Open House New Zealand Military

Tanggal 18 November kemarin, ada event dari New Zealand Defence Force ( NZDF ). Jadi ini berhubungan sama angkatan darat, udara dan lautnya New Zealand. Kebetulan mereka tuh sudah nge-camp dari sebulan lalu, semacam ada latihan deh, dan open housenya ini menandakan berakhirnya masa latihan. Lumayan banget bisa lihat dari dekat beberapa peralatan perang mereka. Latihannya sendiri dikasih nama Exercise Southern Katipo. Diadakan setiap 2 tahun sekali, dan tahun ini semuanya di Top of South Island. Selain tentara dari New Zealand, ada juga tentara dari negara2 lain, seperti Tonga, Papua Nugini, Fiji, Brunei, Malaysia dan Timor Leste, plus beberapa tentara dari pulau2 kecil disekitar Australia, Kanada, Amerika, Perancis dan Inggris.

Nah acara tanggal 18 November kemarin itu dari jam 10.00 pagi sampai jam 2.00 siang. Rame banget sih sama… Anak2!! Yang pasti sampe ngantri buat duduk di pesawat atau tanknya buat FOTO aja.. hahaha.. Ya udahlah, gak rebutan deh.. Gua cukup foto2 aja disampingnya..

IMG_9808

IMG_9898

This slideshow requires JavaScript.

IMG_9870

Dapur portable, tapi dipakainya pada saat kalau ada perang aja, selama mereka nge-camp, dapur utamanya di Christchurch dan makanannya dikirim lewat pesawat.

IMG_9872

Tempat makannya kudu ganti2an

IMG_9877

Rumah Sakit berjalan

IMG_9876

Dibalik jaring2 itu yang bikin nyaru sebenarnya itu adalah kelompok komunikasinya mereka, katanya kalau dilihat dari atas, jaring2 itu cuma kayak tanah.

IMG_9880

Toilet portable

Jadi selama mereka nge-camp 1 bulan itu, tidurnya yah ditenda2 gitu, tapi area yang foto2 terakhir itu gak boleh dimasuki, cuma bisa dipandang dari jauh aja. Yah setelah gua telaah, ini memang lebih ke event buat anak2, pengenalan terhadap NZDF. Jadi setiap peralatan perang yang dipamerkan itu, selalu ada tentara yang jaga dan bisa kasih penjelasan kalau ada yang tanya2. Dan Iyan termasuk salah satu yang kepo, nanya mulu deh.. Haha.. Katanya mau bandingin sama jaman dia ikut latihan militer. Dengar penjelasan mereka sih, udah banyak yang modern banget ya.. Yang gua demen banget itu, si pesawat tempurnya.. Beneran kayak di film2 gitu dalamnya, hahaha.. #norak. Oiya, acara ini hanya sampai jam 2.00 siang kan, dan semua tentara ini bakalan cabut dr Blenheim sore harinya, dengan semua peralatan2 mereka. Dan beneran aja, besok pagi pas gua sepedaan kesana, bersih sih sih, kayak gak ada jejaknya sama sekali, haha..

By the way, biar kata udah Spring, tapi hari itu, anginnya sih ngeselin, terpaksa deh pake hoodie. Berasa masih Winter, hahaha..

Ciao, Inly

NB: Udah mau masuk Summer, mulai banyak event..

10 thoughts on “Open House New Zealand Military

    • Iya Man.. kayaknya memang buat anak2 sih.. soalnya sekarang udah ga ada keharusan latihan militer, jadinya anak2 yg bakal dewasa ini, diharapkan ada yang bersedia volunteer gitu ( kata salah satu tentara yaa )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s