Sekilas Te Araroa Trail dan Colonial Knob Scenic Reserve – Porirua

Pernah dengar yang namanya TRAMPING? Tramping tuh secara harafiah adalah kegiatan jalan kaki yang menyusuri rute yang jauh,  termasuk hiking melewati perdesaan dan pegunungan, dengan membawa bekpek saja, bahkan ada yang membawa peralatan kemping dan alat masak. Di New Zealand terkenal banget kegiatan tramping ini, sampai ada yang namanya Te Araroa Trail. Te Araroa sendiri artinya The Long Pathway dan perjalanannya ini dimulai dari paling ujung atasnya pulau Utara yaitu Cape Reigna sampai ke ujung bawahnya pulau Selatan yaitu Bluff   (masing-masing tempat ada papan penunjuk ke berbagai negara dan berapa jauhnya, sayangnya gua belum pernah kedua tempat ini), dan panjangnya 3.000 km. Dengan catatan ini sudah naik turun gunung, bukit dan sebagainya, kalau ditarik garis lurus dipeta, panjangnya hanya 1.475 km doang. Diinfokan untuk mengarungi Te Araroa Trail ini dengan jalan kaki, memakan waktu 3-6 bulan. Dengan catatan gak nebeng naik mobil orang lho ya, murni jalan kaki.

Bagusnya lagi, untuk tramping Te Araroa ini, ada petanya lho, jadi gak bakal salah jalan, pake catatan juga kudu bisa baca peta. Eh tapinyaaaaaa gak mesti dari ujung ke ujung sih, mau separuh aja, atau mau rasain yang 2 jam aja juga bisa, tinggal buka websitenya aja, http://www.teararoa.org.nz. Tinggal pilih mau yang mana. Nah kalau bawa peralatan kemping, artinya kita bisa kemping di beberapa pemberhentian.   Kalau gak bawa peralatan kemping, gimana dong? Nah ini ditempat pemberhentiannya ada pondok-pondok sederhana yang bisa disewa. Jadi gak usah takut gak ada tempat tidur, cuma ini pakai sistem booking, jadi pastiin dulu pas tanggal loe mau kesini, apakah kosong atau tidak..

Gua sendiri belum pernah nyoba tramping, yang paling dekat dari Blenheim, adanya di kota Havelock ( kota kerang hijau ) 30 menit dari Blenheim, namanya Queen Charlotte Track (QCT), panjangnya 70 km, untuk yang ini ada trek sepedaannya juga, tapi khusus buat sepeda gunung. Nah 70 km itu kalau jalan kaki, kelar dalam waktu 3-5 hari, jadi pasti naik turun bukit, plus itu cuma sekali jalan alias one way. Mulai dari kota Havelock, berakhirnya di kota Picton. QCT ini paling terkenal dibagian atasnya pulau Selatan. Nah nanti kalau memang gua punya kesempatan ke QCT ini, baru gua ceritain lagi detailnya.

Tapinya yah setelah  opening panjang gini, gua bukan mau ceritain soal tramping ini sih, hahaha.. Jadi waktu di Wellington kemarin, kita iseng nyoba cari re-cycle center, tujuannya cuma mau buang beberapa botol wine, eh gak tahunya didekat sana, ketemu tempat namanya Colonial Knob Scenic Reserve. Ini semacam taman buat walking dan biking. Gak tahunya setelah lihat di papan infonya, taman ini termasuk dalam Te Araroa Trail ini, yah gua langsung browsing soal Te Araroa ini. Dan next time ke Wellington, kita bakal nyobain jalan disini dan sepedaan disini. Asal gak hujan aja yah, soalnya kemarin itu habis hujan dan becek parah tempatnya.

IMG_4881

Informasinya komplit, bisa dilihat juga di website yang gua kasih diatas

IMG_4883

IMG_4885

Kalau peta yang ini, untuk rute mountain bikingnya

IMG_4895

Nah ini kalau ada yang turun naik sepeda, gak kelihatan sebelum dia belok, rada bahaya, apalagi kalau hujan dan becek, bisa gak ngerem turunnya, haha

IMG_4888

Signagenya lumayan komplit ya, jadi kitanya gak salah juga, maksudnya yang jalan kaki, gak nyasar di tempat sepedaan

IMG_4889

Ini jalanannya sharing sama sepeda, yang disebelah kanan, rute sepeda

IMG_4887

Gloomy day

IMG_4884

Bisa istirahat juga

IMG_4890

IMG_4886

IMG_4894

Small creek

IMG_4876

Tujuan utamanya kesini

IMG_4877

Ada tokonya kalau mau belanja barang bekas

IMG_4875

National Storage itu tempat penyimpanan barang2 ukuran besar, misalnya mau renovasi rumah terus pindah ke rumah yang lebih kecil, nah barangnya bisa disimpan disitu, ini private sektor sih, bukan milik negara, namanya aja kayak gitu, haha..

Ciao, Inly

 

Advertisements

12 thoughts on “Sekilas Te Araroa Trail dan Colonial Knob Scenic Reserve – Porirua

  1. Wooowww.. Gak kebayang jalan kaki sampe ribuan km gitu ya ci.. Udh ngos2an ngebayangin doang. Yp btw ini benar2 rapi ya tramping nya. Ada disediain jalur dan penunjuk arah, sampe spot buat istirahat kalau lelah.
    Disana byk yang suka tramping ya ci?

    • Banyak orang yang niat lho, El.. Malah di FB ada grupnya si Te Araroa ini, saling tukar informasi, kebetulan aku juga join grupnya, tapi ntah terealisasinya kapan haha..

  2. Ini kayak camina apaaa gitu ya namanya yg di Eropa. Yg Susan sama suaminya hampir tiap tahun selalu ikutan. Jalan kaki beribu2 km. Aku suka jalan kaki, tapi kalo sampai ribuan km gitu emang musti niatnya kuat. Lha 20km aja ngos2an hahaha. Tapi kalo viewnya cakep ga kerasa kali ya

    • Iya Den, Camina de Santiago. Iya, kalau di NZ, banyak ternyata yang tramping gini, yah walking, yah hiking juga.. Aku juga ga sanggup kalau suruh jalanin semua itu haha.. apalagi bawa bekpek, duhhh, ngos2nya banget.. Kayaknya kalau dah gitu, viewnya jadi gak ngaruh yaa haha

      • Pernah gowes 90km sehari, meskipun view nya ladang tulip, tetep aja klo capek jadi tantrum hahaha. Trus besokannya dengkul nyut2an ga bisa digerakin. Haduuhh payah. Gimana bisa sampai ribuan km.

        • Waduhhhh 90 km tuh jauh banget Den.. Aku biasanya 20 km sehari ( tapi itu dah bolak balik, jadi one waynya cuma 10 km ). Nah dipostingan aku yg Queen Elisabeth Park, cuma gowes 12km PP rasanya mau pingsan gara2 naik turun bukit haha.. Duh kalau aku pantat yang pegel, pdhl dah pake celana bersepeda yang ada bantalannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s