Nor’west Arch di New Zealand

Semuanya pada tahu arah mata angin kan ya? Ada 8 kan.. Masih pada ingat ga? Coba sebutin dalam hati, hihihi.. Gua inget banget kalau dulu sering banget denger cerita teman gua dari Jogja, instead of nyebutin nama jalan atau apa, lebih sering sebut arah mata angin, dan rata2 pada paham gitu lho, gua ? tetep gagal paham hehehe.. Ternyata ini di New Zealand, podo wae. Jadi misalnya kalau besok tuh di prakiraan cuaca, angin berhembus dari arah selatan disebutnya southerly, ada juga easterly atau southeaster. Herannya cuma lihat langit aja, bisa nebak juga lho arah angin berubah, gua? tetep gagal paham, hahaha.. Eh tapi ini kayaknya berlaku untuk generasi diatas gua deh ya.

Nah ada 1 yang sering banget gua lihat, namanya Nor’west Arch, biasanya disebut juga Canterbury Arch, untuk lengkapnya bisa dibaca disini, Arch ini bisa dilihat disepanjang pulau Selatan kalau lagi cuaca cerah banget dan anginnya datang dari arah north west ( barat laut ), di pulau Utara kayaknya cuma separuh dari pulau Utara yang bagian bawah saja. Fenomena ini juga ada di Regional Pacificnya Amerika dan Kanada disebut Chinook Arch. Untuk fenomena ini biasanya hanya terjadi di musim panas. Jadi dilangit itu awan semua, batasan ke langitnya jauh diujung setelah awannya.. Dan pertama kali lihat ini bengong amazed KOK BISA?

IMG_9007

IMG_8995

IMG_9009

IMG_1063

IMG_7765

img_6274

FullSizeRender

rsz_img_8718

rsz_img_8728

img_6199

Ciao, Inly

6 thoughts on “Nor’west Arch di New Zealand

    • Iya, keren yaaa.. aku suka banget foto2 kayak gitu, tapi cuma adanya pas summer doang… kalau lihat aslinya nggak kok, kelihatan jauh banget tapi yah kalau lihat langsung kan bisa 360 derajat.. hehe.. langitnya jadi gede bangett..

Leave a Reply

