Soal Rumah

Jadi ada rumah didekat sini yang mau dijual, terus yah gua bilang, pengen lihat2 gitu boleh gak sih? Penasaran aja di New Zealand tuh open house kayak apa.. Padahal di Jakarta, gua belum pernah juga datang ke open house gitu, eh pernah sekali ding, tapi itu juga masih rumah contoh aja, apartemennya belum ada pula, haha.. Nah karena kadang gua suka nonton Million Dollar Listing, ini semi reality show (US) tentang agen real estate, kayaknya seru aja lihat orang2 yang mau beli rumah terus survei2 gitu. Tapi yang namanya sudah masuk TV, jadi jualan rumahnya pun yang sudah masuk kategori WAH..

Lanjut.. Kita gak bermaksud buat beli rumah kok, tapi lebih ke rasa penasaran GUA doang, si Iyan mah biasa aja.. Hahaha.. Terus habis kita datangin rumah yang mau dijual, lihat2, pas mau balik, agennya minta nama dan nomor telepon.. Kirain mah gak kayak di Jakarta ya, yang kalau ninggalin nomor telepon bisa di telepon mulu, haha.. Sama aja lho mah disini, hihi.. Eh tapi mungkin gak semua agen yaa..

Di Blenheim, untuk segi bangunan, banyakan rumahnya tidak bertingkat, jadi kadang kalau lihat rumah bertingkat dan bagus, kayaknya gimana gitu, minta di foto banget kayaknya, haha.. Gak tahu buat apa juga sih.. Seneng aja gua foto2.. Tapi Iyan selalu bilang, gak boleh lho foto2in rumah orang, dikira mau nyolong.. haha.. bener juga sih omongannya dia. Terus di Blenheim juga, ada beberapa kompleks perumahan, bisa ngiderin depannya yang memang jalan raya, kecuali kalau yang ada gang masuk gitu, jangan sekali2 masuk kedalam, kalau bukan tamunya mereka.. Gak sopan katanya, bahkan kadang mau mutar balik terus masuk sedikit ke pekarangan orang bakal ditegor sama yang punya rumah. Padahal waktu di Tawa kemarin itu, ada beberapa rumah yang gua lihat bagus, pengen ngelihat dari dekat, malah dilarang, haha..

Jadi inget, kalau di Jakarta, di Kelapa Gading, ada perumahan yang sudah lama tapi komplek orang kaya “katanya” namanya Bukit Gading Villa. Ada 4 kompleks. Jaman gua masih SMA, mau ngider2 lihat rumah disana sih gampang2 aja.. Sekarang? Di pos satpam sudah dicegah, ditanya mau kemana, rumah nomor berapa, dan namanya siapa? Kalau salah sebut, si satpam langsung telpon ke rumah yang punya, kalau tidak berasa mau ada tamu, ya wasalam, kitanya disuruh muter balik dan disuruh pulang. Hahaha.. Ekstrim sih, tapi pak satpamnya juga gak mau kalau kompleksnya kemalingan kan..

Rumah gede sih kelihatannya memang bagus dari luar, tapi ngebayangin beberesnya itu lhooo hahaha.. Yah tapi pasti ARTnya juga banyak kalau rumahnya gede. Ada teman gua yang rumahnya lumayan gede, buat komunikasi aja, kudu pake HT / telepon internal.. Udah gitu, beberapa mantan klien gua, ada yang pake lift didalam rumahnya, huhuhu.. Padahal kalau cuma 3 lantai aja, masih oklah yah naik tangga.. hehe.. Ya tapi terserah dong yaa.. pilihan masing2 orang ya.. Terus ada mantan kliennya temen gua ni, 1 keluarga, anaknya 3, terus orangtuanya bangun rumah 6 tingkat di daerah Jakarta Utara. Tingkat 1, tempat terima tamu semua orang, tingkat kedua, buat papa mama, tingkat ketiga anak pertama, tingkat keempat anak kedua, tingkat kelima anak ketiga, tingkat keenam tempat jemuran. Gokilnya, tiap tingkat itu, ARTnya beda2 hihihi. Gua pas lagi WO-in, cuma bisa geleng2 kepala aja.. Mewah yah, tapi jadinya mereka jarang ngumpul keluarga, karena terpisah2 gitu.. Yah, yang ini cerita dari temen gua sih. Hehehe

Ciao, Inly

Advertisements

31 thoughts on “Soal Rumah

  1. Tipe rumah2 di Belanda ini kan yg mungil ke atas gitu. Itu yang standar ya. Yg gede juga banyak. Tahun kemaren kami kan berencana beli rumah yg baru dibangun, ada 3 lantai (kalau di sini lantai yg bawah dibilang lantai dasar. Jadi ga keitung. Kalau 3 lantai ya berarti lotengnya ada 3). Trus setelah dipikir2, buat apa juga ya rumah gede gitu. Sempat kepikir buat Airbnb, lumayan kan. Tapi akhirnya ga jadi karena bangunannya baru selesai 2019. Kelamaan. Kalau rumah kami ini 2 lantai ada 5 kamar (selain kamar yg di lantai bawah). Duh itupun bersih2nya bikin encok haha. Belum lagi beberes taman depan belakang. Alhamdulillah ya bisa bikin badan langsing beberes rumah mulu 😅 Ibuku pernah nanya “2 lantai gitu ke atasnya naik lift ya” huahaha. Belum tahu aja tangga rumah di Belanda ini curamnya bukan main.

