Twizel – South Island, New Zealand (1D)

Pemberhentian berikutnya adalah di kota Twizel, dari Haast sebenarnya hanya 3,5 jam ke Twizel, tapi seperti biasa, mampir2 juga. Yang pasti waktu itu dari Haast lewatin Haast Pass, mampir ngopi di Makarora sekaligus ngirim postcard buat diri sendiri, hehe.. Haast Pass ini lumayan tenar, jadi ini adalah salah satu jalan yang membelah Southern Alps di Pulau Selatan.

IMG_8599

IMG_8600

IMG_8602

IMG_8632

Mount Victor dan yang lebih jauh adalah Mount Aspiring

Dari Makarora, terus lewatin Lake Wanaka dan Lake Hawea, sempat lewat juga ke Wanaka tapi gak mampir, jalan terus ke Lindis Pass, gua sendiri lebih milih foto2 aja daripada mampir ke kota2 lagi. Secara semua tempatnya minta di foto bangett.. Sayangnya karena gak ada bahu jalan, kadang susah buat berhenti, lebih ke masalah bahaya berhenti sembarangan.

IMG_8678

Lake Wanaka

IMG_8687

View ke Mount Aspiring

IMG_8691

Lake Hawea

IMG_8714

Setelah lewatin Wanaka, lanjut ke daerah namanya Lindis Valley, nah ujungnya si Lindis Valley ini adalah Lindis Pass,  sama kayak Haast Pass, ini juga disekitarannya yah bukit2 juga, dan karena masih musim dingin, adalah saljunya, hihi.. Nah disini gua ngalamin cuacanya yang perubahannya cepat banget, di Wanaka tuh masih terang benderang panas gitu, di Lindis Pass, langsung mataharinya hilang.

IMG_8717

IMG_8739

Masuk ke Lindis Pass, langsung cuacanya berubah, apa mungkin karena ada salju?

IMG_8757

Ini pas keluar dari Lindis Pass, cerah lagi haha..

Kita tiba di Twizel sekitar jam 1.30 siang. Rencananya mau langsung cek-in tapi habis itu udah males lagi deh pasti kalau mau keluar, jadinya habis isi bensin, kita ngider2 di kotanya. Kayak yang kemarin2 juga, ini juga kota kecil, supermarketnya cuman 1 biji doang. Itupun isinya gak banyak, model kayak Alfamart gitu kalau di Jakarta.  Twizel ini lebih sedih dari Haast, hihi… Haast aja sudah gak ada apa2 ini lebih2 lagi.. Sebenarnya disekitarnya Twizel ini banyak banget tempat wisatanya, cuma yah itu, kalau dah lanjut ke tempat wisatanya, kaga balik lagi ke Twizel, searah jalan nanti ke Canterburry Region yang ada kota Christchurchnya. Nah mau ke Mount Cook juga dari Twizel itu kira-kira 1 jam, karena pengen rada lama disana, alhasil besoknya baru ke Mount Cook. Kota Twizel ini baru ada pada tahun 1968, sebelum itu, tidak ada yang namanya kota Twizel, dulunya di area ini, adalah tempat pembangunan dam, pembangkit listrik dan kanal. Karena banyak yang kerja dan butuh sandang pangan dan papan, akhirnya terbentuklah kota Twizel, pada tahun 1970-an jumlah penduduknya sekitar 6.000 orang, tapi saat ini, penduduknya hanya 1.210 orang tapi pas musim panas, bisa rame banget sama turis. Saat ini, Twizel lebih terkenal sebagai kota turis ( biar kata sepi yaaa ) dan jadi salah satu bagian dari Aoraki Mackenzie International Dark-Sky Reserve. Dark Sky Reserve itu adalah suatu area yang di kelilingi oleh Taman / hutan dan Observatorium, dan daerah tersebut dinyatakan bebas dari polusi, sehingga bisa dengan gampang melihat benda2 dilangit pada malam hari. Contohnya Milky Way.

Berhubung ngider2 di Twizel dan kota kecil aja, akhirnya kita mampir ke peternakan salmon, katanya sihhhh di New Zealand kan dingin, jadi ikan salmonnya enak banget. Yah mari kita coba.. Pas nyampe ternyata rame banget di peternakannya. Jadi ada 1 kolam yang bisa kasih makan ikan salmonnya, dan kita tinggal bayar 1 NZD buat beli pakannya. Sayang banget, ternyata turis2 yang kasih makan kadang suka brutal, plastik isi pakan pun bisa dibuang kedalam kolam ikannya, duhhhh.. Berhubung rame, akhirnya beli 1 pax salmon sashimi aja buat takeaway.

Ada cerita lucu, jadi sebelum nyampe Twizel dan sesudah lewatin Lindis Pass, ceritanya kebelet pipis, nyari toilet umum, pas ketemunya di kota namanya Omarama. Baru aja antri toilet, tiba-tiba ada serombongan turis dari China juga mau ke toilet, dan semuanya dadakan ikut antri tapi dari samping, bukan dari belakang. Haha.. Mendadak migrain lihat mereka.. Yang ada kebeletnya hilang deh. Kita mundur dari toilet, gak jadi pipis. Dan ketemu lagi sama rombongan ini di tempat peternakan Salmon, ckckck.. dan dengan berisiknya menguasai si kolam ikan, plus pake foto2 yang teriak2 gitu, dohhhh.. malu guaa, turis2 lain pada ngelihatin aja gitu.. Buru2 cabut setelah kelar beli takeaway.

IMG_8779

Air di Twizel semuanya warna hijau tosca gitu.. lucu yaahh.. Tapi kalau buat minum, yah ga ada warnanya

rsz_img_8802

rsz_img_8809

IMG_8819

Di Twizel juga ada napak tilas Lord of The Rings

IMG_8814

Kalau ada yang mau donasi

Ciao, Inly

PS: Gua rada bingung masukkin fotonya, kalau satu persatu, jadi bakal boring banget, isinya foto semua, hehe.. jadi harap maklum kalau ada foto yang gede, terus foto kecil terus gede lagi..

Advertisements

10 thoughts on “Twizel – South Island, New Zealand (1D)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s