Anzac Day di Blenheim

Kalau di Indonesia, ada hari Pahlawan ( memperingati pertempuran Surabaya pada tahun 1945 ) , di New Zealand ada yang namanya Anzac Day, diperingati tiap tanggal 25 April. ANZAC nya sendiri kepanjangan dari Australia and New Zealand Army Corps. ANZAC day ini memperingati para tentara yang bertempur di Gallipoli pada saat perang dunia pertama. Gallipolinya sendiri ada di negara Turki. Sesuai namanya, selain New Zealand, Australia juga memperingati hari ini. Oiya, walaupun awalnya memperingati kejadian di Gallipoli, pada akhirnya ANZAC Day diperingati untuk mengenang semua tentara yang gugur di medan perang.

Berhubung ANZAC day ini, hari yang diperingati oleh semua kalangan di New Zealand, tepatnya mungkin semua warganegara New Zealand, di tanggal 25 April itu, biasanya ada dawn service sekitar jam 5 pagi, terus jam 9, dan terakhir jam 11 pagi. Biasanya acaranya berlangsung di alun alun kota. Kali ini pas gua lagi off day, tentulah gua penasaran kayak apa sih perayaan ANZAC Day ini. Katanya ada parade segala. Pas nyampe disana, rame banget ternyata, kayaknya semua orang pada ke alun alun kota. Kita datang ke service terakhir, yaitu jam 11 siang.

Ciao, Inly

Parade tentara-tentara

Yang ini semacam pensiunan tentaraΒ 

Yang ini, barisan keluarga yang sepuhnya pergi berperang

2 pesawat tempur lewat menandakan acara dimulai

Hari itu, cuaca benar-berna cerah dan mendukung

Acaranya sendiri berlangsung 1/2 jam

Rada salah fokus sama pohonnya yang warna warni hihihi..Β 

Ada buku acaranya segala

Ada tembakan 3x, ini lumayan bikin anak2 kaget dan nangis berjamaah hehehe..Β 

Kalau ini hanya papan nama saja, aslinya yah dibawah tanah itu gak ada apa2, soalnya semua yang berperang dan meninggal pada saat itu, udah dimakam massal di Galipolli

Disetiap papan, tertulis nama yang meninggal dan meninggalnya karena apa..

Musim Gugur

DOW = Died on Wounds, KIA = Kill in Action

Bunga poppy ini symbol of Remembrance Day

Advertisements

10 thoughts on “Anzac Day di Blenheim

  1. Ah, di sana kalau Anzac Day tanggal merah kah? Di sini hari yang kurang lebih serupa (Hari Dodenherdenking) cuma sebatas observation day aja.

    • Tanggal merah, Ko.. tapi toko2 cuma tutup setengah hari, jam 1 siang pada buka toko.. nanggung banget benarnya, karena jam 5 dah tutup lagi haha.. Dan jadinya banyakan yang bablas gak buka..

    • Hahaha.. Buat di kota Blenheim, yah ini rame.. kalau dibanding sama di Indonesia, Blenheim ini lebih kecil dari kota Bogor, penduduknya Blenheim cuma 30 ribuan orang..

      Nah kalau banyakan domba, bener sih haha

  2. Kalo ngeliat tentara tegap berseragam begitu, rasanya ingin mendesah ((MENDESAH)) “Apakah adek boleh rebahan di bahu abang?”

    Seru acaranya ya in…apalagi pembukaannya ada dua jet tempur lewat begitu πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s