5 pertanyaan yang ditanyakan ke gua pada saat interview kerja

Gaessssss..

Kemarin2 habis ngeluh kok gak ada yang manggil gua buat interview kerja padahal sudah masukin lamaran lumayan banyak. Eh tiba2 dalam waktu bersamaan, kepanggil interview sampe di 5 tempat, ihiyyyy.. Padahal baru 5 tempat, belum tentu juga kepanggil untuk lebih lanjut.. Hahaha..

Setiap kali mau pergi interview, selalu nervous sampe bolak balik ke toilet, hahaha..  ( eh ini bolak baliknya sih dirumah ya ). Bukannya apa2, gua cuma nervous kalau apa yang gua omongin, si interviewernya gak ngerti, alias gak nyambung. Itu aja.. Nah 5 kali interview, 5 pertanyaan ini selalu muncul.

  • How should i call your name? 

Inlycampbell hanya nama pena, tapi nama depan gua, juga Inly kok.. Untuk manggil ” INLY ” aja buat bule juga susah, pasti jadinya IN-LAY bacaannya. Jadi menurut mereka, berhubung sebutannya mungkin gak kayak gitu, jadi mereka selalu tanya gua dulu. Dan buat gampangnya, ” just call me LILY “. Tapi gua dapat masukkan dari Mariska, kudunya nulis nama panggilan setiap kali lamar kerja dengan nama panggilan INLEE. Pasti ga salah sebut deh hehehe.. Thanks Mar… ( anyway, nama asli gua jawa banget lho )

  • Are you sure, you are 40?

Jadi CV nya New Zealand, ada beberapa perbedaan dengan CV di Jakarta, yang mana tidak ada penulisan gender dan agama pastinya. Gak perlu juga masukkin tinggi dan berat badan. Nah pas interview, disuruh isi form dari perusahaan, ada kolom data2 pribadi. Jadi pas mereka baca, selalu pada kaget lihat umur gua dengan muka gua, hahaha.. Sumpah, gua gak tahu mesti bersyukur atau kaga. Soalnya yang ditunjukkin ke mereka hanya visa kerja saja, bukan halaman depan paspor yang ada data diri kita juga.

  • I cannot guess, either you are a lady or a man, if i read your name.

Jadi mestinya pas gua lamar kerjaan, kudunya pas nulis nama, didepannya dikasih gelar “Ms” jadi orang2 pada tahu kalau gua cewe. Menurut salah satu HRD yang interview gua, mungkin itu jadi kendala juga buat orang2 manggil gua buat interview. Karena gak jelas, takutnya gak sesuai dengan pekerjaannya. Nah masalahnya lagi, di iklan lamaran kerjaan di koran, jarang yang ditulis prefer woman or man. Kecuali beberapa kerjaan semacam plumbing atau painter, rata2 ditulis butuhnya cowo.

  • What happened if your visa run out?

Jadi visa kerja gua cuma 6 bulan, dan berhubung yang manggil gua buat interview hanya untuk kerja casual, mereka gak mau banget kalau disuruh buat perpanjang visa kerja gua, ini jadi salah satu pertanyaan juga pas lagi di interview. Yah gua tinggal jelasin versi gua soal visa kerja ini.

  • Do you mind to do volunteer work for a day because you have no New Zealand experience? So we can count it as a reference.

Dari 5 company yang interview gua, semuanya menginginkan hal yang sama, dengan catatan, nanti dikontak lagi ya buat volunteernya, yah sampai hari ini sih belum ada lagi yang kontak gua, haha.. Apalagi besok dah Sabtu, will see deh ya, minggu depan. Mana hari Senin besok, libur nasional pula. Hari buruh di New Zealand. 

Jujur, selama gua kerja dari tahun mid  2000 – mid 2017 di Jakarta, semua kerjaan gua dapatkan based on referensi, bukan lamar sendiri lewat koran2 atau iklan2. Jadinya giliran lamar2 gini, kelimpungan sendiri, apalagi bahasanya bukan bahasa ibu, makin keder. Sayangnya semua kerjaan gua yang dulu gak dilihat sama sekali. Selalu ditanya, dulu kerja di restoran ngapain aja? Kerja jadi wedding organizer ngapain aja? Sebelum kerja di restoran, gua pernah kerja jadi internal auditor, tapi itu udah luaaama sekali, gak valid banget sih kalau gua masukkin ke CV ( menurut gua ya ).

Finger cross for whatever job yang halal yaaaaa…

Ciao, Inly

Advertisements

20 thoughts on “5 pertanyaan yang ditanyakan ke gua pada saat interview kerja

  1. good luck yaaa dear…

    namaku bule banget, kalau mo presentasi di uni lain dipikir Belanda asli malah, jadi belum2 selalu dibilang: presentasinya bahasa Belanda aja kan ya?

    kalau pas mau ngajar di Indonesia malah dipikir yg ngajar bakalan bule, padahal BuLik (*tante kalau bahasa Jawa) ^^,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s