Soal Visa dan Pertanyaan2 Kepo

Salah satu almarhum om gua pernah ngasih tahu ke gua, nyari duit tuh diluar negeri yang gajinya pake dollar, tapi foya-foyanya di Indonesia aja, pasti mantap banget tuh.. Yah siapa yang gak mau coba? Apalagi beda rupiah sama dollar ( konteksnya dia sih dollar Amerika ) jauh bener.. Waktu masih belum kerja sih, bolehlah cita2nya nurut sama si om. Tapi kenyataan gak pernah segampang cita-cita.

Gua inget cerita soal tetangga gua yang kerja ke Amerika, pake agen. Jaman dulu banget sih ini yah, bayar 25 juta, terus bisa kerja di Amerika, yang ujung2nya pun kerja illegal. Udah gitu sampe di Amerika jadi penduduk gelap,ย yang setiap saat mesti waspada dari petugas imigrasi yang suka ngecek2.. eh terlibat sama obat2an, alhasil benar2 tidak punya identitas, alias udahlah jadi gelandangan abis. Gak bisa pulang ke Indonesia, karena gak punya semua surat2 lagi. Ntah gimana ceritanya, akhirnya dia nikah sama orang Amerika, dan perlahan2 bangkit kembali. Walaupun sampe saat ini, gak pernah sekalipun pulang ke Jakarta sih.

Eh tapi sebenarnya gua pengen curhat, hahaha..

Setelah ada teman gua yang gak bisa bedain Australia dan New Zealand, karena dikiranya New Zealand itu di dalam Australia ( huhuhuhu ), terus ada lagi yang mikir, gua sekarang kan tinggal di New Zealand, terus nanti kalau dia main ke New Zealand, mau nebeng tinggal di tempat gua, kan mayan bisa irit biaya tempat tinggal, duhhh gua bilang, loe dah browsing belum, Blenheim itu letaknya dimana? #tepokjidatdeh. Nah yang terbaru, dengan visa turis liburan ke New Zealand tapi tujuan utamanya cari kerja.. Huhuhuhu.. Sedih deh gua..

Namanya juga holiday visa kan, dimana2, di negara manapun, holiday visa yah buat holiday, kalau working visa baru deh buat kerja. Masalahnya, banyak banget orang yang males browsing. Browsing kalau mau pindah ke negara lain itu, syaratnya apa aja? Gua tahu sih, mungkin lebih gampang buat mereka tanya langsung sama yang sudah pengalaman, atau yang sudah pernah mengalami. Gua pun mungkin tanpa sadar suka kayak gitu. Tapi gua tentu sudah browsing2 dulu sebelum tanya, atau habis browsing dan bingung, baru deh tanya. Misalnya gua diposisi yang ditanya, gua bakal bantuin kasih info juga, tapi pertanyaan yang masuk akal tentunya ya..

Kebayang kan, kalau kerja pake visa turis, terus ketahuan, terus dideportasi, walaupun dibilang bakal dikasih waktu 5 tahun gak bole masuk ke New Zealand, itu sebenarnya selamanya.. Termasuk gak bakal tembus apply visa apapun ke Australia, atau negara2 maju lainnya, mereka juga takut kalau nanti yg terdeportasi itu bakal menyalahgunakan visa liburan mereka. Yah gua dah jelasin ke temen gua, kurang lebih resikonya gitu, yah kalau tetap sampe dia bandel juga, ya wes.. None of my business.

Ada lagi yang tanya, eh bikin visa kerja berapa lama sih? Nah, setahu gua dimana2 ( normalnya ) bikin visa kerja itu kalau loe disponsorin sama perusahaan yang akan menghire loe, baru deh loe bisa urus visa kerja ( setidaknya yang gua tahu di New Zealand yah kayak gitu kecuali special case ). Dan urusnya pun kudu di Jakarta, bukan di New Zealand ( cmiiw ). Persyaratannya apa aja? Silahkan dibaca di website imigrasi New Zealandย Seandainya bisa urus visa kerja sendiri, sudah banyak orang yang cari kerja di luar negeri kan ya..

