Satu Dekadenya Inly

Pencetus ide ini, bisa dibilang adalah Deny, salah satu teman blogger, yang pada akhirnya banyak yang ikutan nulis soal kejadian dalam 10 tahun belakangan ini. Bisa dijadikan kenang2an sekaligus jadi pengingat apa aja sih yang sudah terjadi dalam 1 dekade sebelumnya. By the way, mudah2an gak mabok bacanya, panjang dan bahasanya campur2 πŸ™‚ Dan hidup gua kayaknya berkisar seputar jalan2 doang haha..

2010

Ini tahun kedua, gua kerja di bidang wedding, diluar kerjaan yang cukup banyak, gua sebenarnya sangat menikmati kerjaan gua ini, apalagi gara2 kerja di bidang wedding ini, yang namanya makan di restoran mewah, nginep di hotel bintang lima, aduh duh, gak pernah deh kebayang oleh Inly yang dulu. Gretong semua pula hihi.. * anaknya doyan gratisan * Di tahun ini juga, untuk pertama kalinya gua ke Singapore. Dan ini adalah kali kedua gua keluar negeri. Excited banget deh pokoknya. Di tahun ini juga, gua liburan ke Bali sama nyokap dan adek gua. Yang bikin happy banget, dapat kamar gratisan di Ayana Bali dari bos gua sebagai hadiah ulang tahun, ihiyyy.. Akhir 2010, gua business trip ke Bali selama seminggu, ini beneran tripnya enak banget, nginep di hotel mewah, dan tiap hari site visit hotel2 lain, plus dijamu kayak tamu agung hihi.. Just a thought that i did really have a good life that year, eventhough i am jomblo at that time LOL..

2011

Sekali-kalinya business trip ke Singapore dan bisa nginep (lagi2) gratis di Marina Bay Sands. At some point, banyak yang ngiri weksss.. Tapi yah perjuangan gua di kerjaan gua sampe ke titik seperti itu, yah dulu di awal2 juga jungkir balik. Berarti ada kemajuan dong yah, dari tahun2 sebelumnya.. Nothing is instant. Di bulan Maret, gua ada wedding event di Samarinda, beneran deh, kalau gak karena urusan wedding, gua kayaknya gak bakal pernah ke Kalimantan. Kebetulan yang nikah, anaknya salah satu petinggi disana. Jadinya urusan meeting lumayan sering bolak balik ke Samarinda, yang waktu itu, harus naik pesawat ke Balikpapan, terus jalan darat berapa jam gitu, hanya untuk meeting 1 jam. Jadi berangkat hari ini, pulangnya besok, itupun dari Jakarta, pesawat jam 7 pagi, untuk meeting jam 3 sore, haha.. Terus sempat ikut pameran wedding di Medan, berasa pulang kampung banget deh, ketemu beberapa teman, sama sodara2. Di tahun ini, gua dapat hadiah ultah dari boss gua, cuti berbayar 1 minggu, dan gua ke Taiwan sama mantan pacar. Terus di bulan November, pertama kalinya solo weekend escape ke Singapore cuma buat ke Universal Studio. Anjaylahhh, berasa tajir banget gak sih.. Wkwkwk.. dan akhir tahun ini, gua business trip lagi ke Bali selama seminggu sama boss gua, same like last year, ngider2 hotel dan inep di hotel bagus. Another good year just passed. And my brother, getting married this year.

2012

Di bulan Februari, gua ada wedding event ke Bali, terus semenjak itu, sering ada event ke Bali, tapi pada dasarnya, gua ogah rugi, jadi gua kalau ada kerjaan di Bali, yah biasanya cuma buat event aja, gak ambil extra time buat jalan2 ngider Bali. Soalnya gak mau keluar duit sendiri hahaha.. Makanya kalau ada yang minta rekomendasi di Bali ada apa aja, mbuhhh lahh.. Ga tahu gua.. Tahun ini, gua ke Singapore sama 3 temen gua, lagi2 cuma ke Universal Studio hahaha.. Tahun ini juga, gua ke India, ke Taiwan lagi,Β  Krabi, Vietnam 2x, Munich, dan end year, gua solo trip ke Kuala Lumpur dan ke Singapore. Sekali2nya nonton kembang api di Singapore pas NYE, dan kapok.. haha.. Tahun 2012 ini, bisa dibilang gua sering banget jalan2, kayaknya hampir tiap bulan. Padahal gua baru pertama kali ke luar negeri itu, tahun 2009, tapi tahun2 berikutnya lumayan sering ngetrip.

