Havelock – South Island, New Zealand (2C)

Siapa yang gak doyan Seafood? Atau mungkin gak doyannya karena alergi ya.. Gua salah satu penggemar berat Seafood ( kayaknya apa aja dimakan yakk hahaha ). Pas di New Zealand, Seafood yang paling sering gua makan, udah pasti ikan. Mungkin karena itu yang paling common atau yah banyak yang jual Fish and Chips. Selain ikan, yang sering gua makan adalah kerang hijau. Atau kalau di New Zealand, disebut Greenshell Mussel selanjutnya disebut Mussel.

Nah di New Zealand ni, ada 1 kota namanya Havelock, mengklaim dirinya sebagai Greenshell Mussel Capital of the World. Letaknya Havelock di South Island.

IMG_8768

Dari Blenheim ke Havelock, kira2 1/2 jam deh, jadi paling aman pas makan kesana yah waktu makan siang, kalau malam, rempong, lampu jalanan itu lho yang gak ada jadi rada2 ngeri. Sepanjang jalan sih, kiri kanan yah peternakan, pertama kali kesana, pas banget lagi hujan.

IMG_1207

Sepanjang jalan ke Havelock, nemu pagar ini panjang banget dan dibelakangnya itu seagull yang lagi nyari makan

IMG_1215

Sesampainya di Havelock, karena tujuan utamanya makan siang, berarti langsung nyamperin ke restoran, namanya Mussel Pot, menu utamanya tentu yah Mussel, tapi ada makanan lainnya seperti Spaghetti dll. Berhubung pas pertama kali pergi kesana lagi hujan, jadinya foto restorannya dari dalam mobil.

IMG_1200

Mussel Pot

Gua lupa fotoin menunya, tapi didalam bukunya ada info soal si Mussel ini. Salah satunya, diinfokan kalauΒ  kerang hijau yang dalamnya putih, itu kerang jantan, kalau dalamnya warna kuning / selain warna putih, itu betina. Baru tahu gua. Berhubung pengen banget pesan semuanya, akhirnya kita pesan menu platter for 2, dapet tuh semuanya. Termasuk menu pembukanya si mussel chowder, enak pake banget.

IMG_8772

IMG_1219

Mussel goreng, steam, keju, mentah

Lain hari pas kesana lagi, kebetulan nggak hujan, jadi bisa ngider2 sebentar di kota Havelock, nah berhubung tiap kota ada I-Site nya, kita mampir kesana deh, ternyata I-Sitenya hanya buka 9 bulan doang, yaitu selama musim semi, panas dan gugur. Setelah itu tutup. Didalam I-Sitenya, ada kayak mini museum tentang binatang New Zealand.

IMG_8775

Kota Havelock ini kecil banget, untuk jalan rayanya sendiri, 10 menit aja udah kelar ngider2, hehe.. Jumlah penduduknya pun dikit banget, gak nyampe 500 orang. Penghasilan terbesar kota ini dari ternak Mussel. Havelock punya 1 pelabuhan namanya Havelock Marina. Disini juga tempat para yacht bersandar, khusus untuk area Marlborough. Termasuk salah satu pintu masuk dan keluar untuk penduduk sekitar yang tinggal di pulau2 kecil lainnya disekitaran Pelorus Sound. Dan kalau mau ngider2 di Pelorus Sound, banyak banget ni water taxi disini. Kalau mau makan di restoran rada mewah juga ada, pemandangannya langsung ke Pelorus Sound, namanya Slip Inn.

IMG_8223

Walaupun kotanya kecil, tiap tahun, Havelock ngadain Havelock Mussel and Seafood Festival, yang diadakan sekitar pertengahan Maret. Tahun ini jatuh di tanggal 19 Maret 2016, dan gua lagi di Wellington, sayang banget.. Padahal penasaran serame apa, dan bisa makan Mussel sepuasnya karena ini ada entrance feenya.. #tetep

Ciao, Inly

Advertisements

17 thoughts on “Havelock – South Island, New Zealand (2C)

  1. Huaaa, jadi penasaran sama mussel-nya! πŸ˜€ Aku juga suka seafood, hahaha. Tapi mesti hati2 milihnya karena kalau dapat yang nggak fresh bisa alergi 😦

  2. Wah, baru tau kalo kerang hijau yang dalamnya putih, itu kerang jantan, kalau dalamnya warna kuning / selain warna putih, itu betina.

    oh ya, saya juga demen banget sama seafood In… waktu di Indo, syurganya lah dibanding di sini…

    • Iya, Nin, info2 kayak gitu kadang suka surprise yah.. kalo gak makan disitu, gak pernah tahu deh bedanya apa.. hehe.. iya, di Indo mana murah2 lagi kecuali kepiting, di NZ, kebetulan kan negaranya kecil dan dari ujung kiri ke ujung kanannya deket banget, jadi banyak banget seafood, yang belum pernah nyoba cuma udang, karena mahal. Tapi yang paling mahal itu crayfish, kayak lobster tapi ini gede banget, cuma berat di kulit, hehe..

  3. Aku salah fokus Ci, kenapa sepatunya digantung-gantung di pagar begitu ya Ci?
    Ada bedanya kah Ci, rasa kerang jantan dan betina?

    • dari segi rasa sih gak ada bedanya.. sama aja, tapi katanya kerang betina lebih besar ukurannya. Soal sepatu itu, gak tahu alasannya kenapa, cuma pernah denger, katanya memang ada yang sengaja, terus jadi pada ikut2an.. lucu2an aja, pagarnya panjang lho, cuma karena tidak boleh berhenti di jalan itu ( karena gak punya bahu jalan ) jadi gak bisa fotoin sepanjang apa..

    • Setujuu banget, dulu aku suka makan ke muara angke, padahal yah itu beli dipinggir jalan sepanjang ke area tempat makannya, masih aja lah nemu yang gak fresh.. padahal katanya itu lsg dari hasil melaut hari itu juga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s