Gempa di New Zealand

By the way, udah pada tahu kan yah, tanggal 14 November 2016, jam 12.02 AM waktu setempat, New Zealand keguncang gempa berkekuatan  7.5 Skala Richter. Gempa susulan terjadi selama 1 jam kedepan dan dari tanggal 14 November ke 15 November terjadi gempa susulan sebanyak 1.078 kali dengan range dari yang lemah hingga kuat. Pusat gempa terletak di 15 km dari kota Culverden di South Island dan 60 km dari kota Kaikoura  juga di South Island.

quake_map-t501bg3755l7i3e78n2_fct620x376x170-0_ct300x225

gambar dari coffscoastadvocate.com.au

Dampak gempa ini juga melalui kota Seddon, yang 15 km dari tempat gua tinggal ( kota Blenheim ) selama di New Zealand. Which is dekat banget. Sempat ngecheck2 IG, nemu beberapa foto, yang lumayan parah sih di city centernya, pinggirannya sih aman. Cuma memang berasa banget gempanya, semalaman gak bisa tidur. Oiya yang ngalamin ini bukan gua lho, tapi partner gua, haha.. Selain kota Kaikoura, yang parah juga di kota Wellington, malah di kota Christchurch yang dulu kena gempa tahun 2011, gak terlalu kuat gempanya, tapi tetap saja karena masih banyak city central red zonenya, jadi rada bahaya juga sebenarnya. Di kota Kaikoura sendiri dapat tsunami warning setinggi 2 meter, padahal yah kalau lagi air pasang dan angin kenceng, jalanan raya disamping east coastnya kota Kaikoura juga sering kehempas air dari laut dan menyebabkan mobil-mobil yang lewat harus hati2 banget, gak bisa ngebut2 plus memang sih jalanannya juga berkelok banget.. Karena ngiderin gunung..

Ternyata lho sampai hari ini juga masih terjadi gempa2 susulan yang mungkin tidak terlalu berasa. Coba deh cek ke https://www.geonet.org.nz/ . Sepenelitian gua * tsahhhh* yang kena gempa di tanggal 14 November 2016 kemarin itu, top and central of South Island dan central to down of North Island. Nah kebetulan juga tuh yang kena gempa semua, itu rute gua kalau ke New Zealand, jadi kebayang banget jalan2 yang tadinya gua lewatin sekarang kudu muter, karena keimbas gempa. Gua pernah singgah di kota Kaikoura, dan sepanjang jalan di east coast dari Christchurch ke Blenheim, viewnya bagus2.. Jadi pasca gempa kemarin itu, sempat lihat beberapa tempat yang biasanya gua lewatin itu rusak kena gempa, dan perbaikannya benar2 butuh waktu lama. Kota Kaikoura sendiri, bagian utaranya butuh waktu 1/2 tahun hingga 1 tahun untuk perbaikan, jadi sementara SH 1 tidak bisa dipakai sama sekali, dari yang tadinya hanya 4 jam nyetir, sekarang jadi 6 jam nyetir dari Christchurch ke Blenheim. Lewat SH 7 – SH 65 – SH 63, dan jalur ini juga yang dipakai sama truk kontainer2 yang angkut macam2 dari North Island ke South Island, sedangkan jalanannya itu bukan buat muatan berat, horror juga yah kalau tiba2 amblas gara2 sering dilewatin truk kontainer.

Genap sebulan yang lalu, New Zealand kelanda gempa, dan tadi malam waktu New Zealand, di South Island tepatnya kota Kaikoura ( pusat gempa sebulan lalu ), ada gempa skala kecil dibawah 3 Skala Richter. Kebayang sih traumanya itu yang gak bisa hilang. Apalagi yang sempat mengalami gempa sampe yang parah banget. Gua sendiri kalau ditanya pernah ngerasain gempa gak? Jawabannya pernah dong.. hehehe.. Yang bener2 gua rasain, 1 kali dikantor waktu kantor gua masih di daerah  Tebet dan gua di lantai 2, panic mode on deh.. 2 x di rumah, dan sekali di Blenheim, New Zealand ( yang ini lumayan kayak 20 detik tapi gak kenceng cuma berasa pusing aja )

Ada yang pernah ngalamin gempa yang cukup dashyat gak?

Ciao, Inly

Advertisements

28 thoughts on “Gempa di New Zealand

  1. Gua takut sama gempa. Udah berapa kali ngalamin juga. 2x di kantor, mana gua di lantai 3 pula. Sampe miring2 lantainya. Hiiii… trus 3x di rumah. Inget lagi sama temen dan tiba2 aja gitu kita goyang2. Liat kipas angin geser2. Langsung ngibrit keluar rumah. Sereeeemm..

