Soal Asam Urat

Salah satu penyakit yang memang momok abis buat gua, adalah asam urat. Nongolnya pun belakangan ini, padahal dulu sering kayak lab check soal kolesterol dan asam urat, dan si kolesterol selalu lebih menonjol dibanding asam urat. Belakangan ini baru terserang asam urat. Nah masalahnya kadang tuh suka mikir kalau beberapa penyakit, bisa browsing infonya lewat internet, terus coba2 nuntasin sendiri, emang sotoy banget yaaaa.. Soal asam urat ini pun, gua posting status di twitter, dan berkat info dari Puji, baru sadar kalau kena asam urat. Nah langsung browsing deh, penyebabnya apa, dan cara penyembuhannya.

DIET, kata yang tepat untuk penyembuhan si asam urat ini. Banyak abis deh pokoknya pantangannya. Terus harus banyak minum air, biar sering pipis dan bisa menghancurkan kristal yang bikin sendi sakit banget.

Berhubung sebelum gua ke dokter, gua sudah browsing2 di internet, dan tahu banyak pantangannya, jadi pas ke dokter, gua diperiksa dan dikasih obat, plus dikasih selembar selebaran buat gua baca soal asam urat ini. Udah gua baca sih selebaran yang cuma selembar itu, masalahnya karena makanan disini beda sama dengan di Indonesia yang kaya rempah, alhasil lama2 bingung sendiri hahaha.. Sotoy sih yeee.. tapi akhirnya gua ikutin saran dari selebaran si dokter deh. Nyatanya sih belum sembuh sampai sekarang. Menderita pastinya.

Disarankan makan buah2an seperti jeruk yang kaya vitamin C, gua sampe kalau beli jeruk udah segambreng banget deh.. Pokoknya sarapan gua sehat banget deh, hanya oatmeal dan susu. Makan siang pun ala kadarnya. Β Makan malamnya, tentu ngikut si Iyan, kalau yang makannya daging2an, gua singkirin dagingnya, makan mash potato aja. Kecuali masak ayam, nah gua baru makan. Terus banyak minum air, biar sering pipis. Walaupun menderita, gara2 asam urat ini, timbangan gua bergeser ke kiri hihihi.. ternyata ( masih untung ) dikasih kesenangan didalam penderitaan.

Kalau yang gua baca di internet, asam urat itu menyerang sendi kaki ( kebanyakan ) walaupun ternyata bisa menyerang sendi tangan juga. Nah bersamaan dengan sakit di jari tengah dan jari manis kaki kiri gua, pergelangan tangan kiri gua juga sakit. Ditambah kemarin itu, kok gejala2nya jari manis kaki kanan nyut2an.. Duh, horror habis.. langsung stress yang pasti, 2 kaki dan 1 tangan kalau sakit tuh bener2 timpang banget deh ya.. Kalau dirunut, asam urat gua ini terbentuk sudah lama, sejak awal tahun lalu, pergelangan tangan gua sering sakit, gua kira semacam rematik, jadi kalau lagi sakit banget, suka gua pakein salonpas, ternyata kudunya dikasih air es, kalau dikasih panas, tambah sakit halahhhh.. Ini kaki gua pun setelah bangun pagi dan mau tidur, gua rendam ke air dingin, mayan ngebantu sih.. Masalahnya cuma pas malam hari aja, susah tidur, karena yang kena asam urat itu kayak kebakar.. Nah kalau lagi berasa kebakar gitu, yang pasti jarinya bengkak dan kaki pun kelihatan lebih gede. Pokoknya gak enak deh.

Akhirnya gua ke dokter lagi, hanya minta obat yang lebih ampuh, huhuhu.. Dan akhirnya beli obat pencegah juga, maksudnya kalau sudah sembuh, lain kali kira2 mau makan banyak daging, minum obat penurun asam urat ini dulu.

Kalau menurut Iyan, ini kayaknya karena makanan gua disini dengan di Jakarta beda banget, terus hampir tiap hari hajar makan daging merah ( walaupun hanya makan malam saja ). Dan kalau menurut temannya bokap, salah satu faktornya karena cuaca. Dia cuma anjurin gua makan feta cheese, keju dari susu kambing. Yah makan keju kan enak ya, jadi gua turutin aja hihihi..

Ciao, Inly

58 thoughts on “Soal Asam Urat

  1. aduhhh ini juga kemaren pas mudik kan cek lab trus asam uratku naik 1 level diatas normal…katanya si masih ok cuma tetep ya serem dan pantanganya itu lhooo buanyak benerrr ahahahah

  2. Semoga cepet sembuh ya!! Dan asam uratnya segera turun ke rentang normal.

    Hahaha, iya tuh, sekarang enak ya informasi banyak bertebaran. Tapi kalau untuk urusan self-diagnosis urusan kesehatan begini bisa berbahaya banget lho karena bisa jadi diagnosanya salah dan trus tindakannya juga ikutan salah, haha. Mendingan ke dokter aja πŸ˜€ .

  3. duh, cepat sembuh ya ci!!
    aku juga kemarin di kasih tauk ada gejala asam urat karena aku sukak banget makan keripik belinjo itu tapi sekarang sudah aku kurangin., huhu jadi ngeri sendiri

  4. Haloo ce, toss dulu ah sesama asam urat. Tp alhamdulillah skrg udh berangsur2 normal, jarang bgt tinggi. Kalo kambuh wuah, itu telapak kaki ky ditusuk2 jarum. Sakit bgt.

    Kalo dirunut2 sih, ini asam urat jd rada normal krn emg ngurangin makan daging2an sm sayur daun2 pucuk, kaya daun pepaya, bayam, kangkung, daun singkong. Daun2an ijo lah.. sm ngurangin makan daging itu asli ngaruh bgt. Soalnya aku klo udh bbrp hari gitu makan ayam/ daging merah..pasti kaki mulai senut2. Olahraga dan sering gerak jg membantu mengurangi bgt kambuhnya klo di aku.

    • Walahhhh.. Asam urat juga, huhuhu.. Aku kayaknya tinggi, makanya menderita abis.. Malam yang susah tidur, baru kali ini parah banget, dan pertama kali pula haha..

      Nah daun2 yang disebut diatas, gak ada di tempat aku tinggal. jadi kayaknya memang kebanyakan makan daging.. hehe.. Setujuuu soal olahraga..

Leave a Reply

