Soal ke Dokter

Awal April lalu, gua sama Iyan sering banget dah urusan ke dokter. Dari yang gua kudu urusan tes darah buat visa baru gua, sampe Iyan yang otot bagian perut ketarik gara2 bersin SUPER KENCENG.. Buat gua sebagai imigran, yang paling nyesek dari urusan dokter ini, adalah urusan duit. Buat Iyan yang penduduk New Zealand, adalah urusan jadwal dan obat.. Sampe gemes banget dah gua.. Kalau sudah kayak gini, kudu bersyukur deh tinggal di Indonesia, khususnya Jakarta ( karena gua gak pernah tinggal di tempat lain setelah dewasa ).

Buat ke lab untuk tes darah, gua kudu ada surat rujukan dari dokter imigrasi, yang mana kalau hanya buat tes darah kayak mau cek kolesterol, bisa langsung ke lab tanpa surat rujukan. Untuk sebuah surat rujukan aja, harus bayar 100 NZD. Belum buat tes darahnya. Beneran deh kata temen gua disini, selama loe masih pegang visa kerja, uang hasil kerja, ujung2nya buat imigrasi hehe.. Dan karena gua belum punya GP ( General Practitioner / Dokter ), jadi kalau mau ke dokter, gua harus ke Urgent Care, yang mana ini kalau mau ketemu si dokter jaga, harus antri, gak bisa pakai appointment. Antara bersyukur bisa langsung ketemu dokter, gak perlu pake nunggu sampe minggu berikutnya tapi antrinya kadang bisa sampe 3 jam. Terus dia buka dari jam 8 pagi sampe jam 8 malam. Dan setelah jam 6 sore, harganya lebih mahal. Udah gitu, buat pemegang visa turis dan visa kerja 1 tahun, biayanya 100 NZD. Kalau pegang visa kerja 2 tahun, visa residen dan keatasnya, khusus penduduk Marlborough ( ini propinsinya Blenheim ), itu bayarnya 65 NZD.

Kalau pernah baca soal badan gua yang sakit2an pas awal pindah ke Blenheim sampe urusan kaki gua sakit, urusan ke dokter udah kayak makanan sehari2. Memang sih gua termasuk yang bayar 65 NZD, tapi beli obat aja bisa juga sampe segitu harganya. Jadi kalau mau dibilang biaya dokternya murah, yah sama aja, obatnya mehong.

Iyan sendiri, walau punya GP, tetap rempong kalau mau ke dokter, harus bikin appointment yang mana biasanya gak bakal dapat di hari yang sama. Itu urusan otot perut ketarik aja, hampir seminggu baru dapat jadwal ketemu dokter dan hasilnya cuma disuruh istirahat dan dikasih obat paracetamol, duhhhhh.. Kadang gua ngerti sih kenapa Iyan males ke dokter, obatnya gitu gitu aja.. Yah tapi kalau sudah sakit banget, gua tetap insist, harus ke dokter. Sakitnya nambah seminggu, gara2 dapat dokternya baru di minggu depannya.. Oiya, Iyan yang penduduk asli New Zealand, kalau ke dokter, kudu bayar 42 NZD. Jadi sebenarnya gak murah-murah gimana juga sih.. Enaknya buat Iyan, obat yang generik biasanya cuma 5 NZD, dan biasanya bisa di refill 3x, dan tetap bayar 5 NZD/tebus. Atau kalau mau nebus resep lagi, bayar 23 NZD, ditanda tangan sama dokternya tanpa konsultasi apa2.

Ciao, Inly

NB : Semua harga diatas, cuma di Blenheim yah.. Mungkin di kota lain, bisa sama atau bisa beda.

 

14 thoughts on “Soal ke Dokter

  1. Ya ampun Ci Inly, sehat2 terus yaaa sama Iyan ya biar ga usah ke dokter2 haha ribet beneeeer -_- kantor lamaku kan segala kebutuhan medis dibayar ya, jadi aku tuh manja bgt dulu bersin sedikit, ke RSPI hahaha nah di kantor baru, pelit nih haha jadi ga bisa manja2 mevvah2, jadi aku rada paham pusingnya dirimu kalo mau ke dokter hahahaha

    • Makasih yah Stella.. Aku untungnya ke dokter habis dr bulan April lalu, buat urusan visa aja, sisanya udah gak pernah.. Secara yah cuma dikasih paracetamol yang bisa dibeli di apotik, mending lsg aja. Gak perlu bayar dokter hehe..

  2. Sehat2 selalu ya Inly dan Iyan. Kalau di NZ sistemnya asuransi atau gimana Inly? Kalau di sini kan pake asuransi, jadi kalau ke dokter untuk periksa (dari dokter umum sampai spesialis) ga bayar (kecuali dokter gigi yang ga setiap orang masukin ke asuransinya). Obat pun kalau yg dasar2 ya ga bayar, kecuali yg bener2 khusus, itupun bayar ga seberapa mahal.

    • Makasih yah Deny.. Kamu juga sekeluarga sehat2 teruss 🙂

      Disini gak ada sistem asuransi kecuali asuransi swasta. Kayaknya sih kalau Mariska ( krn dia di Auckland, mungkin bayarnya lebih murah ). Buat yang sudah resident, PR dan citizen, obat lebih murah aja.. Diluar itu, semuanya mahal. Buat yg resident, PR dan citizen kalau dibawah 13 tahun, itu semuanya free..

      Tapi di NZ, ada namanya ACC ( accident compensation corporation ), ini buat kayak orang kecelakaan gitu.

      Kan kalau ke Eropa, pas apply visa harus ada asuransinya kan. nah di NZ, gak harus ada asuransi, bisa di cover ACC ( tapi bukan buat sakit yang kayak modelan kanker dkk, lebih ke injury )

  3. Di sana nggak ada asuransi gitu ya In? Kalau di sini sih setiap orang mesti punya basic health insurance, yang mana biaya cek ke dokter umum selalu ditanggung asuransi. Lumayan sih jadi dikit-dikit sakit mah tinggal bikin appointment buat cek aja, haha 😛 .

    • Asuransi swasta aja, Ko.. disini kayaknya semua sih memang harus bayar, besar kecilnya tergantung sama daerah dan penduduk asli atau bukan.

      Di NZ, ada yang namanya ACC ( Accident Compensation Corporation ), ini untuk kayak misal kecelakaan, siapapun juga, biayanya ditanggung sama negara. Jadi kalau ke NZ, ga harus ada asuransi ( diluar kayak travel insurance yang buat koper hilang, telat atau rusak, itu gak masuk ACC ).

      Kecuali kalau sakit kayak kanker dkk, itu gak bisa ke ACC..

  4. Sehat2 selaluuu yaa Inlyy… soal dokter ini aku lagi problem soal gigi.. huuuuhh… kayaknya selama 2 bulan kedepan bakal bolak balik terus tiap minggu karena kemaren abis check, banyak banget masalahnyaa mulai dari tambel gigi sampai beresin gigi geraham.. omgg males dan takut belom bayarnya sebel hahaha…

    • Same to you, Chris.. Sehat2 terus.. Semangat ke dokter giginya..

      DI NZ, dokter gigi juga di peringkat dokter paling mahal.. AKu denger cerita temen aku, anaknya mau dipakein kawat gigi, dan mang giginya bermasalah, masa ya, total biayanya hampir $ 8.000 ( kurleb 80 juta ), mau nangis tuh aku dengernya, walau pun dikasih cicil 2 minggu sekitar $ 500..

      Aku periksa dokter gigi, pas mudik aja.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s