Soal Tipping

Tiba2 kepikiran pengen cerita soal tipping. Tipping yang gua masuk disini adalah soal duit tip ya.. Soalnya gua baca di Wikipedia, ada arti lain dari tipping. Ini gara2nya pas gua tanya sama Iyan, di New Zealand tuh tipping penting atau nggak sih? Tipping is not common in New Zealand, tapi kalau mau dikasih uang tip yah monggo aja.. Tapi bukan suatu keharusan.

Nah ngomong2 soal tipping, ini kalau lagi makan di restoran di Jakarta ya, kan kadang ada yang pakaiΒ service charge tuh.. Misalnya makan Rp.100.000, pajak makannya 10% jadi Rp. 10.000, nah service charge yang masuk ke tipping ini biasanya 5 – 5,5% dari bill asli, jadi Rp. 5.000 – Rp. 5.500 ( gak usah bingung yaaaa ) jadi totalnya jadi Rp. 115.500. Nah tidak semua restoran memberlakukan service charge. Salah satunya restoran tempat gua kerja dulu, alasannya nanti ribet urusan bayar pajak segala. Ya udah lah, gua sebagai karyawan ngikut aja. Nah ada beberapa restoran juga yang gua tahu, walopun tipping masuk ke service charge, ujung2nya karyawannya gak kebagian juga, jadi yah karyawannya tetap ngarepin tip dari pengunjung restoran. Uang tip ini kadang penting gak penting sih kelihatannya..

Restoran tempat gua kerja dulu, uang tipnya dikumpulin dari tanggal 15 bulan ini ke Β tanggal 15 bulan berikutnya, nanti kotak tipnya dibuka, terus dihitung totalnya dan dibagi sama rata kesemua orang yang kerja, termasuk gua waktu itu dapat juga. Nah besarnya uang tip ini beda2 pastinya tiap bulan. Jadi hasil uang tip sebelum dibagi rata buat semua orang, akan dikurangi dulu dengan barang2 yang pecah setiap bulan. Misalnya kalau ada tamu yang pecahin piring, nanti dari uang tip akan dipotong sebesar 25% dari harga piring. Harga piring misalnya Rp. 10.000/ buah, jadi akan dipotong Rp. 2.500. Lain cerita kalau yang mecahin salah satu karyawan, akan dipotong 75%, begitu pun dengan barang pecah lainnya, fungsinya biar semua karyawan lebih hati2, gak slebor. Jadi lain kali kalau makan ke restoran, yang bawa anak, jangan dikasih main2 pecah belah yah, kesian sama waiter/waitressnya kudu nanggung tuh barang kalau pecah hihi..

Nah kalau uang tip yang tipe langsung dikasih sama tamu yang makan, tentunya beda banget sama yang masuk ke bill di service charge. Aturannya kalau tamu langsung kasih ke tangan kita, yah tuh uang tip jadi milik kita sendiri, kalau di taruh di cover bill ( ini tuh kayak kalau loe pas minta bill habis makan di restoran kan datang tuh yang kayak buku gitu ) yah kudu mesti masukkin ke kotak tip. Yang bikin kesel, kalau waiternya curang, udah siapin duit Rp. 5.000 dikantong, nah kalau tip dari tamunya Rp. 20.000, bisa aja ditukar sama duitnya, jadi dia untung sendiri Rp. 15.000, caranya gimana? Gak usah ditanya lah, pada pinter2 semua tuh mereka.. Hehe..

Mantan gua dulu suka cerita, kalau di Mexico, semuanya kudu ngasih tip. Contohnya, kalau kita belanja ke supermarket, kan habis di scan harga barang belanjaan kita, si kasir bisa aja bantuin kita masukkin barang kita ke dalam kantong plastik, kasirnya kudu dikasih tip sama kita, halahhhhh.. Habis itu kalau misalnya ada yang bantuin kita dorong troli ke mobil, itu kudu kasih tip juga ke orangnya.

Kayak di Jakarta sekarang ni, semua mall kan petugas parkirnya pakai seragam yang tulisannya no tipping, tapi mah tetap aja sih, kalau misalnya pas weekend ngemall,Β terus nyari parkir susah, then dibantu, dikasih uang tip juga kan ke mas parkirnya haha.. Bener gak?

Ciao, Inly

Advertisements

29 thoughts on “Soal Tipping

  1. Wah kalau service & charge-nya trus gak dikasih ke karyawan ya berarti nakal juga ya? Eh kecuali kalau terus asumsi gaji karyawannya udah dinaikin dulu sih, hehehe πŸ˜› .

    Tipping di Belanda juga gak keharusan. Tapi kadang juga ditanya mau ngetip atau engga. Nah begini yang kadang agak bikin kesel, berasa “ditodong” nggak sih? Haha πŸ˜† .

    Kalau di US mah memang harus kewajiban ngetip lah, haha. Kalau gak salah rata-ratanya 18% gitu πŸ˜› . Makanya pas ke US dulu selalu siapin smartphone buat buka kalkulator, trus totalnya aku buletin ke atas, ahahah πŸ˜† .

