Kaikoura – South Island, New Zealand (2E)

Kota Kaikoura ini terletak 180 km dari kota Christchurch, kotanya sendiri juga gak terlalu besar, berdasarkan sensus penduduk, hanya ada kurang lebih 2.000 orang yang tinggal disini. Nah kalau misalnya searching soal Kaikoura di internet, pasti nemu soal Whale Watching, Dolphin Watching dan Seal Colony. Yup, memang kalau mau lihat 3 macam binatang itu, disinilah tempatnya. Kaikoura sendiri terletak di sisi timur dari South Island, dan karena letaknya dipinggir laut, dan karena jalanannya adalah State Highway juga, sudah pasti kota ini selalu dilewatin oleh banyak truk dan campervan. Walaupun kalau ke town centrenya yah tetap beda dikit arahnya, pesisir pantainya lebih tenar. Untuk makanan utamanya adalah CRAYFISH, mirip Lobster tapi lebih gede lagi ukurannya. Harganya ? Tentulah mahal. 1 kilo Crayfish bisa 100 NZD, itupun berat dikulitnya. Dan gua gak pernah nyoba karena sayang duitnya, haha.. Kaikoura ini dalam bahasa Maori yang artinya Kai = Eat, Koura = Crayfish, jadilah arti dari Kaikoura sendiri, a place to eat crayfish.. πŸ™‚

Jadi gua selalu lewatin pesisir pantai ini setiap kali dari Christchurch ke Blenheim begitupun sebaliknya. Pemandangannya yah kayak pesisir pantai pada umumnya, cuma ini kalau lagi hoki banget bisa lihat dolphin dan seal yang tentunya tidak usah ikut tur dan bayar (tetap pelit). Turnya sendiri bisa naik boat / kapal ataupun naik helikopter. Terakhir lewatin sini, ketemulah rombongan dolphin tapi karena jauh banget, hanya bisa dilihat lewat teropong, mereka gak takut sama orang sih, malah kalau dilihat, mereka seringnya ikutin perahu nelayan, cuman memang lumba2 itu selalu rombongan berenangnya, jarang banget terlihat sendiri2. Lumayan banyak yang gua lihat. Kalau ikan paus belum pernah lihat, yang paling sering tentunya adalah seal atau anjing laut. Bahkan di Kaikoura ini ada tempat yang khusus lihat seal pups / bayi anjing laut. Ukurannya doang yang lebih kecil dari yang dewasa, tapi mereka ini berisik banget, hahaha… dan juga suka berombongan geraknya ke laut. Lucu deh.

IMG_5313

IMG_7271

IMG_7272

IMG_5316

Kaikoura juga dilewatin oleh “Coastal Pacific”, kereta api wisata yang berangkat tiap hari dari Christchurch ke Picton dan kembali ke Christchurch lagi di hari yang sama, berhenti di Kaikoura 2x sehari. Dan kereta api ini hanya ada di musim panas saja. Tapi kalau mau naik kereta ini, bisa dicek di websitenya karena kadang2 suka berubah jadwalnya, untuk yang 2015-2016 ( dari 27 September 2015 – 4 may 2016 )

IMG_1039IMG_1040

IMG_1041

Diatapnya juga terdapat kaca, jadi bisa menatap langit, tiket bolak balik 158 NZD

IMG_5299

Silau banget, sampai susah fotoin gunung saljunya

IMG_2464

IMG_1022

Bayi Anjing Laut

IMG_8156

IMG_2466

IMG_8166

IMG_8171

IMG_8157

Lagi tidur siang

IMG_8160

 

IMG_5302

IMG_5301

 

IMG_5303

Town Center

IMG_5306

Aslinya sih, itu gunung deket banget

IMG_2469

Dulu ada ini, tapi karena dilarang, akhirnya pagar ini dicabut

IMG_5297

Di town center, sudah pasti ada I-Site, ada bioskop juga, walaupun bioskop kecil saja, banyak restoran dan takeaway, disini ada 1 toko buku second hand, gua suka banget kesana, biar kata gak beli, tapi tempatnya asyik banget, sayang sama yang punya toko, gak boleh difoto, hehe.. Dan karena panas banget, biasanya selalu ngemil eskrim kalau berhenti di kota ini. Btw, coba lihat dibawah ini. Itu cewek bawa motor Harley, sepatunya canggih ya..

IMG_5310

Ciao, Inly

Advertisements

9 thoughts on “Kaikoura – South Island, New Zealand (2E)

  1. Itu pas di town centrenya kelihatan silau banget ya Ci. Tapi suasananya enak ya Ci.:)
    Itu yg Cici bilang gantungan bh ya.:))
    Tapi ga serame gantungan sepatu ya Ci.

    • Iya dingin2 panas gitu haha #gimanasih. Iya Wulan, pas keduakali pergi, udah lebih banyak, tapi gak sempat kefoto, kemarin pergi lagi, malah dah gak ada pagarnya, haha..

  2. Ya ampun ada gunung saljunya?? Warbiyasak New Zealand ini yo! Gara2 postingan yg ini aku jd pengen one day ke NZ, hihi. Dulu terlalu medhit, jadinya dr Sydney paling jauh cm ke Melbourne. Ngga ke NZ deh.

  3. Pingback: Gempa di New Zealand | Life is a Rollercoaster

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s