Badai di New Zealand ( Winter 2017 )

New Zealand lagi badai!!!

Gak semua bagian New Zealand sih, cuma beberapa bagian, tapi New Zealand kan negaranya imut, jadi yah gitu deh.. Gak jelas banget yah.. Haha.. Jadi ceritanya, gua itu kudu balik dari Wellington ke Blenheim hari Kamis ini jam 14.30, naik kapal feri. Tapi dari hari Minggu lalu, sudah ada warning kalau New Zealand going to be hit by storm from Antarctic. Kalau dilihat dari pergerakan cuacanya di internet, sebenarnya cuma lewat aja si stormnya, eh gak tahunya pas hari Senin, pergerakannya berubah jadi lewat tapi ekornya muter, duh ini jelasinnya piye ya? Mana fotonya gak ada pula.. Hehe..  Yah pokoknya gitu deh. Jadi hari Senin juga kita dapat sms kalau kapal ferinya kemungkinan dicancel, tapi diminta tunggu berita selanjutnya. Selasa pagi dirasa kayaknya makin parah cuacanya, akhirnya kita telp ke operator kapal feri, minta ganti hari, lah yah orangnya nawarin Selasa malam juga, yah gak mau kita soalnya dadakan abis. Minta ganti ke hari Jumat ternyata gak jalan juga di hari Jumat, akhirnya ambil hari Sabtu dengan jam yang sama dan kapal yang sama. Untung banget kita telp, karena sistemnya, bisa ganti jadwal, tapi siapa dulu duluan, kalau kapalnya penuh, yah dialihkan ke feri berikutnya.

Nah sekarang cerita soal badainya yah.. Puncak badai diperkirakan hari Kamis, yaitu hari ini. Selasa malam mulai hujan deras, tapi hujan biasa cuma gak berhenti2. Oiya Selasa pagi, kita sempat ke airport buat jemput adiknya si pacar yang pulang dari luar negeri, berangkat sekitar jam 6.30 pagi, foggy abis pagi itu, pas matahari terbit pun seiprit aja kelihatan terus foggy lagi, sesiangan angin aja gede tapi belum hujan.

IMG_4944

Ini sudah hampir jam 7 pagi, jalanan berkabut, di motorway

IMG_4947

Iya ini memang gak kelihatan apa2, jadi ini gua dipinggir jalan motorway, dan samping kiri gua itu laut, berkabut banget sampe gak kelihatan apa2

IMG_4952

Jam 7.15 pagi, sudah ramai aja jalanan

IMG_4958

Hampir sunrise, sekitar jam 7.30 an

IMG_4961

Sun almost rise, kita karena pelit gak mau bayar parkir, haha.. Nunggu dipinggir jalan deket arah airport aja

IMG_4962

Nah ini sudah sunrise, tapi suram banget kannn.. 

IMG_4964

Tuh balik lagi ke foggy padahal sudah sunrise lho ini.. 

IMG_4965

Foggy morning

IMG_4969

Kelihatan gak kapalnya? di dalam kabut? Tadi tuh yang gambar gua warna hitam gelap gulita, nah ini suasannya setelah matahari terbit

IMG_4972

Dari yang berkabut tadi, sampai di daerah Tawa, langitnya kayak gini coba, ngeselin banget kann, haha.. Ini sekitar jam 9 pagi hari Selasa.

Hari Selasa juga terjadi longsor di motorway Wellington, jadinya jalanan ke CBD kehambat, duh ada2 aja. Nah mulai hujannya Selasa malam hari, sampai Rabu pagi masih hujan. Tahu Monty kan? Anjing yang kudu di babysit, jadi dia itu tiap pagi harus banget jalan pagi, ke atas bukit Takapu Valley. Rain or shine tetap kudu jalan pagi, haha.. Nah Rabu pagi gerimis gede, disini bilangnya light rain, jadi tetap pakai jas hujan segala, tapi gerimisnya malah berhenti, tapi yah sudahlah, lumayan bikin adem dikit jas hujannya karena anginnya gede. Pas mau balik ke mobil, tiba2 hujan rintik gede, kok berasa banget kena ke muka, gak tahunya hail ( hujan es ), gak gede2 banget tapi kelihatan. Duh gua baru kali ini ngalamin hujan es lho.. Malah jadi rada norak, foto2in es nya. Hahaha.. Tapi cuma bentar. Berhubung badainya dari Antartika, kebayang deh angin dinginnya kayak apa, huhuhu, itu nampar muka abis.

IMG_4987

Mataharinya ngumpet

IMG_4990

Habis gua foto ini, langsung hail, hahaha.. Heboh sendiri, padahal udah masuk ke mobil terus keluar lagi.. 

