Soal berkebun

Dari pertama kenal Iyan, gua sudah dikasih tahu sama dia, kalau salah satu hobi dia itu, berkebun. Secara dia kerja di dunia lingkungan hidup, salah satunya berkaitan dengan tanaman, otomatis pasti udah ngelotok soal berkebun dan tanam menanam. Gua sebagai anak Jakarta, yang lihat kebun aja jarang2 yakkk, manalah mudeng disuruh bantuin berkebun. Lihat tanah aja geli 🀣, belum liat binatang2 kecil segala, woyyy.. malesin banget!

Tapi ternyata, berkebun itu gak seserem yang gua bayangin. Gua masih tetap takut sama kecoa atau semacam kecoa kecil2 yang didalam tanah atau tumbuhan gitu. Tapi kalau misalnya kayak belalang (praying mantis), laba-laba (spider) atau binatang yang lebih gede lainnya, udah bisa gua hadapin, cacing2 didalam tanah juga aman buat gua. Kata Iyan, belalang dan laba2 itu bagus buat kebun, soalnya mereka yang makanin serangga perusak tanaman. Jadi gak boleh dibunuh. Anak kota sekarang bisa pegang belalang walaupun masih tetap geli sama kakinya belalang yang kayak kaki kecoa rasanya haha..

Iyan always said, they cannot kill you. Kecuali ketemu sama laba-laba jenis yang belum pernah diliat ya, mungkin itu memang harus hati-hati. Other than that, gak usah khawatir. Dia paling sebel kalau gua ngibrit lihat kecoa haha.. Secara kata dia, di Jakarta bukannya banyak banget kecoa? Kenapa sih takut? Gak gigit ini.. untungnya kecoa New Zealand bukan tipe yang terbang, jadi kadang tetap geli tapi gak setakut kayak kecoa di Indonesia hehe..Β 

Sejauh ini, gua udah tahu caranya potong bunga mawar, potong bunga hydrangea, cabut rumput liar ( udah bisa bedain mana yang rumput liar, mana yang bukan ), terus rapiin tanaman pakai mesin, potong rumput pakai mesin, tapi tetaplah, setiap kali berkebun, selalu nemu hal baru.. Tapi paling seru adalah, kalau bunga yang kita pelihara terus berbunga dengan cantiknya, dan tanaman lainnya tumbuh dengan subur dan sehat..Β 

Dan sejauh ini, Iyan sih gak masalah kalau sampai kebunnya awut2an hahaha.. Walaupun gua senang ngebersihin kebun, tapi sayangnya, kadang gua suka bosenan, jadi menclok2 bersihin kebun, alhasil yah banyak yang separuh2 kelarnya haha.. Ini kebunnya cuma seiprit aja lho, tapi beres ngerjain bagian A, terus pindah ke bagian B, baru mau mulai bagian C, bagian A sudah mulai awut2an lagi haha.. Alhasil yah bolak balik terus..Β 

Gua kadang suka merhatiin tukang kebun di tempat gua kerja, yang pasti, mereka kerjanya rapi, udah gitu selain beberes kebun/taman, mereka juga harus bisa kayak nge-shape tanaman biar bentuknya bagus. 2 minggu lalu, gua belajar rapiin tanaman, padahal aslinya sudah ada bentuknya, tetap susah banget buat gua yang masih pemula banget.. ada 5 tanaman yang harus dikerjakan, alhasil yang ke-5 bentuknya gepeng, padahal aslinya oval haha.. sampai malu hati sendiri lihat hasilnya.. Setiap kali lewat situ, pasti ngikik sendiri..Β 

