Taupo dan sekitarnya (3C)

Setelah lewatin desert road, dikit lagi sudah nyampe kota Taupo, disini ada Lake Taupo, danau terbesar di New Zealand. Untuk kotanya sendiri, walaupun lumayan luas tapi penduduknya hanya 23.700 orang saja. Kebanyakan tinggal di kota. Untuk downtown citynya ada di lake front area, jadi banyak toko2, restoran2, cafe2 dan pub yang menghadap ke danau Taupo.  Pas nyampe sudah sekitar jam 3 sore, kebetulan hotel tempat gua nginep, ada jacuzzi pool yang bisa dibooking dan gratis. Dan karena bisa masak dikamar, alhasil, habis check-in, langsung cabut jalan2 bentar terus ke supermarket beli bahan makanan.

IMG_4501

Viewnya Mount Ruapehu

IMG_4510

IMG_4500

IMG_4516

Kembung yahh kalau minumannya segede gitu

Besoknya, berhubung mau ke Aratiatia Dam, jadi bangun pagi, beberes dan langsung check out. Tiap jam 10,12,14,16, damnya kebuka terus airnya mengalir ke Aratiatia Rapids. Di Aratitia Rapids ini juga ada yang sewa kapal buat nontonin airnya pas masuk ke Rapidsnya. Intinya sih air mengalir ini juga jadi tontonan buat turis, hehe.. Yah udah, karena gratis, yah nonton aja.. Haha.. Ada 2 tempat buat nonton, pastinya lebih tinggi. lebih bagus, tapi karena nyampenya waktu mepet, akhirnya ke yang lebih rendah aja.

IMG_4522

Airnya ngucur dari sebelah kiri atas

IMG_4523

IMG_4530

IMG_4532

IMG_4535

Nah ini airnya nembus ke Huka Falls. Jadi selain lihat Aratiatia Dam ini, sekalian ada air terjunnya juga. Gua inget banget waktu itu, pas kita dah mau cabut, datanglah segerombolan turis dari China. Gak hanya kita, banyak lho turis lain melipir, cabut juga dari sana.. haha..

IMG_4556

IMG_4542

Huka Falls

IMG_4553

Selain itu, kita juga ke salah satu tempat rekreasi di Taupo, namanya Craters of the Moon, ini semacam kawah alami yang terbentuk dari alam. Fee masuknya cuma 8 NZD, tapi sebenarnya tempat ini dikelola oleh salah satu badan amal. Nah yang kerja semuanya volunteer lho, keren banget.  Yang pasti kalau kesini, ikutin peraturan yang tertera, jangan terlalu lincah, kalau kenapa2, resiko ditanggung sendiri. Tidak boleh naik sepeda, tidak boleh bawa anjing, anak2 harus diawasin.. Biasa kan suka pecicilan, hehe..

IMG_4559

craters image gallery_15-crop-u2575

IMG_4562

Jalannya kudu di pathway yang tersedia

IMG_4567

Mendidih euy

IMG_4569

IMG_4573

IMG_4576

Dijamin mateng kalau jatuh

IMG_4574

Ciao, Inly

Advertisements

3 thoughts on “Taupo dan sekitarnya (3C)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s