IMG_4989

Nih di badannya Monty ( hail )

IMG_4991

Hailnya walaupun kecil2 aja sih yah, masuk ke dalam mobil

IMG_4994IMG_4996

IMG_4997

Niat banget gua

IMG_4999

Nah ini dibelakang rumah

IMG_5005

Kayak buih sabun

IMG_5004

Kalau lamaan jadi salju dah, sebenarnya sempat hujan batunya gedean tapi pas kita lagi di supermarket, ini info didapat dr sodara

Seharian di hari Rabu, ada lebih dari 10x hail. Jadi hujan – berhenti – hujan – berhenti, dari heboh foto2 sampe yah udah lahhh.. Sama aja, haha.. Terus Rabu siang, kita sempat ke kota sekitaran Tawa aja, wuih angin kencang lah dimana2. Nah ini hujan sampai sekarang belum berhenti juga dari semalam. Yang pasti setiap buka pintu mobil kudu dipegangin, kalau nggak bisa rusak. Ini beneran.. ngejeplak ke depan.

Hari Rabu itu, Arrowtown, Burke Pass dan 1 lagi nama tempatnya gua lupa, hujan salju, katanya disana jarang banget hujan salju. Banyak yang ke stranded. Terus feri terakhir dari Picton ke Wellington yang jam 5 sore. Ceritanya kapal feri itu kan ngangkutin barang berupa segala macam dari pulau ke pulau, jadi angkut truk, kontainer termasuk kereta api. Nah kapal feri memang ditiadakan, tapi untuk penumpang saja, yang buat angkut truk tetap jalan, tapi jadi sehari sekali saja. Gak tahunya ditiadakan juga karena lautnya tepatnya di selat tuh gelombangnya gede banget. Tercatat Kamis pagi ini, sekitar jam 11-13 siang, kecepatan angin di laut 116 kilometer perjam. Alhasil dari Rabu, kapal jam 5 sore pun ditiadakan. Tadi pagi denger berita di radio, kapal yang siang hari kemarin, banyak orang muntah, duduk dilantai dan service cafe pun tutup, pokoknya menderita abis deh.. Duh..

Semalam pas berangkat tidur, anginnya gede lah, gua cek di HP, kecepatan angin di Tawa sekitar 40an kph. Dan semalaman susah tidur soalnya bunyi anginnya menderu banget, padahal dah tutup jendela segala lho.. Beneran bangun jam 5 pagi, gua cek hp, busyet kecepatan angin mencapai 70 kph. Pantas anginnya menderu2 terus.

IMG_5013

Boleh cuma 6 derajat tapi feels like -2, udah gitu kecepatan anginnya 77 kph

Pagi2 tong sampah gede, padahal dari kaleng berat dan tutupnya sudah dikasih batu bata, gelundung mau terbang lho, makanya orang rumah kebangun. Dengar di radio, bakal mati lampu, jadinya siap2 lampu cadangan, berhubung rumahnya gak pake genset ya.. Jarang org sini pake genset ternyata. Kejadian juga mati lampu. Akhirnya kita pagi2 ke supermarket, belanja haha.. dengan cuaca parah gitu. Sekalian cari wifi, and nyari berita. Listrik nyala lagi sekitaran siang menjelang sore, jadi gak ngerasain mati lampu gimana2, cuma garing aja. Untung radio bisa pakai batere. Yang pasti hari ini, cuaca tambah buruk, dan tetap kudu bawa Monty jalan2 ke atas bukit, haha.. Gokil lah pokoknya, bajunya udah rapat banget, tetep anginnya bujugggg.. Monty pun nyerah, akhirnya cuma jalan separuh trus kita balik lagi, gak kuat anginnya. Di atas bukit, gua sempat ngeluarin HP buat rekam video, kayaknya 2 menitan, abis itu tangan gua sakit bangetttt, dingin2 kebas, langsung pake sarung tangan lagi.

IMG_5023

Untung ada ginian, rada hangat dikitlah, kalau nggak, kedinginan didalam rumah

Btw, gua sebel banget deh sama kebanyakan orang New Zealand, hahaha.. Mereka ini yah kalau yang nyetir, sangat jarang sekali yang orang muda ngalah kalau ada yang mau nyebrang pakai jalan kaki. Jadi kalau bisa mereka duluan jalan daripada kita yang nyebrang, memang sih rata2 memang peraturannya kudu mendulukan pengemudi mobil, tapi mbok ya nyantai aja kali gak buru2, lihat kita mau nyebrang lah dia malah ngebut haha.. Kalau dia mau duluan juga, gua beri kokkk. Yang gua perhatiin disini sih gitu, tapi mungkin gak seluruh New Zealand. Untung si pacar gak gitu. Tadi siang juga gitu, udah hujan gede bener, kita kudu keluar beli barang, angin kenceng, tapi karena susah parkir, dapatnya diseberang, tetep lhooo, kita dah separuh nyebrang, gak ada mobil yang berhenti, duhhh kesel deh, kalau gak hujan sih fine yah.. Ini kan hujan yaaa.. Sama tuh kayak di Jakarta juga gitu. Gua dah janji sama diri gua sendiri kalau gua bisa nyetir, gua pasti ngalah sama yang mau nyebrang, hahaha.. Plus 1 lagi, kalau mundur keluar dari parkiran, karena gak ada tukang parkir hahaha, kadang susah kan lihat ke kiri atau ke kanan, apakah ada mobil? Nah mobil yang melaju itu gak ada yang berhenti lhoo, padahal kita dah keluarin pantat ( mobil maksudnya ), mereka tetap aja nyelonong terus. Jadi kadang terpaksa nunggu sampe jalanan benar2 sepi dri mobil, baru deh kita keluar, bagusnya disini orang2 jarang main klakson (ini ceritanya ngelantur banget hahaha)

