Jajanan Vietnam (versi Inly)

Kadang2 sering banget ada yang ngomong ke gua, jalan2 tuh kok gak pernah di Indonesia, malah keluar negeri mulu? Jujur, bukan sok kaya atau gimana ya, tapi selagi masih mampu ( dalam artian tenaga, jasmani dan rohani ) , gua lebih milih ngunjungin negara lain dulu, Indonesia nya nanti aja, gak bakal kemana2 ini kan?

Kali ini gua pengen ceritain soal Ho Chi Minh, Vietnam. Vietnam ini kayak Indonesia juga, ada beberapa kota dari ujung yang dekat Kamboja sampai  ke ujung satunya lagi yang dekat sama China, bisa jalan darat semuanya, tapi yah jaohhhh.. Eh tapi kali ini bukan mau cerita tentang jalan2 nya, gua pengen cerita tentang makanan nya, hehe.. Makanan melulu perasaan.. Negara Vietnam ini duitnya lebih kecil dari rupiah..  Berasa tajir banget deh kalau pegang duitnya Vietnam, nama mata uang nya DONG, pecahan paling besar nya 500.000 DONG, itu 250.000 rupiah saja.. Aduh hilang selembar sih nyessss banget deh.. Udah duitnya gede banget, makanan nya murah2 pula, gimana gak berasa tajir banget kannn.. Ya kann??

Gua pertama kali ke Vietnam tahun 2012, tepatnya Ho Chi Minh, di tahun yang sama gua balik lagi ke Vietnam, ke kota Da Lat. Da Lat ini kayak puncak, dingin, dan penduduk nya selalu memakai jaket tebal setiap hari. Kota nya sendiri kota kecil, nanti gua bahas deh kapan2 soal kota Da Lat ini. Semua pada tahu kan kalo makanan terkenal dari Vietnam itu Pho? Pho ini aslinya isi daging sapi iris, bihun, bawang bombai mentah dan basil serta  tauge. Selain Pho, biasanya breakfastnya pake Banh Mi, ini kayak hot dog gitu, isinya bisa macam2 juga, daging, sayur, bawang bombay, cabe dll..

IMG_0261

Banh Mi seharga 20.000 Dong alias ceban saja

Selain itu ada beberapa macam makanan lagi, tapi karena dah lama, gua lupa namanya, inget nya  Kopi Vietnam doang hahaha..

IMG_0177

Goi Cuon, ini makan nya di cocol ke saus kacang dan tauco, and i hate yang batang nya, keras dan ga enak haha.. ini seporsi murah juga, biasanya buat starter

IMG_0178

Banh Beo, ini Steamed rice cake with shrimp flakes, suer ini enak banget, jadi makanan nya nempel di saucer nya, dan makannya pake di kerok gitu, 1 piring isi 6 saucer, dan gua masih pengen nambah haha..

IMG_1079

Banh Khot, ini mini pancake yang diatasnya udang atau sosis babi, bite size and yummy banget

IMG_0259

Nah gua lupa ini nama makanan nya apa.. tapi isi nya ketan warna warni, terus dipakein kelapa, tapi yummy banget, harganya 16.000 Dong alias 8.000 rupiah saja

IMG_1118

Ini kayak nasi campur, tapi lagi2 nasi nya nasi ketan, masih enak banget tapi gak halal, dan harganya hanya 20.000 Dong alias 10.000 saja

IMG_1082

Kolak nya Vietnam, rasanya sih standar, harganya 5.000 rupiah, dan kalau ini porsi nya kecil

IMG_1085

Kalau makan di pinggir jalan, semua kursi nya seperti itu, jadi kudu ditahan2in deh, perut kelipet gak enak banget hahaha.. ( maap si ncik kefoto )

IMG_0168

Ada durian juga, rasanya enak juga walaupun mungkin gak seenak durian bangkok, ini lupa berapa harga nya tapi murah juga

IMG_0239

Jadi ceritanya pas lagi ikut day tour, diakhir acara, disajikan ini, semeja ber-6 dan semua kudu kebagian nyobain 5 macam buah ini, yang berakhir dengan tebak2-an yang kiri bawah itu buah apa? Haha.. kebetulan gua ikut turnya yang bahasa inggris, jadi ada beberapa bule yang ikutan, dan gak ada yang bisa nebak buah itu.. Iya, benar yang mau ditebak si rambutan, haha.. Gua pun gak tahu nama inggrisnya rambutan apaan.. Hair Fruit?

Ciao, Inly

Advertisements

34 thoughts on “Jajanan Vietnam (versi Inly)

  1. Aku dulu ke Vietnam selama 5 hari. Pengeeen banget sebenarnya kulineran di Vietnam, tapi daripada mengandung resiko akhirnya cuma ngiler2 aja lihat orang2 dipinggir jalan duduk dikursi kecil dengan mangkok jumbo menyeruput Pho. Aku ga makan daging dan ayam juga soalnya. Trus kalo kami jalan2, kan banyak tuh yang jual semacam gorengan, tapi kalo di vietnam dibakar. Nah, banyaknya kan dari babi, makanya aromanya guriihh banget. Kata temanku “kan kalo makan haram, makanya puas2in nyium aromanya aja” haha. Dan satu lagi yg jadi perhatian kami, ceweknya modis2 banget. Kayak artis2 film korea dandanannya. Meskipun ngebut naik sepeda motor😅

    • Iya sih ya, banyak yg ga halal.. Baru sadar kalau kamu gak makan daging.. Mungkin krn di Vietnam, transportasi utama nya yah motor, btw pernah lihat pangkalan ojek isinya ibu2 pake baju yukensi lho LOL

    • Ikutan nimbrung ya.. waktu di vietnam stres buat nyari makanan halal ya dan bau gurih dimana2… jadi kalo mau kulineran agak bingung… Dan untuk cewek2nya, bener banget… naik motor aja cantik banget dandanannya dan terbuka… kalau di Indo, bisa langsung diikutin dan digodain mas2 tu.. hehe..

  2. Hi Inly, lamkenal..
    Udah kalo ada yg protes jalan2 ke luar negri mulu kepret aja. Bukan dia juga yg bayarin, hehe.
    Vietnam makanannya enak banget yaaa… Yang paling berkesan buat aku itu buncha, semacam vermicelli salad. Waktu itu random duduk di salah satu warung, taunya jualannya ini. Enak banget, saos asemnya seger banget buat hari yang teramat panas di Hanoi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s