Blenheim – South Island, New Zealand (Part 2)

Gua pernah bahas soal kota ini sebelumnya, tempat gua tinggal selama 2 bulan di New Zealand, walaupun cuma kota kecil yang penduduknya hanya 30.600 jiwa, tapi ternyata fasilitas nya menurut gua cukup maju. Blenheim ini juga salah satu pusat winery nya New Zealand, terletak di Marlbourough District. Untuk Vineyard nya nanti gua ceritain terpisah.

Di kota ini pastinya ada Police Station dan Fire Department, secara pas musim panas sering banget kedengaran sirene, ntah sirene kebakaran atau sirene ambulans. Juga di pusat kota, ada kantor pos, menurut gua, letaknya kurang strategis, berada di salah satu gedung di pusat kota, yang pintu masuknya hanya bisa kelihatan dari satu arah, dan plang nya pun kecil banget. Selain orang kirim surat dan beli perangko, banyak banget yang kirim duit, salah satu nya para pekerja di Vineyard. Dipusat kota, ada bioskop yang film nya lumayan update, dan banyak juga film lokal nya. Hanya hari selasa saja yang tiketnya lebih murah yaitu NZD 10, hari lainnya NZD 13. Kalau urusan hotel sih, di Blenheim banyak banget tuh hotel, tinggal pilih aja yang sesuai dengan kantong. Ada juga kalau pakai campervan buat road trip, bisa mampir ke kota ini, dan nginep nya di Top 10 Holiday Park Blenheim.

IMG_7597

Seymour Square

IMG_7605

Pusat Kota

Untuk urusan sekolah, dari TK – Kuliah, ada semua. Ada 1 universitas disini, namanya Nelson Marlbourough Institute of Technology, yang lucu nya, sebenarnya ada beberapa sekolah campuran cewe dan cowo, tapi banyak banget yang sekolah di Marlborough Girls College dan Marlborough Boys College ( umur 9-13 ). Shuttle bus sekolah tersedia, tapi banyakan kalau dibawah 9 tahun itu, yang jemput masih orangtua nya mereka sendiri. Dan di beberapa sekolah yang lalu lintas nya ramai, ada anak2 yang sering dapat tugas untuk jadi polisi lalu lintas anak2 yang tentunya dipantau sama guru mereka. Layanan bus juga tersedia di kota ini, tapi jarang banget pastinya kelihatan karena hanya beroperasi di jam2 tertentu. Dan gua belum pernah nyoba juga.

Ada juga museum yang buka tiap hari, namanya Marlborough Museum, seringnya sepi, jadi ragu juga mau masuk. Hanya ada 1 rumah sakit gede di sini, namanya Wairau Hospital, tapi kalau klinik ada beberapa yang tersebar di seluruh Blenheim. Kalau cemetary di Eropa itu ada yang jadi tempat wisata, disini nggak tuh.. sepi dari orang2, mungkin tempatnya kurang ramah dan gak cocok buat piknik, hehe.. Letaknya persis diseberang Wairau Hospital, dan ini hanya 5 menit dari Pusat Kota. Di Blenheim itu juga terkenal salah satu kota yang banyak penduduk lanjut usia nya, jadi ada beberapa panti jompo besar dan mahal lho, mungkin namanya bukan panti karena semua yang tinggal di daerah ini, rata2 punya rumah sendiri,  isinya orang2 yang sudah tua dan tidak tinggal dengan anak2 mereka. Berada di dalam satu kompleks gitu. Nanti gua ceritain lebih detail di post lain nya. Dulu gua juga pernah nulis soal recycle center , yang bikin gua amazed. Nah kemarin itu kita sempat kasih sepeda ke recycle center ini, sepeda bekas yang kalau dijual harganya murah banget, jadi direlain kasih ke sini. Which is bisa diperbaiki dan dijual lagi oleh mereka dan biayanya bisa untuk biaya pengelolaan recycle center ini.

Untuk area hiburan nya sendiri selain ke bioskop, ada lapangan bowling indoor dan lapangan bowling yang tanah dan rumput. Belum pernah masuk juga, tapi seinget gua dulu diceritain, kalau yang lapangan nya tanah dan rumput, yang main biasanya yang sudah senior2, anak2 muda gak pernah malah kesana. Susah mainnya kata mereka. Ada juga skateboard park buat anak2 ABG. Khusus yang hobi mountain bike, ada track nya juga di Wither Hills Cycling area, disini gak hanya ada yang buat area sepeda, walking track nya juga gede banget, sayangnya salah satu bagian kecil walking track nya kemarin kebakar pas lagi panas2 nya, tempat nya mirip hutan nasional. Di area pintu masuk Wither Hills ini banyak domba berkeliaran, domba2 ini milik council yang di jaga oleh sekelompok orang2. jadi dibiarkan bebas berkeliaran di dalam area ini, which is area nya semua dipagarin, jadi domba nya gak bisa ketempat lain. Ada juga Blenheim Pony Club, khusus pecinta kuda poni, gua gak tahu kapan biasanya mereka latihan, tapi ada area khusus latih si kuda poni nya. Untuk yang elit, ada Marlborough Aero Club, kurang lebih tahu lah yah, mereka ini ngapain.. 🙂

IMG_7694

Blenheim Pony Club

IMG_7695

Area Latihan kuda Poni

IMG_7403

Wither Hills, di papan itu tertulis semua rute di dalam Wither Hills

IMG_7395

Dombaaaaaa

IMG_7401

Lagi Lagi dombaaaa

IMG_7398

IMG_8691

Marlborough Aero Club

IMG_8702

Ada mas2 ganteng lagi dorongin pesawatnya

IMG_8707

Take off ( latihan )

IMG_8708

IMG_4976

Kantong untuk Doggy kalo pop

IMG_8590

Salah satu supermarket di Blenheim

IMG_8909

Ada pom bensin nya

IMG_7908

Random river yang lagi kering saat musim panas

IMG_8741

Iseng nemu magnum rasa lain

IMG_8742

Yang ini enakk

IMG_8908

Gas nya mahal, makanya banyak pake listrik

 

Advertisements

11 thoughts on “Blenheim – South Island, New Zealand (Part 2)

        • Maksudnya pas lagi dicukur ya bulu si domba nya? Pernah nonton pertunjukan nya di salah satu kota wisata nya. Terus si bulu nya itu dibagi2 ke penonton, secuil2 aja, bau nya aneh, tapi katanya disuruh gosok2 ke telapak tangan, nanti tangan kita bisa jadi halus.. Dan acara cukur domba nya itu unik banget plus domba nya bisa pasrah gitu.. Hasil wol nya juga nyaman banget dipake, aku cuma punya sarung tangan dr bulu domba, lain nya ga punya, tapi jaket bulu domba mestinya nyaman banget..

          • Ada trick nya.. Domba itu sekalinya didudukin, atau terlentang gitu, dia pasrah ga bisa berdiri.. Lucu banget kan.. Kayak kalo kecoa terlentang yah tinggal tunggu mati aja deh kalo ga ada yg bantuin dia tengkurap lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s