    • Ah i see.. aku masih keblinger tuh urusan lantai dasar sama lantai 1 haha.. Aku disini juga kepikiran bikin airbnb, tapi kok yah kita berdua gak pede, takut kenapa2 malah haha.. Taman untung masih gak gede2 amat, tapi lumayan juga kalau motongin bunga gitu.. Setuju bisa bikin langsing yaa..

      Curam maksudnya kayak 45 derajat gitu? Atau yang model tangga melingkar, itu juga ribet yah tangganya hehe

      • Model tangga melingkar dan sempit juga agak 45 derajat. Beda lah dengan kebanyakan tangga loteng rumah di Indonesia. Soalnya rumah ortu di Indonesia kan berloteng, tapi lega.
        Iya, kalo Airbnb gitu musti siap berbagi privacy kan ya dengan orang yg ga kita kenal. Ini yg bikin maju mundur. Padahal ni ada 2 kamar kosong nganggur.

        • Mesti kalau yang melingkar itu kurang lebih mirip, tapi biasanya tangga dibagian belakang rumah ( tapi bukan rumah ku yah Den.. cuma pernah lihat beberapa rumah di rumah di Jakarta )

          Nah iya, ngeri kalau macam2, mana aku tinggalnya di gang sebelah dalam, kalau ngabur pun susah haha

  2. Anjrit 6 lantai, pasti ada lift-nya ya nly, kalo ga ada asem juga itu hahaha

    Gue di sini rumah kecil aja Inly, walo ga mungil-mungil banget si (udah tinggal di kampung, rumahnya kecil, siapalah saya ini 😂). Sebelumnya cuma ada 2 kamar tidur, pas sebelum si bayi lahir kita rombak loteng trus dikasih extension gitu buat nambah 2 kamar lagi. Kebon belakang lumayan gede, tapi udah kaya semak belukar haha, rencananya bulan ini mau dibagusin biar bisa kepake lah space-nya.

    • Wkwkwkwk.. udah kayak hotel yah sampe 6 tingkat gitu..
      Nah dikau enak lah, kalau taman belakangnya luas, bisa buat anak2 main disitu, tapi yah mang kudu rada ribet beberesnya.. Semangatttt Anis.. 🙂

  3. Wah rumah 6 tingkat luas per lantainya berapa tuh? Hahaha. Disini apartemenku satu lantai, ada juga model lain yang total luasnya hampir sama tapi dijadiin 3 atau 4 lantai gitu, jadi per lantainya kesannya “sempit”. Tapi kan tiga atau empat lantai, haha. Tapi mendingan satu lantai sih ya tapi luas, hahaha 😆 .

    Eh iya lho waktu beli rumah mesti dipikirin juga maintenance sama bersih-bersihinnya gimana, haha. Kolegaku cerita dia bilang kalau sendiri mah apartemen aja enak bersihinnya praktis. Ngapain rumah gede-gede, bersihinnya susah dan capek! Hahaha 😆 . Ya secara di sini manggil orang buat bersihin kan lumayan juga ya biayanya.

    • Hahaha.. aku gak tahu berapa luasnya, tapi tiap lantai minimal 2 kamar, ada yang 3 kamar, plus ruang tamu, ruang makan, dapur kering, dapur basah, kamar si ART, nah itung sendiri deh hihi..

      Benarnya sih tergantung deh ya, kalau sendirian aja, gak usah gede2, kecuali kalau mikir kedepannya buat berkeluarga, then punya anak, nah itu lain cerita kali ya..

      Di NZ pun, ada ternyata yang bersihin jam2an gitu, kirain semua orang kerjain sendiri haha.. Bayarannya katanya lumayan juga..

  4. Kerjaanku kan ada hubungannya sama org2 bikin rumah. Kadang ada yg cuma 2 lantai tapi pake lift, krn ada lansia yg ikut tinggal di sana.
    Yg spt ci inly bilang tiap lantai buat ortu, anak 1, anak2, dst nya pernah ada jg di sini. Kdg tiap lantai desainnya beda, nurut selera si pemilik lantai 😆😆😆

    • Iya kalau lansia, biasanya aku perhatiin, tinggalnya di lantai bawah, atau yah yang tangganya pake lift chair gitu, hehe..

      Lucu juga tuh yah kalau tiap lantai ada themenya, hehe

  5. Dipikir-pikir rumah enam lantai itu efisien juga ya. Lahan yang “kecil” bisa kepakai untuk beberapa keluarga. Pada saat yang sama tiap keluarga dapat ruang gerak sendiri tapi masih dekat keluarga. Menarik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s