Random Things when in NZ (part 5)

Hayoooo.. 3 hari lagi sudah 2017.. Tiap hari menghitung hari, ntah juga lah buat apa.. haha..

Eh cerita soal random things lagi di New Zealand yuk.. Moga2 gak bosen yakk..

rsz_img_8908

Kalau di Jakarta, kebanyakan kalau masak pakai gas 12 kilo kan ya, yang dirumah tentunya, bukan restoran ( sejauh yang gua tahu disekitar gua sih gitu hehe ). Kalau di New Zealand, kebanyakan pakai kompor listrik ( lagi2 yang gua tahu disekitar gua juga selama disana ), kecuali lagi barbecue-an, baru pake kompor gas. Tabungnya kalau gak salah cuma ada 2 ukuran, 9 kilo ( harganya sesuai dengan gambar diatas ) atau 12 kilo. Kalau sebulan sekali acara barbecuenya, tabung 9 kilo ini bisa tahan sampe 1 tahun.. Tapi tentunya tergantung sama pemakaian masing2 yah.. Kalau sekali pakai dan manggang banyak daging yah mungkin less than 1 year habisnya.

rsz_img_1788

rsz_img_1789

Kalau yang ini, biasanya tersedia di taman-taman, jadi kalau misalnya serombongan keluarga mau piknik di taman, gak mungkin kan bawa alat pemanggangnya, rempong pastinya. Jadi pemerintah menyediakan Free Barbecue Station ataupun ada yang berbayar 2 dolar untuk 20 menit, jadi pemakaiannya tergantung dari kitanya sendiri. Yang pasti habis pakai, harus dibersihkan oleh kita sendiri, bagusnya lagi penduduk di New Zealand, tingkat kesadarannya cukup tinggi jadi pada bersihin sendiri, diluar itu, tetap ada semacam penjaga taman yang biasanya suka ngider-ngider dan mantau, mungkin pada takut atau sungkan kali lah.

rsz_img_1459

Koin Laundromat

Nah beberapa kali pas road trip, sering pakai laundromat buat nyuci baju sekaligus ngeringin baju. Biasanya menggunakan koin ( harganya beda beda ), ada yang bisa pake koin 2 NZD, atau ada beberapa juga yang pake koin dari si pemiliknya, tujuannya biar gak dipake semena-mena sama penghuni motel. Katanya sih pernah ada beberapa yang iseng, koin dolarnya diiket benang terus dicemplungin, mesin cucinya sudah jalan ditarik lagi koinnya, hehehe.. Jadi inget jaman dulu pas masih ada telepon umum yang pake koin.. πŸ˜›

Laundromat itu juga ada berbagai model kan, ada yang buka atas, atau buka depan, ada yang mesin cuci sekaligus pengering, ada yang terpisah. Nah kalau yang terpisah, yang bayar hanya yang buat nyuci baju, pengeringnya sih gratis. Cuma ada beberapa tempat yang deterjennya juga bayar, berhubung guanya pelit yahh, jadi suka bawa deh dari rumah, haha.. Kiasu banget deh.. Habisnya yah mahal banget, 1 sendok 2 dolar. Haha..

rsz_img_2278

Pernah lihat posisi mobil kayak gini di Jakarta? Gua sendiri belum pernah, jadi selama di New Zealand, sempat nemu beberapa kali, posisi kayak gini, sama2 lampu hijau, tapi gua mau belok kanan, dan mobil didepan gua juga mau belok kanan ( posisi dia yah ), taat peraturan banget sesuai dengan lampu lalu lintasnya. Kalau di Jakarta, kayaknya dah serobotan banget deh lewatnya. Semua pengen duluan. Aslinya gambar diatas, mobil depan itu berhentinya dekat banget sama mobil kita.. Haha.. Oiya, sempat beberapa kali juga nemu mobil yang setirnya di kiri ( US style ) dan orang yang nyetirnya jago banget, tetap di lajur sesuai dengan lalu lintasnya New Zealand.

rsz_img_2229

Tanpa sengaja, pada saat kita check in di salah satu motel di Hanmer Springs, ada pemberitahuan kalau tiap Selasa itu diadakan latihan evakuasi jam 19.00. Nah kebetulan hari itu, kita ngadem di Hot Poolsnya. Beneran aja, jam 6 sore, beberapa lifeguardnya datangin tiap pools dan menginfokan kalau jam 7.00 malam nanti ada latihan evakuasi. Yah kita penasaran dong kayak apa.. Pada prakteknya, karena sudah pada tahu hanya latihan, yah jalannya pada pelan2, santai2, pakai ngobrol2 😦 Kita semua dikumpulin di 1 pool dan diberikan arahan harus kemana setelah itu, konyolnya lagi pada saat bersamaan, ada segerombolan turis Tiongkok ( ibu ibu ) dan gak bisa berbahasa Inggris. Chaos deh jadinya karena mereka plengak plengok, gak ngerti disuruh ngapain. Hedehhh…

Kejadian random lainnya, ada orang yang mau potong rambut, tapi minta bayar separuh harga aja. Jadi di kota tempat gua tinggal di New Zealand ( kota Blenheim ), pas lagi nemenin si pacar potong rambut, servisnya itu potong rambut, rapiin kumis, jenggot dan jambang ( kalau ada ). Sekali datang itu kena 18 dolar. Tiba-tiba ada yang masuk ke barbershopnya, dia mau potong rambut, tapi duitnya cuma 10 dolar. Ditolaklah sama yang punya barbershop, terus orangnya keukeh, gimana kalau dia yang guntingin rambut tamu berikutnya, biar dia cuma bayar 10 dolar aja. Ternyata dia ini turis dari Perancis dan dinegaranya, doi adalah tukang cukur, cuman dia gak bisa cukur rambutnya sendiri, butuh bantuan orang lain. Habis ditolak, dengan pedenya, dia tanya ke pemilik barbershop, dimana yah ada tempat potong rambut yang hanya 10 dolar? Hahaha.. sukses diusir.

Ciao, Inly

Advertisements

19 thoughts on “Random Things when in NZ (part 5)

  1. Hahaha kok bs ya koin yg buat mesin laundry nya ditarik lagi… Ada ada aja…

    Kalo di kompleks apt kita buat public laundry nya pake kartu… Jd gak bs ditarik lagi dah koin nya haha

    • Haha.. ntahlah, gua kira yang iseng gitu cuma di indonesia aja, gak tahunya di NZ ada juga.. Kalau coinnya dimasukkin dr atas lempeng kebawah, gampang buat ditarik lagi kalau ada talinya haha.. πŸ˜€

  2. Hahaha, iya ya In, jadi ingat jaman waktu masih pakai telepon koin. Ice cream IKEA kan pakai koin juga tu, pas baru buka disini ada teman yang iseng bilang kepingin ikatin benang di koinnya juga jadi bisa makan eskrim tanpa harus bayar lagi. LOL.
    Enak yah govtnya nyediain free station buat bbq gitu.

  3. Bah..aku pengen liat penampakan yang minta pangkas dengan modal 10 dollar itulah πŸ˜€ wkwwkk

    Gimana lagi kalau dia kesini..pangkas biasa model ala2 itu bisa kena 700 ribu…:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s