Makan Onde di 21 Desember 2016

Hari makan onde, atau yang disebut Dong Zhi Festival atau Winter Solstice Festival dirayakan disaat siang hari terpendek di belahan bumi utara.

Gak berasa udah setahun yang lalu makan onde, besok saatnya makan onde lagi.. Tahun ini jatuh di tanggal 21 Desember, yang biasanya di tanggal 22 Desember. Tradisi makan onde ini, memang tradisi dari negeri Tiongkok, dimana makna makan onde ini adalah kebersamaan, keterikatan dan keeratan. Onde disuguhi dengan air gula itu memberikan simbol hubungan erat keluarga yang manis. Tahun ini jatuh di tanggal 21 Desember karena tanggalan Chinesenya harus di tanggal 23 bulan 11, kalender China ( maksudnya hari makan ondenya )

Katanya sih kalau makan onde di tanggal makan ondenya sendiri, harus sesuai dengan jumlah umur kita yang sekarang ditambah 1 butir lagi, yang mana biasanya gua lakukan pada saat makan pertama kali, nah kalau nambah porsi kedua sih dah bebas dah ya, haha.. Biasanya dimakan dengan air gula atau air jahe. Bentuk asli ondenya sih bulat, tapi pada kenyataannya, di negeri Tiongkoknya sendiri, modelnya bisa aneh2.

Katanya lagi, kalau besok hujan, artinya pas hari Imlek, tidak hujan. Benar tidaknya nanti dibuktikan sendiri ya.

Gua sering banget bikin onde buat klien2 gua pas lagi wedding. Kali ada yang butuh resepnya ya, haha.. Cuma karena belum pernah nulis resep, mohon maaf kalau bahasanya aneh ya, hihi..

  1. 500 gr tepung ketan
  2. 250 ml air matang
  3. 700 ml air
  4. 500 ml air matang
  5. 400 ml air matang
  6. pewarna makanan ( bisa merah, hijau, kuning )
  7. daun pandan secukupnya
  8. gula pasir secukupnya

Campurkan 500 gr tepung ketan dan 250 ml air, diaduk hingga rata ( atau bisa tambahkan air lagi jika ingin ondenya tidak terlalu keras ) dan diamkan selama 30 menit. Kemudian adonan dipulung satu persatu, hingga bentuknya bulat kecil-kecil. Didihkan 700 ml air, dan masukkan ondenya hingga mendidih kembali dan onde timbul dipermukaan. Tiriskan onde, taruh di air matang ( 500 ml )

Didihkan 400 ml air matang, masukkan gula secukupnya hingga manis, tergantung mau seberapa manisnya, setelah mendidih, masukkan daun pandan untuk menambah rasa wanginya. Kemudian ambil mangkok untuk taruh onde 10 butir dan air gula. Onde siap dimakan.

INGAT : ONDE TIDAK SAMA DENGAN ONDE ONDE

Ciao, Inly

rsz_img_6346

Advertisements

16 thoughts on “Makan Onde di 21 Desember 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s