Nyokap beli semua baju nya dari duit angpao kita2 dari tahun sebelumnya. Hehe.. Dan biasanya di hari pertama Imlek, bajunya kudu warna merah, karena merah melambangkan keberuntungan dan sukacita. Tapi dah 3 tahun belakangan, gua dah jarang beli baju, pakai aja yang ada, asal gak pake warna hitam saja. Selain baju, gua juga selalu dapat angpao, berhubung tinggal di daerah yang banyak banget sodara2 nya, yah urusan angpao sih, nyokap selalu balik modal, hahaha..

Selain itu, kalau malam Imlek selalu makan2 bersama keluarga, jenis makanan nya? Macam2 banget. Ini sebagian dari makanan tersebut.

              CasM0CkUsAA5bUF.jpg large

Biasanya yang sibuk masak adalah nyokap plus dibantu ma kita2. Nah karena ikut ngebantu, kebiasaan jelek nya adalah setiap lewat di meja makan, nyomot dikit2, alhasil pas jam makan nya dah keburu kenyang duluan.. Haha.. Dan selalu makanan H-1 Imlek itu pasti sisanya segabruk, jadi dimakan lagi pas jam makan siang di hari Imlek. Sampe sekarang tuh makanan masih sisa juga.. Haha.. Dan serunya banyak cemilan kalau pas Imlek, alhasil Diet start tomorrow, plus setiap buka kulkas, bawaan nya ngemil.. Hehe..

CIao, Inly

Advertisements

26 thoughts on “Perayaan Imlek di rumah

  1. Aduuuhh Mienyaa😍😍 aku selalu lemah iman kalo lihat Mie haha. Langsung pengen bikin sekarang. Menunya vegetarian karena sekeluarga ga makan hewani atau gimana?

    • Iyaaa, aku ngefans sama mie juga, tapi bukan yang model indomie gitu.. Kalau yang H-1 imlek kemarin ngga vegetarian. Biasanya vegetarian hanya tanggal 1 dan 15 tanggalan chinese. Biasanya nyokap masak capcay vege itu, isinya aneka jamur, jagung muda, wortel, kailan, brokoli, kembang tahu, kapri. nah Imlek itu tanggal 1. Khusus imlek, biasanya ada tante aku, masakin lontong sayur vege juga.. nyam nyam deh pokoknya hehe..

  2. Gw juga baru buka2 blog lagi, keliwat deh cerita imleknya Inly..tapi tetep seru..dan 15 baju baru itu juara banget yah..kebayang happy banget klo masi anak2 punya baju baru sebanyak itu. Klo musim liburan jaman dulu gw happy bgt karena pasti dapet uang sangu yang mayan gede dari Om dan tante, lagi seneng2 ngumpulin duit sangu itu bokap tercetus ngomomg, Papah juga gantian ngasi ke sepupu kamu..hahaha..bokap kena marah dikit ma nyokap deh..merusak kebahagiaan ngumpulin angpao 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s