    • Eh itu yang ditanyanya biasanya kalau pas bukan di Belanda sih, biasanya pas jalan-jalan di negara EU lainnya, haha. Di Belanda jarang banget pelayannya “nodong” tip gitu πŸ˜› . Paling biasanya ada kayak jar kecil di deket kasir yang isinya banyak recehan koin, haha.

      • kalau di Jakarta yang kayak jar itu, kalau tamunya bayar ke kasir, mungkin bakal masukkin tip, tapi kalau yang jarang jalan ke kasir, biasanya either gak ngasih atau yah ditaruh di cover bill.. Eh pernah lho, ada tamu makan, ortunya ngasi kayak 10 ribu/20 ribu, eh pas ortu keluar, anaknya balik lagi ngambil duit tipnya masuk kantong dia haha..

    • nah balik lagi ke kebijakan masing2 perusahaan si.. Iya, kalau kena todong jadi males ngasih yah.. padahal mungkin sebenarnya pengen ngasih, hihihi..

      Lumayan gede juga yah 18%.

  2. Di Amrik sama Canada, ngasih tip itu harus πŸ˜„. Besarnya 10-15 percent dari total sebelum pajak. Paling ngak sih ngasihnya 10%. Di Canada kalau makan di restoran jadinya agak mahal karena sales tax saja sudah 13% (di Ontario). Kalau di resto cepat saji ngak usah ngasih tip.

  3. Gw sepanjang trip kemarin cuma pas di Denmark (Copenhagen n Billund) yang ditodong buat ngasi tip zz, di Hamburg sama MalmΓΆ ngga.
    Kalo pas di Jakarta gw biasanya ngitung utk ngasi tip sekitar 10-15% dari bill Inly, kecuali kalo bill-nya WAW jumlahnya, itungan itu ga berlaku n gw kasih yg sewajarnya aja hahaha

    • Padahal mungkin mau ngasih kalau gak ditodong, eh giliran di todong kok jadi males ya hehehe..
      Iya, kadang kalau billnya gede, pasti ngasi sewajarnya juga.. kecuali sudah include dalam bill yah ( service charge )

  4. Di Swedia ga ada aturan harus kasih tips. Apalagi sistem lunch di sebagian besar restonya pake buffet. servis sendiri semua. kecuali dinner/finedinning di resto tertentu, kita inisiatif ngasih. sejauh yg aku liat sih ga ada yg berani nodong minta tips.

    • Sekarang berhubung rata2 pake baju tulisan ” no tipping “, banyakan udah pada gak ngasih, tapi kalau lagi ruame banget sih mall dan susah cari parkiran biasanya pada ngasi. tapi yah memang ada yang nakal, sengaja sembunyiin parkiran.. jadi berdiri di ujung gang, terus bilang full.. Suka kadang yang masuk, mobil bagus.. Kalau sampe gak dapat uang tip yah resiko juga sih..

  5. Di sini tipping bukan budaya sih In. Tapi di beberapa restaurant, terutama yg agak fine, di receiptnya itu mereka nyelipin kolom tip. Jadi nanti dicharge ke ccnya extra. Kalau di Amrik, semua serba pake tip kecuali food court n fastfood, malah kesannya maksa.

  6. Yg pasti aku kasih tip itu supir gojek/grab/uber. Apalagi klo billnya ridiculously cheap kayak cuma 5ribu, aku lebihin lah, masa cuma ngasih 5ribu?

    Di Taiwan, budayanya no tipping. Supir taksi selalu kasih kembalian pas, klo kita sengaja tinggal kembaliannya buat tip suka diteriakin biar diambil kembaliannya, lol. Wah, klo di Indonesia billnya 20ribu kasih 50ribu bisa ga balik 30ribunya, bilangnya ga ada kembalian. #eaaa

    • Kalau aku tergantung deh ngasi tip nya, kadang abangnya gak mau, tapi kadang gak kukasih karena lagi bokek banget 😦

      Paling sebel kalau naik taksi, supirnya kepo berat, tapi ngarep tip gede, apalagi kalau naik taksinya ma Iyan yang notabene bule, kadang ku bilang, udah gak usah lebihin banyak2..

      • Klo duit ngepas biasanya nebeng go-pay adekku hahah klo transaksi non-cash lebih gampang untuk ga kasih tip.

        Yang paling sebel begitu liat bule trus langsung tembak harga, ga mau nyalain meterannya. Makanya ogah naik taksi di Indonesia.

        • Iya kalau gak pake tip, emang enakan yang non-cash, tapi aku beberapa kali kena yang belum dijemput udah dipotong, trus end trip.. Kan ngeselinnn..

          Kalau aku sih digituin pasti lsg turun.. Nyari mall atau hotel aja, pasti ada taxi resmi.. walopun yah kalau pas di tempat antah berantah, rempong juga yaa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s