Udara Dingin (2)

Musim dingin kali ini lumayan banyak kejadian, setelah badai kapan hari itu, dan banjir sekarang terserang udara dingin, namanya juga musim dingin ya, haha.. Tapi ini sudah hari ketiga, dinginnya minta ampun kalau malam, mestinya sih malam ini paling dingin, nanti subuh bisa mencapai – 4, tapi aslinya bakal lebih dingin dari itu, tadi subuh di Lake Tekapo tercatat suhunya -14, itu di danau lho ya, kebayang kan ditempat yang memang ada saljunya, yah tetap sih yah beda banget sama kalau musim dingin di belahan bumi Utara. Cuma yang disini, udaranya langsung dari Antartika, hihi..

Nah sudah pasti kalau lagi musim dingin, pemakaian listrik meningkat, dikarenakan  kita ada pemakaian HRV ( ini semacam sistem penyaluran udara gitu deh ), jadi kalau pas siang hari dan panas, penyaluran udara panas diatap bisa disalurkan masuk kedalam rumah lewat HRV ini, jadi misalnya kalau udara di dalam rumahnya dingin, nah pake HRV ini, kebantu banget jadi gak perlu nyalain AC dari siang hari, kecuali kalau gak ada matahari, yah gak usah dinyalain si HRVnya, bisa2 malah narik udara dingin masuk ke dalam rumah haha.. Selain itu dengan pakai HRV, nyalain AC cuma mulai dari jam 5.30 sore sampe jam 9.30 malam, itupun hanya di ruang makan dan ruang tengah. Untungnya di area tempat gua tinggal, pemakaian air gak bayar, kecuali kran yang buat air panas nyala, artinya kan pake listrik buat manasin air, yah itu bayar. Susahnya lagi kalau musim dingin, baju susah bener kering dan kita gak punya dryer, jadi yah dijemur di rak kecil, nantinya  ditaruh di ruang tengah juga pas AC nyala. Oiya disini, AC disebut Heat Pump, bingung pas dengar pertama kali, apa pula Heat Pump ini haha.. Nah kita juga punya rak besi khusus jemur handuk yang pake listrik, jadi kadang bisa jemur 2-3 baju disana kalau mau cepat kering. Cuma yah tetap pake listrik lagi, haha.. Mandi air panas, pake listrik juga. Susah banget deh namanya ngirit listrik kalau lagi musim dingin, untung rumahnya banyak kacanya, jadi kalau siang kebantu banget sama sinar dari luar rumah.

Kalau disuruh milih angin kencang yang dinginnya serasa ditampar atau gak ada angin sama sekali, lebih milih yang angin kencang deh.. Soalnya kalau dingin dan ga ada angin, beuhhhh dinginnya gak pergi2, mau cerah dan cuaca panas kalau gak ada angin, hmmm.. kadang sampe malas keluar dari tempat tidur, untungnya tetap diusahakan olahraga sepeda atau jalan kaki, lumayan bikin badan hangat dikit karena bergerak. Kalau lagi dingin, biasanya gua selalu pake kaos kaki dan pake syal, kebantu banget sih kalau leher dan jari kaki ketutup. At least jari tangan aja yang dingin, haha..

IMG_5194

Gelap

IMG_0554

Banjir awal tahun 2017

IMG_5368

Banjir baru-baru ini

IMG_5447

Pas udah kering, erosi banget yaaa.. Biasanya mobil bisa lewat, ini paling sepeda aja yang bisa lewat

IMG_5443

Ini trek sepedaan ke tengah kota

IMG_5439

Ini sudah mulai surut, tadinya tinggi air mencapai setengah dari rumput disebelah kiri itu

IMG_5453

Biasanya bagian sebelah kiri itu kering, ini airnya hampir sampai ke pinggir, dan pas puncak musim panas, sungai ini malah kering kerontang

IMG_5376

Cuaca boleh panas, tapi aslinya angin dingin banget, sampe gua pake jas hujan, karena gerimis tadinya haha.. 

By the way, tadi jam 8 malam, gua taruh botol air minum dan 1/2 kotak air diluar rumah, besok gua cek, beku atau kaga yah.. Haha.. Cuma 1 yang gua suka, gak perlu masukkin air ke kulkas, air keran aja sudah kayak air es haha.. Seger.. Buat minum ya, bukan buat cuci muka, haha

Ciao, Inly

 

Advertisements

4 thoughts on “Udara Dingin (2)

    • Hahaha.. Kebetulan kulkasnya lebih sering kosong melompong, haha jadi masukkin kulkas deh.. Yang penuh malah freezer, Tapi mang kayak banyakan barang di pantry juga, gak masuk kulkas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s