Soal Bencana Alam ( di NZ )

Sebagai negara yang letaknya diujung dunia, kecil banget pula, beberapa kali, ada kejadian di New Zealand, nyampe ke Indonesia ( gua pakai Indonesia sebagai patokan, yah karena gua orang Indonesia ) lama banget dah.. Kecuali gosip, kayaknya super cepat tuh haha.. Dari sekian banyak berita gak enak, cuma kasus penembakan di Christchurch bulan Maret lalu, yang infonya merebak dalam hitungan jam.

Jadi minggu lalu, tepatnya tanggal 9 Desember 2019, jam 2 siang waktu New Zealand, berarti sekitar jam 8 pagi waktu Jakarta, terjadi erupsi di area namanya White Island. Jujur aja, gua belum pernah dengar nama tempat ini sama sekali. Jadi dia letaknya di area pulau Utara New Zealand, tapi letaknya terpisah dari pulau Utara. Semacam kalau di Indonesia, kayak Jakarta sama kepulauan Seribu. Nah pas kejadian itu, gua langsung browsing soal White Island ini.. Kenapa namanya White Island,  yang ngasi nama Captain James Cook, karena katanya, waktu itu, dia lihat diatas pulau kecil ini, banyak awan putih. Nah White Islandnya sendiri, ternyata adalah gunung berapi yang masih aktif, kalau dilihat dari gambarnya, ini mirip kayak icebergnya Titanic. Diatas permukaan air, kelihatannya kecil, tapi dibawahnya gede banget. Sama kayak White Island, gunungnya dibawah laut, tapi kawahnya alias mulutnya diatas air. Kalau dipikir2, waduh serem banget ya..

White Island ini, private own lho.. Jadi bukan milik pemerintah New Zealand. Semenjak tahun 1936, dimiliki sama keluarga Buttle. Sekarang yang ngelola yah keturunannya mereka. Tahun 1953, pemerintah New Zealand mau beli pulau ini, tapi ditolak sama keluarga Buttle. Lucu juga yah ( diluar bencananya ) orang biasa bisa jadi pemilik gunung berapi.. Anyhow, White Island ini, terkenal sama wisata alamnya. Cuma ada beberapa tour operator yang bisa kesana, dan katanya sebelum tamunya berkunjung, orang dari turnya sudah survei terlebih dahulu, apakah hari itu, si pulaunya bisa didatengi atau kaga. Di hari yang naas tersebut, tidak ada tanda2 atau gejala apapun, tahu2 erupsi gitu aja. Pada saat kejadian, disinyalir ada 47 orang terperangkap di pulau tersebut. Dari 47 orang, 38 orang adalah penumpang kapal cruise the Royal Carribean yang singgah di New Zealand. Saat ini, kapal cruise tersebut sudah berada di Sydney, dan penumpangnya berkurang 38 orang, mereka ini yang terjebak di White Island. Dari 47 orang yang terjebak di White Island, 16 meninggal walaupun tidak semua meninggal di tempat, ada yang meninggal di rumah sakit, dan 2 orang dinyatakan hilang di laut lepas.

IMG_1050

Sumber foto dari internet

Selain terjadi erupsi ini, 2 hari sebelumnya ( 7 Desember 2019 ), terjadi banjir di kota Wanaka. Kota ini terkenal sama Lake Wanaka dan Wanaka Treenya.. Pohon terkenal itu sampai kerendam separuh.. terus pusat kota Wanaka juga lumpuh.

Tanggal 8 Desember 2019, terjadi longsor di daerah Franz Josef, mengakibatkan jalur west coast New Zealand di bagian pulau Selatan lumpuh. Hampir 1.000 orang turis terjebak di kota kecil Franz Josef. Penduduknya Franz Josef sendiri cuma sekitar 400 orang, jadi kebayang kan ketambahan 1.000 orang, rame banget dah tuh kota. 8 Desember itu hari minggu, dan jalanannya baru bisa dipakai hari Jumat depannya yaitu 13 Desember, alhasil banyak banget yang carter helikopter buat pindah ke kota lain.

Sialnya, di jalur east coast, hujan terus dan banjir juga, mengakibatkan jalur east coast  juga ditutup selama 2 hari. Jadi akses dari atas pulau Selatan ke bawah dan sebaliknya lumpuh total dari dua sisi. Paling gampang contohnya pulau Jawa, dari Jakarta mau ke Surabaya pakai nyetir, jalur utara  dan jalur selatan keputus, jadi gak bisa kemana2 naik mobil kecuali naik pesawat, karena jalur daratnya lumpuh. Ini jarang2 banget kejadian kayak gini. Kalau negara +62 yang kejadian, pasti dah dibilang kena azab deh hihi..

Namanya bencana alam yah, mana ada yang tahu. Selama ini yang ditakutin cuma gempa, malah ini kejadian lainnya. 2 tahun lalu, kejadian pas winter, ada 1 kota, mati listrik selama seminggu. Listrik mati, otomatis air panas mati, alhasil saljunya di panasin jadi air panas.. Aduh kebayang deh menderitanya kayak apa.. Pas musim dingin pula..

Ciao, Inly

6 thoughts on “Soal Bencana Alam ( di NZ )

    • Iya Ji, mana aku ada liat video orang, yang lagi ngerekam pasca sudah cabut dr pulau itu 5 menit lalu, terus lihat gerombolan orang lagi nunggu kapal dipinggir kayak diujung jembatan buat naik ke kapal.. Duh mau nangis rasanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s