Nelson City – South Island, New Zealand (2A)

Julukan kota tercerah di seluruh New Zealand, jatuh pada kota Nelson city, dan kota ini juga disebut sebagai Center of New Zealand, yah pokoknya kalau ditarik garis lurus gitu, si Nelson city ini yah di tengah2nya New Zealand, begitu info yang gua denger. Nelson city juga kota tertua di bagian selatan New Zealand. Nah selain Nelson city, ada juga Nelson region yang melingkupi kota Richmond, Mapua, Motueka ( kota apel, tobacco dan hops = ini tanaman beer ) Abel Tasman, Golden Bay, St. Arnaud dan Murchinson. Tapi gua mau cerita soal Nelson city aja. Nelson city ini termasuk kota gede juga karena jumlah penduduknya hampir 40.000 orang, punya jalan utama yang lumayan panjang, walaupun sempit alias cuma bisa 2 mobil yang lewat bersamaan, ada bioskop yang filmnya update juga, punya airport yang lumayan gede, pesawat yang mendarat pun bisa pesawat jet alias gak hanya pesawat baling2 aja. Kalau ngefans sama Lord of The Rings, nah cincinnya itu dibikin di Nelson city. Kerennya lagi seluruh Nelson city ini dilengkapi bike track mengelilingi Nelson city, sepanjang 175 km. Oiya, disebut sebagai the sunniest city, karena dalam setahun, cerahnya sekitar 2.500 jam, dan suhu tertinggi yang pernah tercatat di Nelson city itu 36 derajat.

250px-Geographical_centre_nelson

Tugu itulah yang disebut “Center of New Zealand” ( image from wikipedia )

IMG_1883

IMG_1882

IMG_1948

Cathedral nya Nelson

IMG_8212

Diarea Top of South Island, selain Christchurch, hanya Nelson yang ada gerai Starbucksnya

Area wisata di Nelson city ini, salah satunya Tahunanui Beach, pantainya bersih dari sampah dan sepi kalau sudah dipasir2 situ, lebih banyak yang duduk-duduk sambil piknik, duduknya di bangku2 taman yang sudah disediakan sama pemerintah, nah kalau sudah duduk2 makan gitu, pasti deh bakal dikerumunin sama seagull ( burung camar )

IMG_1915

IMG_1917

IMG_1914

IMG_1918

IMG_2058

Pagi saat surut dan sore saat pasang

IMG_1944

Di Nelson city juga ada museumnya, namanya Nelson Provincial Museum, isinya cerita soal Nelson city jaman dulu. Museumnya deket sama gereja Cathedral, di area sekitaran sini, ada free wifi tapi hanya 50 MB perhari, hehe.. Oiya, nama jalan utamanya Trafalgar Street, jadi inget Trafalgar Square. Dan bisa banget ngiderin town centernya dengan jalan kaki saja.

Ciao, Inly

PS: cerita kota sekitar Nelson city menyusul, semoga gak bosen ya 🙂

 

Advertisements

20 thoughts on “Nelson City – South Island, New Zealand (2A)

  1. Di sana kaya nya adem, dan tenang banget ya In…
    kota dengan 40.000 penduduk juga udah dihitung lumayan besar. jadi pengen pindah ke New Zealand…. ketrima nggak ya…

      • benar juga ya, kebayang saya nya… penghuni nya banyak binatang juga.. haha… lihat foto-foto sejauh ini, rasanya tenang banget lihat sepi gitu, nggak pusing lihat kendaraan bertumpuk dan orang-orang yang hilir mudik…
        kira-kira kita berdua dapat kerja nggak ya kalo pindah… haha.

        • Nah, kalau itu bingung jawabnya, tergantung kali yah kerjanya apa dulu.. hehe.. setahu aku, kalau dah seumuran aku rada susah, karena menurut pemerintah NZ, mereka mendahulukan penduduknya terlebih dahulu dibanding non penduduk, kecuali punya keahlian khusus yang memang tidak bisa dikerjakan oleh penduduk NZ. Aku sendiri sebenarnya banyak banget ide di kepala, tapi yah belum nemu jalannya. Cuma kalau tinggal disana dan gak kerja, susah juga..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s