Sekarang sudah masuk musim dingin, yang pasti gak bisa tanam kayak buah atau sayuran, soalnya kita gak punya rumah kaca, dan tanaman gak bisa dibawa masuk ke dalam rumah, kecuali indoor plants kayak bunga yang bisa ditaruh di pot. Tapi gua ada pohon cabe yang masih bisa berbunga, walaupun kelihatannya empot2an kedinginan, karena hampir tiap pagi selalu frosty morning, yang awalnya pas panen itu, cabe hijau keriting yang panjang, ini sekarang sisaan cuma jadi cabe rawit aja haha.. Terus ada pohon paprika ungu, yang gak tahunya gak bisa dimakan pas ungu, pahittt.. terus akhirnya yang masih ke sisa di pohonnya, gua biarin aja, eh malah jadi paprika merah dan baru bisa dimakan. Itupun sisa sebiji aja yang merah. Sekarang lagi ada banyak banget yang masih kecil2, lebih dari 20 biji, cuma kelihatan mulai berat buat dahannya si tanaman paprika ini.. karena batangnya kecil tapi buahnya banyak banget.. Penasaran bisa bertahan berapa lama.Β 

By the way, sejauh yang gua lihat, di Blenheim sini, memang banyak banget orang yang suka berkebun, apalagi kalau pas akhir minggu, yang namanya bunyi pemotong rumput dimana2, terus kalau lagi jalan sore, bisa dibilang hampir 50% ketemu orang yang lagi berkebun. Tapi kayaknya sama kayak gua, kebunnya gak bagus2 amat, walaupun sering terlihat diberesin.. Berarti bosenan juga orangnya.. suka menclok sana sini haha..Β 

Ciao, Inly

 

8 thoughts on “Soal berkebun

  1. Hai In, akupun klo kerja di kebun orang kerja menclok sana sini haha supaya ga bosen πŸ˜† . Bu boss suruh cabutin rumput liar klo sdh 1 jam an melakukan hal yg sama kan bosen ya, trus aq pindah ngurusin mawar, bosen pindah lagi ke rumput liar, tau2 5 jam berlalu ga terasa, seneng deh kerja di kebun πŸ˜‰ .

  2. Kalo gue berkebun geli sama siput Inlyyy (well, sama cacing juga si. Eh, segala serangga dan yg melata deng πŸ˜‚), tapi kaya lo bilang, kalo liat hasilnya seneng banget yaaa, bikin semangat lagi berkebunnya 😊

    • Disini kayaknya gak banyak siput, tapi ada, cuma gua sering nemu kayak cangkangnya aja.. mungkin dimakan sama burung atau landak. Banyak tuh didinding yah belalang, kalau di Indonesia gua sering liatnya siput nempel didinding haha..

      Nah kebun loe keren2 tuh Nis.. kemarin itu liat yg kebun titipan hihi

  3. Aku suka berkebun, suka beberes halaman, suka nanem2. Tapi aku selalu kaget kalau pas gali2 tanah trus cacing2 menggeliat atau lihat keong atau keong yg ga ada rumahnya. Ishh geli banget, padahal ya pake sarung tangan. Suami dulu ga suka berkebun, hamdalah sekarang sudah dapat hidayah haha. Jadi meringankan tugasku. Halaman cuma seupil depan belakang, tapi kalau niat dikerjain kok ya encok juga.

    • Kalau aku sering banget nemu belalang, yah secara warnanya hijau juga kayak daun atau tanaman liar, jadi sebelum nyabutin rumput, biasanya dah ngecek dulu, kalau kaga, pasti banyak kebunuh sama aku huhu.. pastinya juga Den, aku pake sarung tangan aja kadang masi suka berasa kayak kepegang langsung haha..

      Sama nii.. kebun seiprit aja gak kelar2, ini dah masuk winter, sering hujan, makin susah tapi tanaman liarnya makin subur πŸ˜‚ riweh..

  4. Aku paling takut cacing. Sering jatuh kejengkang kalau lagi ngurusin pot tanaman karena si cacing. Matt bukan nolong malah ketawa2in aja. Kzl!. Sama di sini juga semua gak boleh dibunuh. Kalau ada yg ganggu sama si Matt dimasukin kotak dipindahin ke halaman depan. Kayaknya sih kalau di halaman depan bakalan dimakan ayam hhaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s