  2. Saya belum pernah sekali pun kena gempa. Eh apa gempa di new zealand itu masih sepaket dengan gempa aceh ya? Kan sama2 gempa. Mungkin kayal tsunami gitu, kan yg kena juga banyak di negara lain, bukan cuma indonesia.

    • Aku rasa gempa aceh, gak ada hubungannya dengan yg NZ, karena sepertinya beda asalnya. 2 minggu lalu daerah Jawa timur juga kena gempa, tapi tidak kuat. Yah bisa jadi juga, gelombangnya lewat bawah laut, tapi kalaupun iya, mestinya Australia juga kena.. Ini NZ karena negaranya mungil gitu kan, jadinya memang ringkih sih..

  3. Sewaktu Bay Bridge di San Fransisco kolaps, aku lagi sekolah di LA. Banyak gempa susulan sampai ke LA. Menurut banyak penelitian, gempa di fault St. Andreas, yang lebih besar lagi could happen in the next 50 years di pesisir California sampai ke Vancouver Canada. I prefer not to witness that. 😦

    • Aku lsg browsing Bay Bridge, secara yah di SF, tahunya cuma Golden Gate doang T__T, kalau refer to gempa thn 1989nya, padahal yang kolaps cuma sedikit aja ( kalau dideketin sih gede banget yaaa ) itu juga dah ganggu perjalanan semua orang yaa..

      St Andreas ini ada filmnya kan.. ngeri ah ci, gak berani bayangin, tapi aku jadi baca2 beritanya ni di Internet.. Thanks for your info ya.. 🙂

  4. Aku beruntung sewaktu gempa Jogja tahun 2006 pas lagi di Bali.

    Tapi pernah beberapa kali ngerasain gempa yang lumayan gede juga. Gak sedahsyat yang 2006 itu sih, tapi tetep aja…

  5. Tiap denger gempa selalu serem deh soalnya gw trauma gempa Jogja taun 2006 😦 itu beneran serem banget, liat dimana2 ancur huhuw. Gw lihat juga pas NZ kmrn gempa dan lihat foto2nya…sedih banget ya cie. Btw klo di NZ apakah ada training gitu buat gempa dan meminimalisir kerusakan?

    • Aduhhh.. amit2 yah Aggy, semoga tidak bakal pernah kejadian lagi,, * knock on the wood dah *
      Iya, di web stuff.co.nz, kapan hari itu ada artikelnya, tapi ini ngecek dah gak ada.. jadi komplit deh tuh cerita soal gempanya. Training gempa sepertinya tidak ada, tapi ada website yang bisa dibaca oleh siapa aja..

  6. Pernah beberapa kali ngalamanin gempa Ci. Di rumah, di kostan, di kantor. Paling pasrah sih yang di kantor, pas tahun berapa aku lupa, goyangnya lumayan kenceng, kaca aja sampe bunyi bergetar gitu. Cuma berhubung aku di lantai 15, ya udah aku pasrah lah tetep di tempat duduk sambil liat-liatan sama temen ku.hahahaha

    • Iya juga yah Wulan.. di lantai 15, mau turun serba salah, nunggu aja disana serba salah.. kebayang mukamu liat2an ama temen kamu.. mungkin aku pun bakal ngelakuin hal yang sama.. Pasrah gitu yaa.. Huhuhu

  7. sebagai anak Medan sudah beberapa kali In 🙂 berkali2 gempa dalam sehari juga pernah makanya aku parno banget 😦 begitu Aceh gempa langsung bawaannya panik. Pas kerja di JWM dulu, aku paling takut banget kalau ada gempa karena kantornya tinggi

    • Waduh berkali2 dalam sehari sih, mungkin dr kadar stress sampe yang biasa aja kali yah Non?
      Iya gempa Aceh yang baru2 ini, ngeri banget.. bikin traumatik buat penduduk Aceh banget yaa.. Iya kalau di lantai tinggi mang serem banget kan goyangnya..

      Dulu ada klien aku org Jepang, sangking sering ngerasain gempa di Jepang, dia di Jakarta kerja di lantai 32, pas gempa, santai aja tuh katanya.. duhhhhhh

  8. Belum pernah ngalamin gempa yg gimana gimana *amit amit*.
    Karena alhamdulilah tinggal di daerah zona gempa rendah
    Kalo gempa ringan pernah, dan waktu itu krasa gliyeng gliyeng. Mikirnya karena kepala pusing. Eh besoknya pas baca berita baru tau kalo kena efek gempa

    • At the moment ada di Jakarta kok.. jadi pas gempa kemarin gak di NZ, but will be back there early next year..
      Hayuk2.. ke NZ.. negara di belahan bumi Selatan yang paling Selatan..

  9. Aku pernah Inly, gempa Jogja 2006. Itu serem bangeeeettt.. rasanya masih kebayang sampe sekarang. Aku juga nonton di berita sini soal gempa di NZ 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s