Masak apa?

Boleh dibilang gua ini salah satu cewek yang gak bisa masak. Eh ini maksudnya masak yang bener2 masak, bukan masak indomie atau masak air, itu sih lewatttt, gampang mahhh.. Hahaha.. Jadi inget cerita nyokap jaman dulu, katanya anak cewek itu kudu bisa potong ikan dan bersihin ikan, kalau kaga, gak bisa nikah, bisa2 dipulangkan oleh ibu mertua kalau ketahuan gak bisa potong ikan.. ngeri yaa.. hahaha.. Dan gua sampe saat ini gak ngerti tuh cara bersihin dan potong ikan.. LOL

Jadi ceritanya, selama di New Zealand, pengen nyoba masak, apalagi tiap hari tongkrongin IG nya masak2. Nah masalahnya kadang tuh bahan yang diperlukan tidak selalu bisa dipake buat masak makanan lainnya, jadinya nyari bahannya terpaksa yang aman2 aja. Yang belum berhasil sampe saat ini, masak nasi gak pake rice cooker, yang ada jadi bubur mulu, haha..

Kemarin itu karena sudah mau Imlek, lihat nastar, ngiler berat dong, lah disini mau beli dimana, gua kasih tahu pineapple cookies aja, pada gak tahu modelnya kayak apa, hehe.. alhasil tanya mbah Google, gua bikin sendiri, termasuk bikin isiannya, kupas nenas sendiri dan dimasak. Nyokap gua dulu pernah jualan nastar, tapi gua seringnya kebagian pulungin nenasnya atau adonannya. Jadi gua cuma punya bayangan kurang lebih bikinnya gini tapi gak pernah bikin sendiri. Nyontek resep di mbah Google, jadi juga tuh nastar, walaupun kulitnya keras jadi kayak cookies beneran, haha tapi karena pada belum pernah makan, dibilang enak2 aja tuh, hihi.. Percobaan kedua, gagal pisan. Setelah itu, gua coba bikin Oatmeal cookies, gagal maning juga, hahaha.. Ya udahlah, malas bikin cookies lagi.. Setelah itu nyoba bikin kue berries, berhasil cuma bantet, rasanya sih ok buat gua. Kuenya harus dimasukkin kulkas jadi pas makan, dingin2 gitu.

Percobaan berikutnya masak Fettucini Spinach Shrimp and Bacon, boleh nyontek di IG juga. Hasilnya lumayan lah. Setelah itu, karena pengen makan mie, alhasil bikin mie goreng ala2 deh, dipakein pork belly. Terus bikin salad ala2 gitu lahh.. Banyakan bahannya mentah, dan gua yakin banget, orang rumah di Jakarta pasti gak doyan, haha.. Yang paling sukses gua bikin adalah cookies yangΒ namanya Melting Moment. Jangan tanya gua kenapa namanya Melting Moment, mungkin karena kalau dimakan bisa bikin melting #ngarangbanget.

img_0536

Melting Moment Cookies

img_0537

Yang ini, sudah ada fillingnya, butter cream icing

img_0538

Minta dijilat banget kan ya? haha.. ini waktu mixing icingnya

img_0565

Mie Goreng ala2, dengan pork belly dan kulit wonton

img_0549

Salad ( lettuce, tomato, red capsicum, cucumber, spring onion and cheese )

img_0541

Lettuce, Red Capsicum, Spring Onion, Tomato, Mushroom, Cheese and Boiled Eggs

img_0550

Energy Bowl ala2 ( Yoghurt Berries, Strawberry, Apricot, Orange, Kiwi, Cherry )

img_0703

Blackberry dari tetangga depan rumah

img_0705

Plumnya boleh ngambil di taman, bebas, terserah mau ambil berapa banyak

Urusan masak memasak sih masih cetek banget deh guanya, apalagi pakai peralatan dapur, secara yang gua tahu cuma kuali,Β sutil sama panci. Seumur2 gak pernah punya microwave dan oven yang pake listrik. Tahunya cuma oven pakai gas. Alhasil selain belajar masak juga belajar pakai alat2 eletroniknya. Gua sih demen lihat resep2 makanan kalau ke Gramedia, sayangnya kalau disuruh praktek, lebih banyak malesnya. Haha..

PS: si pacar ternyata koleksi peralatan dapurnya lumayan komplit, yang gak ada cuma rice cooker, LOL

Ciao, Inly

Advertisements

60 thoughts on “Masak apa?

  1. yang jadi pertanyaan adalah, apakah si pacar doyang dengan hasil masakan mbak Inly? : )
    Btw aku malah tipe orang yang males banget kalau masak harus plek njiplek sama resep, seringnya sih berkreasi sendiri dengan bahan yang ada serta bumbu, yah kadang-kadang rasanya aneh juga sih. Tapi kalau bikin roti2an…nyerahhhhh

  2. Ly…Masak itu kan art, jadi nggak ada yg salah… kalau rasanya itu kan subjective πŸ˜‰ aku kalau masak juga asal-asalan πŸ™„

  3. Aku juga dulu males banget masak. Tapi semenjak punya dapur sendiri malah menggila. Menurutku masak masakan Indonesia cenderung gampang kalo ngejar rasa, bisa dikira-kira. Pokoknya banyakkin aja bawang, merica dan segala macemnya, pasti enak deh. Giliran bikin cake sama cookies ampun deh, soalnya takarannya harus pas, panas oven dan lama manggang juga ngaruh. Ga bisa dikoreksi di tengah-tengah lagi.

