Pengalaman naik pesawat kecil

Kalau biasanya gua ke Wellington naik kapal feri, kali ini karena cuma beberapa hari dan bakalan gak kemana2, jadinya kita mutusin yah udah naik pesawat aja, lebih ringkes juga secara kalau naik pesawat cuma 20 menit one way, naik kapal feri bisa 3.5 jam one way. Nah masalahnya karena gak beli tiket dari jauh2 hari, tiketnya otomatis mahal kan jadinya. Tadinya mau naik Sounds Air buat pulang pergi, tapi Sounds Air full di hari Natal, akhirnya mutusin naik Air New Zealand pas berangkat dan pulang dengan Sounds Air. Gua penasaran banget sama Sounds Air soalnya, pesawat kecil yang isinya hanya 12 penumpang plus 2 awak kapal. Btw, harga tiket Sounds Air, dari Blenheim ke Wellington dan sebaliknya $99 one way, same price the whole year, mau booking hari ini buat berangkat besok atau mau booking sekarang buat berangkat 7 bulan lagi, podo wae harganya.

Pas hari keberangkatan, kita diantar sama tetangga ke airport, yang nantinya pas pulang pun dijemput sama mereka.. Lumayan banget, irit ongkos taksi hihi.. Secara dari rumah ke airport tuh palingan cuma 7 menit, tapi ongkos taksinya bisa $25. Karena cuma beberapa hari, jadi tiket yang kita beli, 1 orang dengan tentengan 7 kilo plus koper 23 kilo, dan 1 orang hanya tentengan 7 kilo. Koper yang gua bawa itu  cabin size, tapi kopernya sendiri 4 kilo ( sedihhhh ) isinya cuma bisa 3 kilo, dan  gua kira mah gak diperhatiin suruh timbang yaaa.. Ternyata yah disuruh timbang juga sama petugasnya.. Walaupun check in nya self service. Untungnya koper Iyan dibawah 20 kilo, jadi sebagian pindah deh ke koper Iyan. Lebaynya kali ini, kita kayak baru pertama kali traveling, bawaan segambreng yang akhirnya gak kepake pas di Wellington, haha..

Pesawat Air New Zealand yang kita tumpangin pun termasuk pesawat kecil, tempat duduknya hanya 12 x 4 = 48 orang dan 1 pramugari. Gak penuh sih pesawatnya tapi  bagian belakang full karena seat pricenya paling murah haha.. Gua ma Iyan duduknya di paling belakang alias di nomor 12 A + B.

IMG_1116

Patung didepan airport, ada sejarahnya tapi gua lupa haha

IMG_1117

Self Check In

IMG_1118

IMG_1119

Sepi abis di airport, bagusnya semua penumpang ditanya, mau kopi atau teh, gara2 cafenya gak buka sama sekali soalnya pas Christmas, dimana2 tutup..

IMG_1123

Ini pesawat air new zealand dari Blenheim ke Wellington

IMG_1137

Take off

IMG_1142

Perkebunan Anggur dimana-mana

IMG_1144

Sejauh mata memandang, perkebunan anggur semuanya

IMG_1149

Region gedenya Blenheim, namanya Marlborough, memang penghasil wine terbesar di New Zealand

IMG_1150

IMG_1153

Nah yang kecil2 itu, kota Blenheim dan ada sebagian kota Renwick

IMG_1162

Kantong Mual

IMG_1166

Tagline yang cukup benar hihihi ( Wellington )

IMG_1168

Dimana-mana sama aja haha.. Pintu belum buka, sudah pada berdiri

IMG_1176

Pas balik dari Wellington, naik pesawat Sounds Air, masing2 orang dapat 20 kilo. Salahnya kita, sudah bawa banyak barang yang gak terlalu kepake pas ke Wellington, gua kalap belanja di toko Asia, hahah jadinya lah kita overweight 7 kilo. Iyan terus telpon ke Sounds Air. Dikasih tahu overweightnya perkilo $3. Masalahnya pesawat hari itu penuh, dan kalau semua orang bawa barang dengan maksimal 20 kilo, barang yang lebihan itu gak bisa mereka angkut, karena yah kapasitas pesawatnya sudah maksimal. Jadi dilema banget, antara mau gambling aja bawa ke airport tapi ditolak, atau kirim lewat pos.. Oiya, 20 kilo yang didapat itu, termasuk berat handbag juga dihitung lho.. Jadi benar2 total barang bawaan kita semuanya.. Balik lagi, maklum pesawat kecil, kan kudu ada maksimum kapasitas, belum lagi kan berat masing2 orang beda2.