Balik lagi ke cerita badai, jadikan kapal feri gak jalan tuh hari ini sama besok, terus kereta api juga delay gara2 hujan deras, katanya licin dan takut tergelincir si kereta api di relnya, padahal pake listrik juga. Beberapa kota kecil disekitar Wellington mati lampu, termasuk di Tawa. Sering banget dengar sirene buat mobil pemadam kebakaran, buat madamin api sih, tapi mobil damkar ini memang buat nolongin orang, mungkin terjebak banjir atau lainnya.

Yang pasti tadi siang, di pulau Utara, bagian atas dan bagian bawahnya terputus, alias road closed karena badai salju dan black ice. Jadi tadi lihat berita jam 6 sore, banyak yang truk2nya pada nunggu dipinggir jalan. Terus di kota kecil yang terputus itu, karena mati lampu, mereka kudu manasin salju buat air minum, sedih deh dengernya. Padahal tahun lalu juga kejadian lho.. Mereka mati lampu 2 mingguan, terus jalanan ditutup, pas musim dingin juga. Ternyata gua dengar kabar dari temen gua yang lagi campervan di pulau Selatan, sama juga, road closed, dan sampai waktu yang tidak ditentukan, terpaksa dia kudu balik lagi ke Christchurch, padahal di sudah di Lake Tekapo, besok mau berangkat ke Queenstown. Jadi tadi siang sampe sore, pengantaran barang antar pulau dan kota2 lumpuh. Terus hujan salju lebat dibeberapa kota. Wah mikirnya seru yah, tapi sebenarnya nggak, main salju bentar aja ok, tapi kalau berhari2, duhhh gak deh..  Jalanan pun di jaga sama orang2 dari pihak transportasi, beberapa tempat yang mobilnya punya rantai ban boleh jalan, yang tidak punya kudu tunggu sampai black icenya hilang, tapi yah ini kan masih hujan, jadinya yah gak bisa kemana2.. Di berita juga diinfokan, kalau tidak perlu kemana2, mending stay di rumah aja..

Btw btw, mending gua share foto2nya Monty lagi yah.. haha..

Gua nemu ayam pula diatas bukit hahaha..

IMG_4590

Bisa diculik ni ayam

IMG_5003

Nah kotanya Tawa dibawah itu, pas hujan badai gak kelihatan apa apa

IMG_4532

Nah ini kalau lagi cerah, kota Tawa dibawah situ

Ciao, Inly

 

Advertisements

20 thoughts on “Badai di New Zealand ( Winter 2017 )

  1. Aku seumur2 di Sydney klo cm angin 45 kph sih cincay lah asal jangan pas winter, wkwkwkwk. Pernah hujan badaaaai sampe 97 kph, wah I was too excited to be able to sleep, lol. Ngeri-ngeri sedap, gitu ya liatnya. Sementara suamiku pules bgt bobonya. Man, you didnt know what you’ve missed.

  2. New Zealand sering ada badai gitu ya say? Aku paling takut sama angin kencang.

    Oh ya, tentang nyeberang. Itu nggak cuma di sana, kalau memang dasarnya orang itu nggak jelas, maen gas aja walau bukan gilirannya. Kalo saya sering ngomel kalau nggak betul. Dikata tampang gue yang Asia nggak berhak negor mereka kalo nggak betul? Haha.

    • Kebetulan negaranya kecil kan.. mana nun jauh dibawah gitu, deket ke antartika, jadi sering angin dingin dr sana. Biasa setiap winter pasti ada cuaca yang lumayan buruk, tapi katanya yang kali ini, kejadian terakhir sebelum ini tuh 60 tahun yang lalu. Jadi benarnya lumayan deh badai kali ini.

      Kalau angin kencang sih sering banget selama mid autumn sampe mid spring. Angin semilir palingan cuma pas summer..

      Nah susah kalau kta nyebrang dan orgnya dimobil, mau marahinnya pun bingung haha.. Tapi semua berhalk ngomel kalau memang benar..

    • Hahaha.. iya yaaa… aku juga kaget pas balik, tadinya pas gelap gak kelihatan apa2, berasa kayak nonton film, terus kapalnya makin dekat, hehe..
      Iya itu masuk ke mobil gara2 kitanya mau masuk mobil juga dan hujannya berangin, jadi masuk deh ke mobil..

    • Waduh jangan sampe deh.. gak bisa ngebayangin kita yang prang tropis udaranya, bisa beku.. Tahun lalu, kebetulan kita ada rencananya ke tempat main ski, untungnya badainya di minggu sebelumnya.. Tapi bagusnya jadi bisa lihat salju dimana2.. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s