Mari Masak (4)

Disclaimer : postingan ini bukan untuk kelihatan sok pamer2 kayak bisa masak banget hihihi.. Hanya buat kenang2an pribadi aja.. 

Daripada bete mikirin kerjaan, mending masak aja dah.. Hihihi.. Ini rangkuman masak-masak gua dari beberapa waktu. Masih berusaha baking sih sebenarnya. Terus karena gak mau rugi yah, biasanya gua baking 2 macam kue sekaligus, karena ovennya lumayan gede tapi yang di baking, dikit doang haha..

Iyan suka makan capcay, walopun tetap kudu ada dagingnya yah, gak hanya cuma sayur2 aja hahaha.. Jadi gampang banget deh bikinnya.. Kadang gua cuma masak pake panci, tapi dia suka keukeh pake kuali ( listrik ) dan gua suka males nyuci kualinya hahaha.. Jadi kalau masak pake kuali, dia yang nyuci kuali deh, kecil sih kualinya, cuma karena ada colokan listriknya, gua suka ngeri sendiri, padahal sih gpp juga hahaha.. Pas banget habis beli kembang tahu yang kering.. Biasanya cara masaknya, kalau nyokap, digoreng dulu, tapi ini karena rada repot buat goreng2, akhirnya gua rendam aja, jadinya melebar deh.. Berantakan banget yah, yang dua pake bakso, yang satunya lagi pake sapi cincang..

Percobaan bakso untuk kedua kalinya, kali ini lumayan mirip cuma masih belum pinter buat bulat2in baksonya. Pake 2 sendok kecil tapi pegel banget haha, akhirnya yah udah deh, yang penting bentuknya gak kotak wkwkwkwk.. Minggu lalu, nyoba lagi bikin buat ketiga kalinya, nah ini sudah mirip rasanya, cuma masih modelnya gak bulet kayak bakso hihihi..

IMG_9082

Udah gua masak sebagian, sisanya gua freezer. Jadi nanti mau masak lagi, tinggal dicelupin aja ke kuah.. Nah sisa bakso sebelumnya, gua bikin bihun dan bakso.

IMG_8427

Nah penampakan bakso plus sama bihun, kurang nampol aja gak ada cabe ulek hahaha.

Terus baca resep mie ayam kuah di koran , nyoba bikin mie ayam kuah, yang kuahnya asli dari tulang ayam, gara2 kena asam urat, jadinya gak makan daging merah dulu. Makannya ayam. Eh penampakannya malah aneh hahaha..

IMG_8911

Punya Iyan tetap ada baksonya, kalau gua cuma ayam aja

 

Lain cerita, kepengen makan gado2, terus kapan hari gitu, sempat beli bumbu gado2 sama orang Indonesia yang tinggal di NZ juga, tapi di kota lain. Eh gua nyoba sih gak pedes, lah Iyan kepedesan, hihihi.. Bumbu gado2nya sih mungil abis, akhirnya gua tambahin sama selai kacang, untung dirumah ada yang selai kacang yang halus.. Cuma pilihan sayurnya gak bisa banyak2. Ala ala deh yaa..

Bikin perkedel gara2 beli tepung Kobe. Karena gak ada kornet, jadinya beli daging sapi cincang lagi, dan dikasih tahu sama Leony, kudu dimasak dulu dagingnya, jadi semua bahannya udah mateng, lebih gampang. Wes ngikut aja saran dari ibu yang jago masak. Gorengnya di kuali ( listrik ) tentunya. Sayangnya ni kuali listrik, kadang tuh kalau kualinya kepanasan, dia bisa ngadem sendiri, alhasil kalau goreng2 gini, jadinya gampang minyakan banget.. Tapi ya sudahlah, yang penting jadi, Iyan makan pake sweet chilli sauce, gua makan pake sambel terasi dong hahaha.. Mules aja habis itu.

IMG_8792

Beli agar2 merk Swallow, terus bikin es buah deh. Buah campurnya terpaksa buah kalengan, soalnya buah aslinya mahal hahaha

Nyoba bikin meat loaf, hasilnya sih mayan, tapi gua gak terlalu suka, ini campuran daging sapi dan daging babi cincang, mau bikin cuma pakai dagi sapi aja juga bisa.. Terbukti 2 macam daging ini kalau dicampur, yang ada rada benyek. Karena sisa dagingnya gua bikinin buat isian perkedel lagi. Dan jatuhnya dagingnya benyek. Yah mungkin gua yang salah takaran kali ya..