Akhirnya pagi itu sebelum pulang, kirim barang dulu ke kantor pos, dan lupa dong yah..  4 hari kedepan itu libur, alhasil yah udah deh siap2 nunggu barangnya nyampe minggu depan. Gua bayar $33 buat kirim barang di kantor pos untuk berat 7 kilo. Pas nyampe airport, ternyata pesawat full tapi banyak orang yang cuma bawa diri aja, hahaha.. dan barang overweightnya kita sebenarnya bisa ikut diangkut dengan FREE.. Nasibbbbbbbb… ya udahlahhh, mikir jeleknya aja, kalau gak bisa diangkut karena semua orang bawa barang pas2an, terus yang anter kita udah pulang, kan nyaho juga, masa dibuang barangnya? Haha.. Seru juga akhirnya nyobain pesawat Sounds Air ini.. So far ini pesawat terkecil yang pernah gua naikin.. Cita2 sih masih pengen banget naik helikopter yaaaa. Ntahlah kapan..

IMG_1533

IMG_1537

IMG_1536

IMG_1589

Cockpit

IMG_1544

Iyan suruh gua buru2 naik biar kebagian duduk dibelakang pilotnya hihi

IMG_1545

IMG_1556

Pilotnya langsung yang jadi kayak pramugari nerangin ini itu

IMG_1590

Totalnya hanya 12 orang penumpang

IMG_1586

Tangganya si co-pilot

IMG_1587

IMG_1588

IMG_1591

Untungnya pas naik Sounds Air ini, sama sekali gak ada angin kencang, jadi jujur gak bumpy sama sekali

IMG_1563

IMG_1565

IMG_1576

Sebelum ke airport, kita sempat mampir makan siang dulu di cafe Spruce Goose, ini dekat banget sama airport, sampai viewnya pun runway airport, sayangnya hari itu rame banget cafenya, jadi gak bisa dapat tempat duduk yang strategis buat lihat pesawat mendarat dan berangkat..

IMG_1508

IMG_1509

IMG_1511

Pesawat Jetstar baru mendarat

IMG_1514

Nah diluar itu sudah airport, jadi bisa lihat pesawat berangkat atau mendarat, cuma kalau mau difoto kok rada susah yaaa..

IMG_1512

Jus Berries pesanan gua

IMG_1515

Sour Squid pesanan Iyan

IMG_1516

Bacon and poach eggs pesanan gua

IMG_1517

Saladnya adek Iyan

IMG_1525

Foto ini gua ambil dari parkiran pas denger suara kenceng banget, tapi pas kelihatan pesawatnya take off udah jauh, haha..

By the way, dibawah ini, sebagian barang2 yang bikin overweight, haha.. Rada gak penting sih barangnya, makanya Iyan ngomel2.. 😛

 

Ciao, Inly

30 thoughts on “Pengalaman naik pesawat kecil

  1. Hahaha, yang Air NZ punya pesawatnya DHC8 Q300, buatan Kanada. Aku pernah naik tapi yang tipe Q400 jadi agak gedean dikit (kapasitasnya 70-80an kursi 😛 ).

    Nah yang Sounds Air punya itu Cessna Grand Caravan, tipe ini kalo di Indonesia dioperasiin Susi Air di rute-rute perintis gitu! Hahaha 😛 . Ah aku penasaran nih yang naik Sounds Air itu pas check-in penumpangnya ditimbang nggak sih? Soalnya di beberapa tempat kalau naik pesawat kecil, penumpangnya ditimbang soalnya tempat duduk penumpangnya mesti menyesuaikan biar pesawatnya imbang pas terbang, hahaha…

    • Yg 70-80 kayaknya aku pernah naik Garuda jurusan Balikpapan ke Berau..

      Yg Sounds Air kemarin itu gak ditimbang sih orangnya haha.. mungkin kalau rute yg lebih pelosok lagi mungkin ya..

  2. Aku juga dulu naik pesawat ini pas masih tinggal di Sumbawa (lebih tepatnya seaplane krn pas di Sumbawa ga ada landasan daratnya). Seru campur deg2an yaa. Kalo badai batal terbang krn saking kecilnya bisa terhempas angin 😀

    • Hahaha.. Pengennya gitu, tapi takutnya gak boleh, kayak ambil foto di deket pesawat kan sekarang gak boleh, dilarang sama ground staffnya..

      maunya sih gitu, sayangnya ke kantor posnya sama Iyan juga haha.. jadi ketahuan deh isinya..

  3. Gw ga type yg takut naik pesawat sebenernya tapi nevous abis kalo mau take off (cuma take off doang), kebayang kalo pesawatnya kecil begitu hahahaha bs makin nervous aja 😆

  4. Pesawat kecil gitu lumayan banyak di indonesia timur utk rute ke daerah pulau halmahera dan sekitarnya, ataupun papua, biasanya berat penumpangnya juga ikut di timbang, ya ampun bikin baper penumpAngnya aja klo disuruh nimbang, jehe

  5. aku juga pernah tuh naik pesawat kecil cuma ngak sampe 12 orang gitu sih penumpangnya ci mungkin masih 30an orang cuma tetap aja dag dig dug serr juga eh..
    suara baling2nya serem 😱😱

  6. Entah kenapa, pengalaman naik pesawat kecil yang baling-balingnya teras banget malah naik pesawat yang menyenangkan, karena naik pesawat besar kupingku hampir selalu berdenging. hehehe.. 😀

  7. Pingback: Waitangi Day di Blenheim | Life is a Rollercoaster

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s