2013

Awal tahun ini, gua mutusin resign dari kerjaan gua. Kalau lihat tahun 2012, gua sering banget jalan2, tapi kerjaan gua padat banget, kalau gak jalan2, yah kerja, gak ada waktu istirahatnya, pernah tuh di tahun 2012, gua ada wedding 3 hari berturut2, dan dikota yang berbeda, gile banget deh, udah kayak setan, tiap hari dikejar2 sama kerjaan, bahkan liburan pun harus selalu bisa dihubungin. Keputusan gua ini, cukup bikin nyokap gua kecewa banget. Nyokap gua itu, tipe orang yang kalau anaknya kerja kantoran, lebih elit walau gaji kecil. Dan karena gak kerja kantoran lagi, artinya gak ada pemasukan tetap tiap bulan. Itu yang nyokap gua takutin. Tapi gua mang dasarnya bandel, resign kerja, malah gua capcus liburan, habisin duit, haduhhhh.. kalau dipikir2 sekarang, waktu itu gua gak waras yah.. Gua solo trip ke Hongkong, Macau dan Vietnam selama 14 hari. Tadinya mau lanjut ke Cambodia, tapi batal. Pulang liburan, langsung bokek, tapi untungnya, gua ada part time job, jadi crew WO tiap weekend, tapi yah tetap aja yah, yang namanya dari punya duit ke bokek, berasa banget, gak bisa jajan ini itu. Pertengahan tahun ini, gua ke Sydney sama Melbourne bareng mantan pacar. Pulang jalan2, kita putus haha.. Dan kaki gua keseleo waktu di Sydney, pulang2, gua gak bisa jalan selama 2 bulan. Merana banget, putus cinta plus gak bisa kemana2. Tapi puji Tuhan, setelah kaki sembuh terus dapat beberapa klien pribadi. Dan di bulan November, gua kenalan sama Iyan. Dia jadi salah satu pembicara di seminar lingkungan hidup, dan gua jadi crew di EO yang ngurusin event ini.

2014

Awal tahun dibuka dengan jalan2 ke Bali bareng Iyan, haha.. Pulang dari Bali, kita langsung jadwalin kalau gua bakal ke New Zealand pas winter biar bisa lihat salju. Yang mana memang pada akhirnya ke New Zealand bulan Agustus. Dan memang lihat salju haha.. Di bidang kerjaan, gua cukup bersyukur, klien mah ada aja, walaupun yah gak seberapa besar budgetnya, yang penting waktu itu, kepikirannya yah jual nama dulu.. Tapi kok makin kesini, kok makin mirip sama waktu gua kerja dulu, punya beberapa klien yang demanding, yang maunya setiap saat harus bisa dihubungin. Ada beberapa event luar kota tahun ini, salah satunya ke Jambi. Tahun ini, gua beberapa kali jalan2 gratis.Β  Sebelum ke New Zealand, gua mampir ke Melbourne 72 jam pake visa transit, ada yang minta tolong diurusin semacam jadwal prewed, lumayan banget, duit jajan di NZ nambah2 dikitlah haha, terus gua diminta temenin tante gua ke Guangzhou, all paid.. Terus bawa grup jalan2 ke Bali dan Nusa Lembongan. Iyan sendiri, beberapa kali ke Jakarta.

2015

Tahun ini, gua gak kemana2 selain ke New Zealand 2x. Hubungan gua sama Iyan, waktu itu juga, jelas gak jelas, ortu gua juga nanya2 terus, belum lagi urusan kerjaan lagi lesu, banyak pesaing, tapi kayaknya tetap mesti disyukurin yah, masih ada klien, masih punya pemasukan dari side job lainnya. Cuma karena lagi kere, kemana2 naik bus, pokoknya pengeluarannya ditekan sebisa mungkin, berangkat pagian, biar gak kucel2 banget, bisa dandan dikit, kalau bisa sudah makan dulu dirumah.. Waduh, pokoknya deh tahun 2015 itu, benar2 tahun yang berat. Akhir tahun 2015, gua mulai rajin ngeblog.