Jadi ini gua baking bareng karena suhunya sama, cuma tentunya sih muffin jadi duluan. Nah resepnya muffin, pakai resep dari Nadia Lim, itu juga nyontek di koran. Beberapa kali bikin yang resepnya pakai minyak, jadinya empuk deh. Gak keras kayak biasanya. Yah gak nyalahin resepnya kok, cuma gua belum canggih aja hehehe.. Kalau banana loafnya, sesuai resep dari Edmond Cook Book. Cuma gua gak tahu kenapa, selalu hasilnya ( bentuknya ) beda2 mulu.

Ini 2 kali bikin, mestinya sih banana chocolate cupcake, resepnya Helena, tapi karena gua gak punya coklat bubuk dan gak mau pake krim diatasnya, modelnya jadi kayak gini, tapi enak banget deh, baru kali ini, bikin 12 biji, pas diangkat tahu2 sisa 6 biji aja, hahaha..

Kalau yang ini gara2 lihat Joey bikin red velvet cupcake, terus lihat di supermarket, ada yang jual tepung red velvetnya, ya udah beli aja, tinggal ditambah beberapa bahan, dan jadi juga, walaupun waktu beli tepungnya dikasih juga icingnya, tapi gak gua foto yang sudah ada icing, soalnya berantakan pake BANGET hahaha..

Kalau yang ini bikinnya pake niat, marble cake abal abal, karena gak punya loyangnya, dan gak nemu loyang yang sesuai, jadi gua nyari resep yang pake loyang persegi panjang. Hasilnya dari segi warna, not too bad, bisa kayak ular muter gitu, tapi ini pas sudah sejam di dalam oven, pas gua nyoba tusuk, lah masih bentuk adonan dibagian dalam, akhirnya gua biarin sampe matang, yang ada kulit atasnya jadi keras banget hahaha.. Ini gara2 lihat Kiki bikin marble cake.. hahaha..

Yang terakhir, ini lebih ajib lagi, pengen makan pandan chiffon, tapi lagi2 gak punya loyangnya.. Yang penting ada tempat yang bisa masuk ke oven, hahaha.. Gpp kelihatan bantet, yang penting rasanya sama kok hihihi.. Btw, perkara beli loyang di Blenheim, bukan perkara mudah. Apalagi yang spesial tengahnya bolong, huhuhu..

Bonus :

IMG_8834

Gua ma Iyan berdebat untuk bikin caramelised onion, hasilnya gosong, bikinan Iyan tentunya hahaha.. 

Nanti kalau masak2 lagi, bakal posting lagi.. Kadang habis masak tuh, udah kenyang, bekas icip ini itu, jadinya pas mau makan udah gak doyan duluan hahaha..

Ciao, Inly

27 thoughts on “Mari Masak (4)

  1. Cuek aja kali Inly, mau pajang masak telor ceplok juga oke kok. Kan blog kita ini hihihi. Di ig gambar gambarnya lebih jelas. Wp kdg suka lemot liat gambarnya.

  2. Ih inly makin keren aja nih masakannya, gue sampe sekarang belom bernyali buat bikin bakso sendiri euyy, takut udah ribet trus gagal males benerrr wkwk

    Btw di sana cabe susah ya Inly?

  3. Wihhh Inly, baking2 nya sudah banyak aja jenisnya. Top! Aku males baking karna suami sudah woro2 jangan sering2 bikin kue kalo ga mau lihat badannya melebar hahaha. Yah akhirnya jarang banget deh baking2.

    • Makasih Den.. ini benarnya kepengen makan aja, kalau kaga, juga kayaknya males haha.. Masalah lainnya, karena cuma berdua, memang peer, kalau sekali bikin gak bisa kurangin resep, alhasil jadi lama habisnya.

  4. Aku klo bikin baso nyetaknya pake tangan, caranya ambil adonan segenggam, kepalkan tangan adonan akan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Tangannya pake sarung tangan yg khusus buat Di dapur jadi ga lengket, bisa liat Di YouTube caranya. suami pernah googling nyari cetakan buat bikin bakso sampe beli online awalnya bikin kejutan kasih cetakan buat bikin baso krn aku sering bikin baso ternyata hasilnya ga sebaik kepalan tangan jadinya Aku kembali pake Cara traditional dgn jari jari itu😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s