Terus ada juga yang tanya gua, Ly, loe gak buka WO disana? hahayyyyy.. Yah dikira gampang bangett.. Terus yang mau gua urusin, nikahannya siapa? Dari segi kultur aja sudah beda banget, tiap gua cerita soal klien2 gua sama Iyan, dia aja suka komen, gile tuh tamu rame gitu, mang kenal semua? Kasih makannya gimana? Dsb, dsb.. By the way, kalau buka WO pun, setahu gua hanya bisa buat resident, yang pegang working visa yah hanya kerja saja, gak bisa buka perusahaan. Lagian pohon duitnya belum ditanam juga. #facepalm

Terus ada yang kepo tanya juga, loe lama banget di New Zealand, ngapain aja? Jujur, untuk yang satu ini gua bingung jawabnya, baru aja kemarin gua bahas sama Iyan. Dari kemarin2 ada yang tanya, tapi gua jawab, liburan. Nah orang yang sama, whatsapp lagi, loe liburan kok lama banget? Udah pindah ya?? *sigh* Soalnya kalau di jawab liburan doang, pasti bahasannya panjang. Kalau gua jawab, gua pindah ke New Zealand, sama aja, bahasannya pasti tetap panjang haha..

Adalagi yang tanya, duhhh loe enak banget sih bisa tinggal di New Zealand? Gimana caranya?? Pacarnya orang sana ya?? Mau dong dikenalin juga sama bule New Zealand.. Yah kali kalau segampang itu yaaaa..

Pertanyaan berikutnya, loe kerja atau ngga sih di New Zealand? Kalau loe kerja, mau dong gua dibantuin juga, biar dapat kerjaan disana. Kan mayan lho dibayarnya pake dollar.. Yah terus kalau udah kerja disini, dibayar pake dollar buat dipake jajan di Indonesia, terus biaya hidup disini gak dipikirin gitu??

Percayalah, semua itu butuh perjuangan..

Ciao, Inly

38 thoughts on “Soal Visa dan Pertanyaan2 Kepo

  1. Kalau orang nanya dan kelihatan dari pertanyaan belum cari-cari info (zaman gini gitu, tinggal google aja kan), artinya orangnya nggak niat, haha. Kalau aku sih bakal ogah meladeni, karena akunya jadi capek sendiri sementara orangnya pun gak niat kan, haha ๐Ÿ˜› .

  2. Never ending pertanyaan Kepo deh Inly pokoknya, mau apapun statusnya. Bukan hanya yg dari Indonesia tapi dari yang sesama perantau pun. Kalau di kotamu pasti sedikit banget kan orang Indonesianya (sok tahu gitu haha), ada untungnya. Kalau yg tempat tinggalnya penuh sesak dengan orang Indonesia, adaaa aja “cobaannya” meskipun misalnya nih, cuman diam di rumah *lah malah curhat haha. Tapi untungnya, banyak yg jual makanan Indonesia, penolong kalau males masak *ujung2nya makanan lagi ๐Ÿ˜… Semangat Inly!

    • Hahaha.. Disini ada org indo, tapi aku belum ketemuan juga.. baru contact 1 org doang haha.. Iya, Den.. tetap semangat kok.. hihi.. Secara posting foto atau gak posting foto di Instagram, atau gak update Twitter, org2 juga pada tahu kalau akunya di NZ, kan drpd keki sendiri, rugi sendiri, yah udahlahhh.. wkwkwkw (sok bela diri)

  3. Hahaha๐Ÿ˜*maap ketawa dulu.. Ini sebabnya aku enggan mengekspos soal kehidupan luar negeri, suami WNA, dan semua hal terkait, terutama di dunia offline.. BTW, kalo ada yg tanya info tapi kelihatan orangnya malas cari sendiri, aku suka saklek suruh cari sendiri๐Ÿ˜*jutek

    • Hahaha.. Berarti aku doyan ekspos2 yahh hihi.. habis gimana dong, posting sama gak posting, bakalan sama ditanya2nya.. Drpd aku kesel sendiri, yah udah posting aja hahaha.. Waduh, dunia offline aku lebih banyak yang kepo drpd dunia online.. ckckck..

      Kadar yang males nyari memang selalu lebih banyak drpd yang nyari, aku mau banget kok bantu info2 buat yang memang niat nyari atau yang on progress, at least aku tahu rasanya gak ada info apa2 yang bisa dibrowsing huhuhu.. terus bingung kudu tanya siapa..

