Random Things when in NZ (part 7)

Kata Iyan, second home gua itu supermarket, haha.. Kok yah doyan banget sih kesana, walaupun gak ada yang perlu dibeli.. Dan ujung2nya pasti belanja, pan jadi boros.. Banyak beli barang yang gak diperlukan. Hahaha.. Padahal sih yah, yang gua beli itu juga kadang memang termasuk butuh tapi bukan yang urgent. Di Blenheim sini, ada 1 supermarket Pak n Save, 1 supermarket New World dan 3 supermarket Countdown. Kalau dikasih rank, dari elit ke gak elit, itu nomor elitnya si New World, Countdown dan terakhir Pak n Save. Biasanya Pak n Save ini, letaknya agak dipinggiran, karena tempatnya gede, kayak Lotte Mart gitu deh kalau di Jakarta. Hanya di New World yang sering gua temuin, sayuran yang murah2 karena sudah gak terlalu bagus, walaupun ada yang masih bagus sih.. Dibungkusnya terpisah dan ditaruh di rak depan gitu, kadang emang kalau lagi beruntung, nemu aja lho yang murah dan bagus. Terakhir tuh, gua nemu jamur kayak 1/2 kilo cuma $1, terus sawi putih separuh sekitar $1.99. Kudu jeli aja deh pokoknya. Tapi sayangnya gak selalu ada, hanya di weekday aja.

Selain itu, di supermarket, selalu ada rak untuk barang-barang yang hampir expired, ini seru juga lho, suka nemu barang yang harganya jadi murah banget, walaupun kalau buat gua sama Iyan, lebih banyak barang gak pentingnya haha.. Tapi kita biasanya nyari yoghurt, yah lumayan deh, pan kalau expired sehari 2 hari masih ok kok, dan yoghurt biasanya langsung habis juga buat kita berdua. Udah gitu selain rak barang hampir expired ini, ada beberapa barang yang harganya didiskon karena packagingnya rusak. Tapi barang ini mungkin gak segampang dicari kayak barang di rak hampir expired itu, karena barang ini yah terletak di raknya masing2, cuma saja kalau memang kotaknya penyok, biasanya di diskon kayak 30%-40%. Lumayan banget kann.. Kayaknya selama ini belum pernah lihat model ginian di Jakarta.

Sebagai pecinta makanan manis, setiap ke supermarket, pastinya lah gua mampir di Β bagian biskuit dan cokelat. Asyiknya kadang tuh suka ada diskon gede2an, pernahlah harga TimTam yang biasanya $3.5, bisa aja tiba-tiba tinggal $2, tapi kondisi tertentu saja, mungkin pas lagi ada “deals ” apa gitu atau coklat dari yang $2, tinggal 89cent. Nah barang2 inilah kadang yang walaupun sebenarnya gak ada yang perlu di beli di supermarket, tapi keluar selalu bawa tentengan haha..

So far yang gua lihat yah, di supermarket di Blenheim dan Wellington, ada jual Indomie, tapi hanya Indomie goreng, kalau nyari Indomie kuah, bisa didapat di toko2 Asia gitu. Kecuali merk Indomie, banyak juga tuh merk lain yang jual mie instan kuah, tapi micinnya beda jauhhhhh.. wkwkwk.. Di supermarket, Indomie dijual per 5 bungkus, biasanya sekitar $ 3, kalau di Asian shop, sebungkusnya sekitar 75 cent. Buat gua yang sekali makan harus 2 bungkus, tentulah berasa banget kalau beli banyak haha..

Untuk beli alkohol di New Zealand, ada batasan umur, yaitu harus berumur diatas 18 tahun. Biasanya suka diminta ID kalau sekiranya mukanya tidak meyakinkan. Untuk saat ini, di supermarket Countdown, ada peraturan yang menginfokan, apabila yang belanja adalah grup dan salah satu dari mereka beli minuman alkohol, secara random, petugas kasir akan minta semuanya menunjukkan ID, dan kalau salah satu dari mereka tidak bawa ID, otomatis, minuman beralkohol itu, tidak bisa dijual ke mereka.

Oiya, peraturan di New Zealand, di wine shop atau liquor outlets, gak boleh jual minuman setelah jam 11 malam dan sampai jam 7 pagi. Ada bagusnya juga, jadi kalau mau minum, ntah beli di supermarket untuk minum sendiri di rumah, atau yah minum di bar.

Ciao, Inly

 

Advertisements

24 thoughts on “Random Things when in NZ (part 7)

  1. Disana beli liquor harus ke liquor shop? Atau bisa beli di supermarket? Di Skandinavia, cuman di Denmark yang bebas aturan alkohol, lainnya harus beli di state-controlled alcohol shop kalau diatas 3.5%

  2. Aku malah nggak suka beli barang yang kemasannya agak rusak, takutnya udah nggak bagus kwalitasnya. Tapi yang namanya diskon itu sesuatu yang bikin excited lah. Jarang dapet diskon sih, tapi sekalinya dapet, seneng banget rasanya

  3. Yang hampir expired tuh lumayan banget, sering diskon sampai 50%, klo maish 1-2 hari lagi exp. pasti kubeli spt steak nya πŸ˜€ . Untuk alkohol klo di Jerman paling telat jm 10 malam boleh dibeli di supermarket, kadang 2 meeit sblmnya klo ada yg dibelakang kita ngantri pasti minta diduluin πŸ˜€ .

    • Aku belum pernah liat daging di rak hampir expired kecuali Ham yg lsg makan. Tapi daging tuh kalau lagi sale, memang bisa murah banget, pernah beli pork chop 4 biji gede, harganya cuma $5 (50.000) 1/2 kilo daging babi giling, bisa cuma $3 (30.000)

      Berarti si alkoholnya ngikut sama jam operasi supermarket ya.. eh supermarketnya tutup jam 10 juga kan?

  4. Harga Indomie-nya masih oke ya. Nggak beda banyak dari Belanda (kalau pakai euro, di Belanda per bungkus €0.39 dan barusan kucek N$0.75 itu kira-kira €0.45 lah πŸ˜› ).

    Di sini juga sering ada diskon untuk produk-produk yang nyaris expired gitu. Tapi seringnya biasanya produk-produk yang nggak aku butuhkan sih, huahaha πŸ˜†

    • Iya Ko, kalau dihitung2, yah gak mahal2 amat juga.. 3x lipat harga sebungkus di Jakarta. Well, itung2 masih ok lah, kan ini diimpor dr Indonesia, wajar harganya beda gitu.. tapi kan kalau beli dikit aja, masih ok.. bukan kayak harus beli sekardus kan haha..

      Nah iya tuh,yg hampir expired itu, lebih banyak yang gak dibutuhkan.. tapi tetap aja sih kalau ke supermarket yah melipir juga kesana haha

    • Ngomong2 soal kriminal, baru sebulan lalu, ada minimart dirampok jam 6 pagi, yg mana itu masih gelap banget jam 6 pagi, huhuhu.. katanya minim kejahatan disini, tapi tetap aja ada.. tapi bagusnya, si toko sekitar jam 12 siang, dah beroperasi.. bikin laporan, udah buka lagi, padahal yg dirampok gak hanya duit doang, ada barang2 lainnya..

  5. hihihi, aku juga tuh, bisa betah lama banget muter2innya.. orang kantor suka hafal – kalau pamitnya cari lunch ke supemarket bakalan ngga balik atau baliknya sore banget..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s