2016

Tahun ini, gua juga ke New Zealand 2x, dan gak kemana2 lagi. Kayaknya stick to New Zealand aja. Kerjaan yah gitu2 aja, hubungan sama Iyan, yah gitu2 aja.. Hidup juga, yahh gitu2 aja.. Sedih banget yaakk hahaha.. Tahun ini, gua kenal banyak teman2 dari blogging, seneng banget deh rasanya punya temen2 baru. Kegiatan gua dalam setahun ini, kerja – nonton serial barat – blogging – bantuin nyokap jualan bawang goreng – nonton bioskop sambil makan nasi padang hahaha – diulang2 terus aja.. kayaknya monoton banget deh.. Dan masih belum bisa foya2..

2017

Tahun pertama gua ngerayain Imlek sendirian, cuma bareng Iyan, dan pas gua ke NZ kali ini, dia kasih gua cincin, so he is officially a fiance.. ihiyyy.. Pulang dari NZ, gua mampir ke Singapore, Melaka dan Kuala Lumpur, girls trip sama 3 temen gua selama seminggu, dan ternyata ini trip terakhir gua jalan2 keluar negeri haha.. Semenjak sering bolak balik New Zealand, setiap pulang ke Indonesia, rencana buat ke New Zealand lagi sudah dibuat, jadi sudah ada jadwal ke NZ lagi pas nyampe Indonesia haha.. Tahun ini, visa turis NZ gua bakal habis. Sempat bingung, apa apply visa turis lagi atau gimana, mengingat gua masih tetap ada kerjaan di Indonesia. Kerja di bidang wedding itu kalau kata salah satu temen gua, kayak lingkaran setan, gak habis2, walau mungkin klien gak banyak. Keputusan yang kita ambil, tentu sudah pada tahu ya.. Waktu itu, gua cuma punya 2 minggu buat mikir untuk ambil keputusan ini, keputusan yang “cukup berani” buat gua pribadi, karena bakal banyak banget yang akan berubah. Kenapa cuma punya waktu 2 minggu? Karena kudu beli tiket, dan harga tiket pesawat gak bisa nungguin kita kan. Mau naik mah suka suka dia aja haha.. Dengan visa turis, harus ada tiket PP, karena kalau gak ada, di Jakarta aja sudah ditolak check in, alhasil karena gua belum tahu kapan pulangnya, akhirnya gua beli tiket terpisah, yang buat pulangnya, nyari yang semurah mungkin, karena bakal dihangusin. Dari sekian orang yang tahu kalau gua bakal pindah, cuma nyokap aja yang takut, 40 tahun gua tinggal sama dia dari kecil, terus ini kudu pindah benua, yang jauh banget dari rumah, terus ini sama bule, yang notabene dari dulu gosip yang didengar adalah, kalau mereka dah gak suka, yah habis manis sepah dibuang. 50% she care about me, 50% she care about what people’s will comment about this. Dari sekian orang yang tahu kalau gua bakal pindah, gua cuma ada acara farewell sama temen2 WO gua, bahkan gak ada acara apa2 sama keluarga. Duh, durhaka bener yakk.. Gue inget, hari itu, pas gua naik ke taksi mau ke airport, rasanya nano nano, i really did not know what my future hold. Semuanya bakal tergantung sama visa gua yang berikutnya, kalau lolos yah syukur, kalau gak lolos, artinya gua balik lagi ke Indonesia. Tiba di NZ, setelah penantian selama 3,5 bulan, visa gua ke granted juga. Setelah dapat visa, nyari kerjaan juga riweh, tapi seenggaknya sekarang status gua lebih jelas. Waktu itu, gua cuma dapat visa kerja selama 6 bulan. Jadinya kejar2an antara visa dan nyari kerja. Syukur deh dapat kerjaan yang sekarang, deket dari rumah. Btw, dengan visa 6 bulan itu aja, gua masih feel insecure, kedepannya gimana?

2018

Setelah tinggal 1 tahun di NZ, dan sudah bisa perpanjang visa tinggal gua, perasaan insecure gua baru pelan pelan hilang. Tahun ini, gua mudik ke Indonesia. Dan bisa dibilang officially moving. Resmi tidak pakai nomor telepon Indonesia lagi, tutup semua kartu kredit Indonesia gua, beresin yang masih tertinggal di Indonesia. Btw, gua tuh padahal baru tinggal setahun lebih dikit di Blenheim. Culture shock pertama setelah nyampe di Indonesia, RAME BANGETT hahaha.. Selain ke Indonesia dan ke Wellington pas Natalan, kita gak kemana2, fokus sama kerjaan aja dulu.

