Bukan Kebun Sayur Saya

Sebagai orang yang gak bisa melihara binatang dan tanaman, terus selama ini cuman lihat di  tipi – tipi doang kalau ada orang yang tanam sayur untuk dikonsumsi sendiri, plus pas tahu adeknya si pacar, punya banyak tanaman sayur-sayuran sehingga gak usah belanja ke pasar, lumayan bikin gua terkagum2, haha.. Yah gak semua sayuran sih, tapi ada lah beberapa.

IMG_0236

Ijo – ijo, ini gak tahu namanya

IMG_0237

Kebun tomat didalam rumah kaca

FullSizeRender

Hasil tomatnya mantap banget ya.. Tapi ini di musim panas yang lalu

IMG_0239

Pohon Lemon

IMG_0241

Anggur

IMG_4227

Rhubarb

IMG_4746

Wortel

IMG_0255

Kebun Strawberry

IMG_0240

Awal musim panas yang lalu

Strawberry

Tuh Strawberrynya ngilerin banget.. Hasil musim panas lalu juga

Sebenarnya masih ada banyak yang gak kefoto sama gua, soalnya ada yang padat banget sayurannya, terus pas difoto, gak ketahuan tuh sayuran apa. Plus lagian musim dingin gini, gak terlalu banyak yang tumbuh ternyata, pengaruh cuaca juga. Yang pasti katanya kalau musim dingin itu saatnya pruning, bahasa indonesianya sih memangkas yah, kayak di trim lah pohonnya biar musim berikutnya bisa tumbuh dengan bagus. Yang paling banyak di musim dingin itu cuma buah Lemon saja.

Jadi kalau musim semi dan musim panas atau pas daylight saving dimulai, orang New Zealand ini sering banget makan salad ( well at least orang2 di New Zealand yang gua kenal yah ) dan makan jagung menggantikan kentang. Saat2 itu, jagung murah banget, 1 biji cuma 1 NZD, sedangkan sekarang 1 biji bisa 4 NZD. Jadi contohnya, makan malam dengan steak, side dishnya mash potato dan steam veggie, kalau pas lagi daylight saving, makan malamnya tetap pake steak, tapi side dishnya jadi jagung rebus sebatang dan salad ( saladnya rata2 raw veggie semua kecuali telur rebus )

By the way lagi, karena New Zealand bukan negara tropis kayak Indonesia, jadi sayur2an dan buah2an tropis itu mahal bener.. Pakcoy di Jakarta kayaknya 5 batang gede gitu harganya bisa cuma Rp. 10.000, disini cuma 2 batang aja Rp. 30.000, cuma yah balik lagi, memang penghasilan penduduk NZ lebih tinggi jauh dari Indonesia ya, jadi wajar. Yang mahal disini juga mangga, sebijinya bisa Rp. 40.000 – Rp. 50.000, Sama kayak buah naga juga segitu kurang lebih. Itupun mangganya impor dari Australia dan buah naganya dari Vietnam, jadi wajar yah mahal..

IMG_5437

Tauge

Nemu tauge, harganya Rp. 30.000 per 250gr, well at least muasin diri bikin mie goreng pake tauge dan bikin isian tahu goreng. Gua dapat tahu gorengnya waktu di Wellington kemarin.. Duh yummy deh, apalagi gua ada kecap manis yang pedas, ulala haha.. Nemu tempe juga, tapi gua gak beli, soalnya gua bingung mau dimasak apa, yang gua bisa selain tempe goreng, yah masak tempe orek, cuma kan yah, aneh banget tempe orek dicemilin secara kita berdua jarang makan nasi. Plus jarang banget bikin yang goreng2, sayang minyaknya haha..

IMG_4920

Tempe organik

IMG_5382

Daun Jeruk, segitu aja harganya $3.50 #nyesssssss

IMG_5383

Mau nangis gak???

IMG_5006

Khusus anak2 aja, seru yah, temenin ortunya belanja sambil ngemil buah ( di supermarket Countdown )

IMG_5312

Green Bag ini buat nyimpen sayur mentah biar gak cepat busuk, biasanya nyokap gua kalau simpan sayur di kulkas itu pake dibungkus koran, nah pakai Green Bag ini aja sudah bisa, dan bisa dipake ulang lagi ( tuh liat tulisannya USED in SPACE ) Aman berarti yaa. 

Ciao, Inly

NB: mati ide bikin judul ya haha

 

 

Advertisements

37 thoughts on “Bukan Kebun Sayur Saya

  1. Lihat cabe, jadi ingat cabe merah besar di sini. Di Spm 3 biji cabe merah besar €1.5 (Rp 22.500 an) sementara beli di pasar €1 dapat 3kg. Begitu juga cabe rawit merah, di pasar €1 dapat 2.5 kg an (tergantung musim kalo ini). Makanya, kalau untuk masalah percabean, aku mending kulakan di pasar haha. Tapi kadar pedasku sudah menurun sejak di sini. 1/2 kg habisnya berbulan2. Ga setiap hari makan sambel. Apalagi sejak males masak, beli 1 ons aja habisnya lebih dari sebulan 😅

    • Waduh bedanya jauh banget yah sama di pasar. Sayangnya pasar disini gak jual cabe juga. Sebulan gak habis 1 ons sih artinya dah jarang banget makan cabe, haha.. Aku mungkin kudu tanya org Indonesia yang tinggal di Blenheim, mereka beli dimana..

  2. jadi kepengin punya kebun sayur juga, tapi nanam dimana ya lahan terbatas bingits… tomatnya gak nahan deh ci. segar banget. oiya kyknya disini aku blm nemu deh free fruit for kids, patut ditiru tuh konsepnya.

    • Iya tomatnya aku cemilin aja enak banget, manis.. secara aku gak suka makan tomat mentah.. Sepupu aku ada yang nanam hidroponik ( kl ga salah namanya ) lahan sempit bisa katanya.. Tapi yah aku gak nyoba deh, haha..
      Nah aku pesimis kalau di Indonesia, bukannya nuduh yah, pastinya habis diambil anak2 disuruh sama emak2nya huhu.. Semacam ibu2 ambil buah2an buat dibawa pulang pas kondangan. hihihi

  3. Huahaha, ya kalau bahan-bahan tropis mau dibeli di negara subtropis mah harganya pasti jadi berlipat ya. Ongkos transport-nya gitu, haha 😛 .

  4. Gue juga suka amazed sama orang-orang yang bisa berkebun dan bercocok tanam Inly, gue beti lah sama lo, wong kaktus aja bisa mati apalagi sayur-sayuran wakakaka

    Btw free fruit for kids di supermarket di sini juga adaaa, tapi versi meditnya – 1 anak boleh ambil 1 buah aja hahahaha, trus thank God untuk beberapa sayuran khas asia juga dijual masih dengan harga yang lumayan masuk akal – yang ngga masuk akal buah-buah eksotis kaya rambutan, dukuh ato manggis gitu (hiks)

    • Nah itu dia, beneran, gua kaktus juga modar, hasil dari souvenir kondangan punya 2 biji, mati dua2nya huhuu..

      Ah i see, disini sih boleh ambil bebas tapi yah lsg dimakan, gak dibawa pulang.. habis boleh nambah, yah rambutan, dukuh, manggis apalagi , disini mah gak ada sama sekali, mau impor pun tak ada haha.. Kemarin gua habis makan lychee kalengan.. Sama beli nangka kalengan haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s