  4. Ini bikin gw inget si nyebelin KC itu!
    Dia kan orgny gak mau susah sampe pernah minta kerjaan ma gw… gw kasih link dia banyak tanya lg GAMPANG GA KERJANYA? KALO GAJINYA KECIL GW GAK MAU, trs minta2 bule sm gw n temen gw yg pasangan Kiwi, In — katanya biar adiknya bisa pindah sini juga. Haduhhh

  5. Yang kuat yah Inly. Elus-elus dada biar kuat menghadpi pertanyaannya dan manusianya. Atau abaikan ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ . Kayanya kalo dasarnya kepo mau ngapain juga ttp d kepoin. ๐Ÿ˜€

  6. Haha iyaaa… Dulu pas saya buka foto studio temen-teman juga langsung banyak yg ngontak, nglamar kerja๐Ÿ˜‚ Yaolo…*tepok jidat, facepalm, manatap langit bareng-bareng ๐Ÿ™ˆ

  7. Jaman sos med sih ya Ly, yang diliat hanya postingan kita aja tanpa tahu ada apa behind the scene nya. Saran gw sih ga usah dipusingin, anggap angin lalu aja pertanyaan2 yang nyebelin, biarlah mereka pusing sendiri dengan kekepoannya :p

  8. Aku juga suka bingung loh, jangankan pindah menetap di negara orang, liburan aja pun kita kudu brosing sana sini kan. Kok ya malas baca. Aku yang bukan reader mania aja kalau urusan pindah ya ampe stress cari info tertulis ini itu. Padahal calon suami pun sebenarnya bisa kasih info. Tapi namanya ke negara orang kan ga seperti lompat pagar. Lompat pagar aja susah. Kok ya modal nanya orang yang sudah menetap di Luar negeri dirasa rasa lebih gampang. Kalau aturan berubah gimana. Aku ada tulis ttg pengurusan RP ke Swedia di Blog. Rasanya uda detail bgt ditulis, tapi yang ditanya itu lagi itu lagi yang kesannya tulisan ga dibaca dulu. Awal aku masih baik jawab, lama lama moh jugalah. Kok ya mau pindah negara angot angotan ga serius bacanya. Trus itu ya satu, paling males ama yang suka kepo. Padahal uda tau jawabannya tapi kok rasanya mulutnya pada gatal mau nanya apalagi yang privat. Ga usah diladeni deh. amsyong bgt. Cari kerja, emang gampang apah. Susah kalau mental jalan ditempat masih dipelihara

    • Kalau udah tulis detail, terus gak dibaca dan tanya lagi, emang bikin kesel.. Aku dulu malah suka banget browsing2 kayak cerita orang2 pindah ke NZ, tuh kumpulin info.. mau tanya2 juga kadang suka segan.. apalagi kalau nanyanya banyak huhuhu.. Tapi yang kutanya bukan pengetahuan dasar, yang mana itu sudah kubaca.. Jadi kalau kepepet banget, yah baru kutanya.. Jadi kupikir, sebagai imbalan, aku pernah ditolongin sama org yg lebih pengalaman, aku merasa baik2 aja bagi2 info, tapi kalau ditanyain dr nol, yah males jugaaa huhuhu..

  9. *pokpok* yg sabar ya ci, yuk kita gebukin aja org bgtu #nahloh
    aku jg pernah ci di blngin nanti kalo kamu tnggal di Aus boleh ya aku tnggal di rmhmu kalo liburan atau carikan aku pcr orang luar jg donk biar bisa liburan.. duh! pingin ku garuk mukanya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  10. Sorry In, wa mau ketawa dulu hahaha. In, wa yang di Jakarta saja sering digituin sama orang lain apalagi kamu yang kesana hahaha.. Pada nganggep Jakarta itu ladang duit, gaji pasti minimal 10 juta, pasti hidup enak, pasti begini begitu, gimana kamu yang bayar apa apa disana pakai dollar? Hahaha.. Udah In, cuekin saja orang-orang seperti itu, rumput tetangga memang lebih pink kog (wa ga mau bilang hijau lagi, udah terlalu biasa itu).

  11. gemes banget sama yang menyalah gunakan visa untuk hal yang gak semestinya. Dampaknya kena sama yang jujur mau buat visa tsb untuk apa ๐Ÿ˜ฆ pantesan aja UK makin ketat sama orang Indonesia, banyak yang bandel banget huuffttt

    Duh masih belum kesampean nih ke NZ tapi someday pengen buat liat bintang2 nya :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s