2019

Tahun ini, banyak banget yang harus dikerjakan, sampe ngeblog aja bolong2 banyak. Banyak hal yang harus disyukurin untuk tahun 2019 ini, walaupun resolusi gua yang cuma 2 belum kesampean sampe sekarang haha.. Banyak yang pengen diceritain di blog, tapi sampe sekarang belum juga ketulis.. Harus lebih rajin nih.. Achievement tahun ini, jalan2 ke pulau terpencil, road trip ke Mount Cook ( setelah 5 tahun haha ), dikunjungi sama teman baik gua dari Indonesia, dan jadi salah satu lulusan Marlborough Industry Training. Diluar itu, banyak juga kejadian yang bikin down di tempat gua kerja, salah satunya tentang kematian.

10 tahun yang lalu, kalau ditanya, gua bakal jawab, menikah dan punya anak. Ternyata 10 tahun kemudian, gak kejadian sama sekali haha.. bahkan target hidup gua banyak berubah. Gak pernah kebayang kalau gua bakal tinggal diluar Indonesia, gak pernah kebayang kalau gua bisa survive. In the past 10 years, i facing lots of marriage, birth death, insecure about everything, yet i am still here, to live my life the fullest. Semoga tahun 2020 makin bawa berkah buat gua dan orang2 sekitar gua plus keluarga gua dan semua teman2 gua..

Ciao, Inly

( Yang sudah gak sabaran mau mudik hahaha..)

11 thoughts on “Satu Dekadenya Inly

    • Banget Va.. tapi semua harus disyukurin, belum tentu kan kalau 10 thn belakangan ini, hidupnya mulus2 aja, kayaknya bakal gitu2 aja 😬

      Already read yours, good one.. good luck for the next 10 years for all of us πŸ’ͺπŸ™πŸ»

  1. Inly seru sekaliii ceritamu haha ikutan ngikik2 juga. Kamu sering ternyata ya Solo Travelling. Yang ke Munich itu dalam rangka urusan kantor? Ohh begitu ceritanya ketemu dengan Iyan. So sweet. Terima kasih Inly sudah menuliskan cerita satu dekademu. Semoga tahun2 ke depan lancar2 semua dalam kehidupanmu (dan bersama Iyan). Selamat makan nasi padang dalam bioskop haha!

    • Yg namanya dulu ngemper di airport dah biasa 🀣🀣 demi travelling pdhl lagi bokek πŸ˜† ke Munich itu sama mantan pacar, sekali2nya ikutan dia biztrip krn dia kerja di Audi. But i wish itu urusan kerjaan aku, kan elit yakk πŸ˜‚
      Aminnnn.. kamu dan keluarga juga yaaa.. tema tulisannya kamu benar2 menginspirasi temen2 blogger lainnya.. πŸ‘

      Oh yessss.. ga sabaran makan nasi padang didalam bioskop.. oh myyy.. 🀣

  2. Bacanya kayak naik roller coaster kisah satu dekadenya. Kebayang lari terus. Seru. Btw dari EO ke bekerja yg skrg spesialisasinya human relationship yaa..πŸ˜€

    • Makasih yah udah baca, beneran banget deh, ini jadi kayak pengingat 10 thn hidup aku *tsahhhh* dan kayaknya aku gak terlalu cocok sebenarnya kerja di bagian human relationship ini, terlalu β€œterikat”, tapi yah itu, selama masih punya hati nurani, kurasa bakal banyak orang yg kayak aku, β€œterikat” 😬

  3. Seru banget ya Inly… salut sama kerjaan kamu sebagai wedding organizer yang selalu on call dan mondar mandir kesana sini. Dan sekarang setelah rajin baca blog kamu, aku jadi terpekur-pekur membayangkan masa pensiun. Anyway cheers to 2020, my this be the fullest of the full life onward πŸ˜›

    • At some point, i did really give up with that job. Dengan kondisi aku sekarang, dengan kerjaan sekarang, sampe saat ini, aku sama sekali gak kangen2 banget nge WO lagi.. OMG, aku baru sadar lho Dit πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Do not let the mind playing you.. i think if we have a good life before retired, not overthinking, banyak juga lho yang happy di rest home. They have lots of friend and activity there.

      And cheerssss to 2020, who knows we cross our path next year in NYC for NYE 2021 πŸ˜‰πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s