5 Hal yang harus diperhatikan sebelum ke New Zealand (untuk cari kerja)

Beberapa waktu belakangan ini, gua kembali sering dapat DM atau email dari rang orang yang tanya soal kerja dan tinggal di New Zealand. Sebenarnya gua pasti bakal bales, cuma kadang yah yang nanya juga suka aneh2, jadi bingung mau kasih jawaban. Yang mana sebenarnya, dia udah tahu jawabannya tapi butuh ketegasan kali yakk..

  1. Visa TURIS tidak bisa dipakai buat KERJA

Hal pertama yang dianggap enteng sama rang orang yang mau nyari kerja ke New Zealand. Dari nama visanya aja, sudah visa turis. Yah pasti gak bisa buat kerja. BISA BUAT CARI KERJA, dan setelah nantinya ditukar ke visa kerja, baru BOLEH kerja. Soalnya kalau pemberi kerja, memperkerjakan orang dengan visa turis, si pemberi kerjanya juga kena sanksi. Di New Zealand tuh, apa2 semua taat peraturan dan kalau melanggar yah kena denda atau sanksi. Gak tertutup kemungkinan, pasti ada aja yang melanggar peraturan ( dari kedua belah pihak ), tapi mbok yahhh kita kan tinggal dinegara orang, yang ada kitanya dong yang patuh sama aturan, bukan aturan yang ngikutin kita, siapalah kita cuma remah2 rengginang.. pfffttt..

2. HARUS bisa berbahasa Inggris

Sebagai negara yang bahasa utamanya pakai bahasa Inggris, yah wajar banget yah kalau mau kerja di New Zealand, skill pertama adalah bisa berbahasa Inggris. Gak harus yang grammarnya 100% akurat atau gimana, tapi seenggaknya bisa dipakai buat percakapan sehari2. Belum tahu aja sih, aksen New Zealand lebih susah dari aksen Amerika yang biasanya dipake sama orang Indonesia pada umumnya.. Kalau gak bisa bahasa Inggris, terus ngarep pake bahasa tubuh, yah mana ada yang mau terima kerja. Rasanya ini berlaku disemua sektor deh, mau dari kerja level bawah banget sampe level atas. Mungkin aja kerja di kalangan orang Indonesia di New Zealand, tapi kan gak mungkin juga selamanya ngintilin temen Indonesianya.

3. GAK ADA sistem nyicil gaji di New Zealand 

Ini salah satu pertanyaan yang ditanyain juga. Jadi gini, di New Zealand tuh, gak mengenal sistem ginian.  Jadi kalau ada agen kerja dari Indonesia yang patokin harus bayar 50 juta, dan bisa cariin kerja di New Zealand, itu urusan dengan agen kerja dengan pencari kerja, gak ada hubungannya dengan pemberi kerja. Pemberi kerja hanya tahu bayar gaji langsung ke yang kerja, bukan ke agennya juga..

4. Untuk kerja, harus punya NOMOR PAJAK di New Zealand

Gaji minimum saat ini ( per 25 November 2019 ) $17.70/ jam belum dipotong pajak. Pajak sekitar 15% yang langsung dipotong pas terima gaji. Makin gede pendapatan per jam nya, makin gede juga persentasi pajaknya ( bisa diatas 15% ). Nah untuk punya nomor pajak, yang bisa diapply online, harus bisa nunjukkin rekening bank ( tentunya bank di New Zealand ), fotokopi visa kerja, dan alamat tempat tinggal kita. Terus untuk bisa punya rekening bank di New Zealand ( saat ini ), sudah gak bisa pake visa turis. Pokoknya soal nomor pajak ini kayak maju mundur salah.

5. Bisa nabung 50 juta sebulan??

BISA, kalau gak makan dan gak sewa rumah.. Banyak orang tergiur buat kerja diluar negeri untuk memperbaiki kehidupan. We-O-We dengan penghasilan dolar, tapi banyak yang lupa, kan jajannya juga pake dolar. Bisa aja nabung 50 juta sebulan, asal kerjanya bukan level bawah, atau kerjanya sudah lama. Kalau buat yang baru mulai kerja, percayalah, perjuangan masih panjang. Coba aja hitung2an pake gaji minimum.

$17.70 / jam, potong pajak, tinggal $15.07/jam x 8 jam sehari = $120 perhari x 5 hari kerja = $ 602 perminggu x 4 minggu = $ 2.408 perbulan x Rp. 9.027 = Rp. 21.737.016

Belum lagi harus beli makanan, harus bayar sewa kamar / rumah dan biaya tak terduga lainnya. Amit2 yah kalau sakit, ketemu dokter aja, harus bayar $65 – $100, belum lagi biaya tebus obat2an..

PS : Ada juga yang ngatain gua, katanya sombong, karena sudah tinggal di New Zealand, gak mau bantu sesama orang Indonesia. Yaela, dikira gua ke New Zealandnya segampang membalikkan telapak tangan. Dari gua pindah Mei 2017, sampai saat ini, gua masih ribet sama urusan surat2.. Dan mungkin masih akan seperti ini sampe akhir tahun 2019.. Jadi kalau ada yang mikir, langsung datang, langsung dapat kerja, langsung bisa nabung, gua mau juga tuh..

 

Ciao, Inly

( yang baru kena denda $40 gara2 lupa bayar parkir hari sabtu kemarin huhu )

12 thoughts on “5 Hal yang harus diperhatikan sebelum ke New Zealand (untuk cari kerja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s