  4. Aku males banget masak. Bisa sih bikin makanan buat diri sendiri krn nggak peduli rasa dan bentuk, tapi males klo harus bikin buat orang lain. Untungnya Bartosz suka masak dan bereksperiment, jadilah dia yang tugasnya di dapur, aku jemuran πŸ˜‚

  5. Potong dan bersihkan ikan sih minta di tukang ikannya yg kerjain In hehe, jadi pas nyampe rumah tinggal cuci aja πŸ˜€ mamaku begitu klo beli banyak ikan loh.

    Btw In disebelah kanan blogmu ada IG gambar2nya bikin mupeng bunga2nya, ceritain di blog dongg soalnya aku ga punya IG hehe πŸ˜€ .

    • Hahaha.. iya jaman sekarang sih udah gampang banget.. tapi aku masih ngerasain tuh jaman tinggal 1 rumah rame2 sama om tante and opa oma.. cewek kudu bisa masak huhuhu..

      Sepp nanti balik jakarta, aku tulis di blog ya.. suka fotoin bunga juga soalnya, cuma yah gak tahu namanya.. haha..

  6. OOT: Aku punya 2 rice cooker, kamu mau beli satu?πŸ˜€
    Urusan masak, aku malah kebalikan.. Aku bisa masak, mulai dari bikin rendang sampe pizza yg bikin sendiri rotinya. Yang terbaru: bikin kornet sendiri kayak yg aku post di IG itu. Tapi dari zaman kapan pun gak pernah suka kegiatan memasak. Dulu nyokap mewajibkan semua anaknya termasuk yg cowok, utk belajar masak, terutama masakan rumahan. Jadinya ya bisa masak. Suami juga tau aku gak suka masak, tapi yg sehari-hari masak di rumah ya tetep diriku, karena katanya, masakanku entah itu yg Indonesia atau non Indonesia lebih enak daripada masakan dia..(alasanπŸ˜„)

    • Haha.. Em, tadinya mau dibeliin, terus yah nganggur juga kalau jarang makan nasi, plus akunya juga gak disitu terus, sebenarnya ada dandang yang khusus masak nasi, tapi akunya gak ngerti pakenya, ga ada penjelasan karena kotaknya dah dibuang hahaha..

      Alasan banget yah papanya Bear.. haha..

  7. Aku masak karena terpaksa… dulu pas tinggal sama ortu mana pernah ke dapur? Cuman kalau cari makanan doang… pas ngekos di Jakarta pun gitu, beli beli terus. Setelah pindah kemari baru bisa masak, dan rasanya lumayan lah πŸ˜›

    • Iya, dirumah juga jarang masak, untungnya makan gak pilih2, yah masak apa makan apa deh.. Bener Va, rata2 yang tinggal di luar negeri atau jauh dari orangtua, pada akhirnya belajar masak yah sepertinya.. Hehe

  8. Aku dan adik2 diajarin masak sejak SD Inly haha. Jadi kami bertiga jago masak nasi pakai dandang sejak kelas 4 SD, termasuk adikku yang cowok. Awalnya karena Ibuku sebelum menikah kan ga bisa masak, jadinya Ibu pengen anak2nya punya keterampilan masak sedini mungkin karena Ibu Bapak ingin anaknya secepat mungkin lepas tinggal sendiri. Jadi nanti begitu lepas, masak bisa jadi alat untuk survive meskipun warung ada di mana2 ya. Ditambah lagi, Bapakku juga jago masak karena mbahku ngajarin semua anaknya harus bisa ngerjain segala pekerjaan RT, tidak terkecuali yg laki2. Nah, untuk urusan bersihin ikan aku geli haha. Jadi selama bisa dibersihin tukang jualan ikan, mending aku minta dibersihin. Kalau ga ada, baru deh bersihin sendiri, tapi pakai sarung tangan πŸ˜†

    • Wowww.. mantap banget Den.. salut buat Ibu dan Bapak kamu.. Mestinya sih aku gitu juga ya, tapi nyatanya terlalu dimanja sama kakek nenek, dipukul mamaku dikit aja, nenek aku dah ngoceh2, haha..
      Aku pun tak berani suruh bersihin ikan, kayaknya mending gak usah makan #lahhh hahaha

  9. Jadi ingat tempo hari pulang ke rumah wa diomelin si mama gara-gara masak nasi pakai rice cooker. Mama punya rice cooker tapi jarang dipakai jadi masih mulus kinclong banget soalnya mama lebih sering pakai dandang gitu deh, which I dislike karena ribet hahaha.. Aduh itu plum sama blackberrynya menggiurkan banget (kekep dompet haha).

    • Wkwkwkwk.. susah cari pork belly yang kayak di jakarta, jadinya kudu muter akal kalau pengen yg mirip, ga terlalu mirip juga sebenarnya. Daripada porkchop di grilled terus dipotong2. lebih gak cocok ya.. haha

      OOT, biasa makan mie babi dimana?

      • Hahahaha mie babi mah aku biasa bikin aja πŸ™‚ pk resep mie ayam tapi ayamnya diganti babi kecap huaaaa *ngilersendiri* cobain deh enaaak.. Selama punya kecap manis kayaknya bisa deh..

  10. Lol ngga ada rice cooker.. besok2 bawa aja dari Indo yg kecil hehehe… btw aku mau banget cookiesnya apalagi yg pake icing butter melt.. OMG keliatan enak yah *maklum sweet tooth* hehehe

    • wahhhh sama dong.. aku pecinta yang manis2 juga.. haha..
      Kemarin itu mau bawa, tapi ribet mikir colokannya beda kan.. jadi gak bawa, nti mau beli aja kalau ada diskon haha

  11. Mertua zaman baheula itu yang suka nyicipin masakan mantunya, πŸ™‚
    Saya sebenarnya suka masak cuma karena keterbatasan waktu dan alat akhirnya cuma jadi bakat terpendam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s