Farm Life di Blenheim

img_7333

Akhir Juli lalu, pemilik vineyard tempat Iyan kerja, pergi liburan selama seminggu. Jadi Iyan diminta semacam house sitting, tapi bukan rumahnya yang kita jaga, binatang si pemiliknya yang kita jaga. Jadi peliharaannya itu, harus dikasih makan 2x dalam sehari.  Farm Life banget deh yang punya binatang.. Jadilah pas gua libur, ikut Iyan kesana. Plus sekalian bantuin dia kerjain beberapa kerjaan.

Jadi binatang peliharaannya ada Ayam, Anjing, Domba, Kucing dan Babi, hihihi.. Kucingnya gak perlu dikasih makan, karena setiap lihat orang lain, malah ngacir. Nah Dombanya juga sama, takut sama manusia. Jadi yang dikasih makan cuma Anjing, Ayam dan Babinya. Anjingnya kebetulan ada 2 ekor, yang betina sudah tuwir dan suka kedinginan, jadi dipakein semacam coat gitu, yang satunya lagi, anjing jantan yang hanya punya 3 kaki, demen banget ngelendot minta dielus2, padahal gede dan karena tanahnya becek, alhasil malah kejar2an sama gua wkwkwkwk.. ngeri lumpurnya nempel dibaju aja kalau dimenclokin sama dia..

img_7521

Gemma the black one and Chance the brown with 3 legs

img_7384

Yang paling bikin gua heboh, tentulah si ayam-ayamnya.. Buanyakk booo.. ada 300 ekor lebih, lah di Jakarta sering lihat ayam juga, tapi di kandang dan siap dipotong huhu.. Yang ini, ayamnya udah banyak banget, plus berwarna gitu.. Ayam mungkin gak punya otak, tapi mereka punya insting. Kalau lihat manusia jalan kearah dedak ( dedak bukan sih namanya, kayak beras buat makanan ayam ), mereka otomatis ngikutin semua, terus suara petok2 rame deh pokoknya.. Si dedak yang disiapin sama si pemilik tentulah banyak banget, 1 tong GEDE, tapi si tongnya itu, lobangnya kecil dan diterpal. Kayak gitu aja, ayamnya bisa lho kayak nyelinap gitu masuk kedalam.. Pokoknya kapanan gua nemu 2 ekor didalam, duduk2 gitu.. Kata Iyan, lah dia sering nemu juga ada ayam didalam tong dedak.. Kenyang deh tuh ayam pasti, jadi pas dibuka terpalnya, mereka kayak shock terus kepak2 mau keluar..

img_7428

Banyakkkkkk

img_7316

Berjejer gitu pas makan 

img_7343

Ngangon Ayam 

 

img_7530

Selain ayam, ada merpati juga pengen ikutan makan

img_7309

Biasanya mereka berteduh dibawah kayu2 itu

img_7553

Ngadem

img_7290

Para Domba

img_7321

Dombanya gak perlu dikasih makan, cukup dihitung aja tiap hari, masih 13 ekor atau tidak hihihi

img_7556

Dulunya si ayam2 ini buat bertelur dan telurnya dijual, tapi karena waktunya si pemilik sekarang tersita untuk urusin kebun anggurnya, jadinya yah terbengkalai deh, tapi kasihan juga kalau dipotong, jadinya yah sudah deh, dikasih makan aja hehe.. Tapi ternyata masih ada juga beberapa ayam yang bertelor.. Mereka2 ini, biasanya berteduh dibawah pohon atau ada kayak “shelter” nya gitu, kenapa berteduh karena banyak elang ( HAWK bukan EAGLE ), takut disambar.. Gua kira Iyan ngibulin gua, tapi nyatanya memang banyak kayak burung elang terbang diatas kita kalau lagi cuaca cerah.. Iseng2 aja, gua lari ke para ayam dan kepakin tangan, NGACIR semua pada sembunyii hehehe.. kesian tapi terlalu gemas kalau gak iseng haha..

img_7542-1

Telur berserakan dimana2, ada di beberapa tempat tapi gak kit ambilin, soalnya gak ada briefing mesti ambil yang gimana.

Nah salah satu piaraannya adalah kunekune pig ( dibaca kunikuni/cooneycooney). Namanya Charlie, dipanggil aja sih gak bakalan muncul, tapi dia semacam tahu jam makannya.. Nah nongol deh si babinya.. Kunekune Pig is small breed of domestic pig in New Zealand. Biar dikata “kecil”, nyatanya babinya gede.. tapi gak galak, buktinya mangkok makan dia suka dideketin sama si ayam buat nyolong makanannya, doi santai aja tuh.. Yang pasti, walaupun gede, Charlie was really cute lho..

Ciao, Inly

img_7583

img_7582

Charlie, the kunekune

img_7581

Yang atap seng itu, tempat tinggalnya Charlie, tapi barengan sama ayam2 juga ternyata

img_7579

Kalau makanannya habis, biasanya tempat makannya di dorong2 sama si Charlie, minta nambah lagi maksudnya.. 

 

16 thoughts on “Farm Life di Blenheim

  1. Ya ampun aku pengen pelihara ayam buat peliharaan juga…(klo ada bonus telur bolehlah), pengen banget tinggal di peternakan gini, tp pasti kangen kota besar juga sih, mungkin klo udah pensiun kali ya.

    • Wahh, kalau gitu, kamu pasti seneng banget deh lihat ayam2 gini.. Yah plus minus yaa.. Ini tempat tinggalnya masih dipinggiran kota gitu.. Kapanan pernah ke yang benar2 terpencil, sampe kubilang ke Iyan, kalau aku kenal kamu dan kamu tinggalnya di desa gini, mungkin masih mikir2 buat lanjutin pacaran wkwkwk..

    • Wahh jangankan burung pemangsa, kapanan itu aku kepak2 tangan aja pada kaburnya cepet banget hehe.. Kebetulan di New Zealand, cuma adanya Hawk. itupun gak ada disemua tempat.. Kalau Eagle yang lebih gede, kebetulan di NZ gak ada. Tapi yah tetap sih ayam2 ini takut dimangsa juga sama burung yang gede..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s