Is Asian only Chinese?

Semoga tulisan ini gak mengandung SARA dan sebagainya and don’t be too serious.

Jadi belakangan ini pas gua lagi ada di Selandia Baru, sebagai negara yang notabene isinya ras kulit putih dan Maori, disini banyak juga ras lain nya. Kalau lagi musim petik buah anggur gini, banyak orang dari Fiji, dari Asia Tenggara bahkan banyak orang ras kulit hitam. Kalau dari Asia Tenggara yang gua tahu, ada dari Indonesia, Malaysia, paling banyak dari Thailand dan Philippines. Tahu karena kalau belanja di supermarket kadang gua suka kepo dengerin mereka ngomong, jadinya bisa nebak mereka dari mana.. Hehehe..

Karena lumayan lama disini, mungkin karena terlalu kepo juga kali ya, gua jadi sering perhatiin, ternyata gak selama nya semua orang itu memandang orang lain dengan level yang sama. Contoh: yang ras kulit hitam juga banyak dipandang rendah karena kerja nya hanya petik anggur, padahal kalo gak salah, gaji per jam nya lebih gede dari gaji kerja kantoran. Dan susah nya juga, mereka ini kurang berbaur, berbaur nya yah sesama mereka juga, jadi rada serba salah, mereka juga kalau belanja di tempat namanya Warehouse ( ini kayak Carefour kalo di Jakarta, barang nya serba murah katanya, pdhl yah nggak juga hehe ), nah gua gak pernah juga ngelihat mereka di Sunday Market.

Diluar itu, disini banyak juga orang Asia nya, Asia itu kan padahal gede banget kann, tapi yang kulitnya putih pasti disangka dari China, yah padahal banyak juga dari Korea, Jepang, Singapore dsb yg negara nya penuh dengan mata sipit ( walo ga semua orang chinese matanya sipit ), dan Asia yang kulitnya kuning langsat, disetarain dari Philippines atau Malaysia. Yang muka India, tetap India, yang muka nya Arab, semua dari Pakistan. Hehe..

Nah kalau gua sendiri, kalau pas lagi gak pake kacamata ditebaknya yah dari China karena mata gua sipit, nah kalau gua pake kacamata, ditebaknya dari Philippines. Yah mungkin karena saat ini kulit gua gosongan. Tapi pastinya gak ada yang bisa nebak kalau gua dari Indonesia. Haha.. Untungnya di tempat gua tinggal di Blenheim, jarang ketemu yang aneh2, tetangga juga pada welcome ke gua. Ada juga yang sebodo aja alias mind your own business. 

Cuma balik lagi sesuai judul, kenapa yah kalau orang Asian pasti dianggap nya yah Chinese, padahal kan banyak yang lainnya, secara yah Asia kan gede banget tuh.. Mungkin ini juga yang bikin salah kaprah, Chinese takeaway isinya gak cuma Chinese food, ada Thai food, ada Japanese food, padahal namanya Chinese takeaway bukan Asian takeaway. Tapi kalau ke Thai restaurant yah isinya cuma Thai food, ke Japanese restaurant yah isinya Japanese Food, jadi mestinya Asian takeaway dong ya.. Hahaha… #ngaturbanget

Ciao, Inly

Pengalaman gua di kota Blenheim, Marlborough District, South Island

 

20 thoughts on “Is Asian only Chinese?

  1. Hehe.. Dulu boss aku di NYC tanya kenapa aku bukan Chinese. Aku bilang, I am Asian but I am not Chinese 🙂 Jarang sekali memang ada orang yang menebak Indonesian kalau ketemu. Paling sebal kalau ketemu sesama Asian yang napsu menebak 🙂 Sampai 10 kali nebak belum juga benar.

    • Bali emang ajib yahh.. Di NZ, masi banyak yg ga tahu Bali juga, malah ada yg ngirain Jakarta tuh yah masih ndeso.. Sampe ditanya, di tmpt kamu tinggal itu ada gedung pencakar langit gitu ga? Lahhh.. Jakarta gitu lhoo haha.. Ampe speechless..

  2. Betapa terkenalnya negara China ya hihi…
    Kalo aku pikir mungkin sama kaya kita asumsi orang kulit hitam (no rasis) misal dia dari Afrika Selatan, padahal kan bisa aja dia orang Mali, orang Namibia, dan negara Afrika lainnya 😀

  3. Susah bener ngejelasin Indonesia, aku bisanya sebut Bali atau kalau udah males bilang dari negara matahari aja. LOL.

    Btw, disini Asia tidak terlalu didiskriminasi, tidak seperti ras yang lain. Rupanya karena Asia banyak yang sekolah disini. Jadi disangka pelajar.

    • Jepang ya? Asia berarti gak cuma chinese kan? Kalo boleh tahu, di Irlandia, major paling banyak nya apa ya, Tje? Maksudnya kalo jaman aku sekolah ( SMA ) dulu banyak yang lanjutin sekolah ke dokteran ke Belanda.

Leave a Reply

